STIKI Indonesia dengan Dishubkominfo Prov. Bali

Pelatihan Microsoft Office dan Jaringan Komputer , wujud kerjasama STIKI Indonesia dengan Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informasi Provinsi Bali

IMG_9128

Made Muku : Kita Bisa…Asal Mau

            “Semua orang berhak menjadi hebat tanpa batas” itulah segelintir ucapan I Dewa Made Khrisna Muku disela sela pembukaan Pelatihan Microsoft Office dan Jaringan Komputer yang dilaksanakan di kampus Stiki Indonesi di jalan Tukad Pakerisan 97 Denpasar. Menurut Ketua STIKI Indonesia, rahasia berhasil itu berada di dalam diri dan keberhasilan selalu ditentukan berdasarkan kemauan dari setiap individu untuk mampu menjalin kerjasama dengan rekan atau teman. Pengakuan sebuah keberhasilan tak lepas dari niat, kerja keras, kejujuran dan berlatih mencari pengalaman baru, tetapi banyak orang tak mau melakukannya. Oleh sebab itu manusia dapat mencapai kesuksesan dengan mengubah sudut pandang atau paradigma sukses itu berdasarkan tujuan bekerja bukanlah semata mencari uang melainkan bekerja untuk bahagia. Kehidupan bukan lagi “mencari dan mendapatkan” melainkan  kehidupan adalah “menjadi dan memberi”. Apa yang mampu kita beri berdasarkan pada kemampuan apa yang kita miliki. Ketua Stiki yang sekaligus sebagai pembicara di banyak seminar nasional ini memberikan  motivasi yang tinggi tentang “Kerja untuk bahagia”. STIKI Indonesia tidak hanya semata mata sebagai kampus tetapi STIKI adalah wahana bagi setiap orang untuk mampu meraih pengalaman pendidikan serta kemauan berusaha untuk menciptakan pemikiran dan inovasi baru dalam meraih karier dimasa depan. Hal inilah yang membuat STIKI selalu tulus dan terbuka dalam setiap pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat.

IMG_9110 IMG_9139

            STIKI Indonesia telah menjalin kerjasama dengan banyak institusi baik pemerintah , swasta dan masyarakat. Salah satu institusi pemerintah yang telah menjalin kerjasama adalah Dinas Perhubungan Informasi dan Komunikasi Provinsi Bali. MOU yang telah ditandatangani  sejak 25 mei 2015 ini, direalisasikan dalam wujud Pengabdian Kepada Masyarakat ( PKM ) berupa Pelatihan Microsoft Office dan Jaringan Komputer bagi Pegawai Negeri Sipil di lingkungan Dinas Perhubungan Informasi dan Komunikasi Provinsi Bali. Kegiatan yang diadakan  sejak 3 Agustus dan berakhir  pada 6 agustus 2015 ini telah melatih Pegawai Negeri Sipil baik dari tingkat dasar/ pemula, hingga tingkat lanjutan. Menurut Penjabat Skretaris Dinas Perhubungan Informasi dan Komunikasi Provinsi Bali, I Nyoman Rembun menyampaikan pelatihan ini sangat berfungsi bagi seluruh PNS yang dilatih karena saat ini kita dihadapkan dengan era global teknologi dimana setiap PNS harus mampu menguasai dan menggunakan teknologi untuk menunjang setiap kegiatan di Dinas Perhubungan Informasi dan Komunikasi Provinsi Bali ini. Kedepannya setiap pegawai negeri sipil dilingkungan kedinasan perhubungan ini harus mampu melakukan perbaikan perbaikan system perhubungan di semua sektor sehingga hasilnya dapat dikaji serta di blueprint. Rembun berharap kegiatan ini hendaknya dijadikan dasar tumpuan yang kuat dalam mendukung langkah langkah pemerintah ke depannya. Kegiatan yang sepenuhnya didukung oleh STIKI Indonesia melibatkan 61 peserta pelatihan dari PNS Dinas Perhubungan Informasi dan Komunikasi Provinsi Bali.

            Menurut ketua pelaksana Pengabdian Kepada Masyarakat ( PKM ) , Ida Bagus Ary Iswara.M.Kom ; Pengabdian ini adalah langkah awal komitmen STIKI Indonesia dalam mendukung Dinas Perhubungan Informasi dan Komunikasi Provinsi Bali yang akan dilanjutkan program program lain secara bertahap dan berkesinambungan. “ Kami suka kegiatan ini, karena kegiatan ini merupakan perwujudan pengabdian kami sebagai dosen Sekolah Tinggi untuk mengabdi kepada masyarakat, dan STIKI Indonesia selalu terbuka untuk bekerjasama bagi setiap institusi kemasyarakatan, Pemerintah dan Swasta”. Kegiatan ini melibatkan 30 dosen sebagai instruktur serta dosen STIKI Indonesia lainnya sebagai panitia. Kegiatan  PKM ini melatih sejumlah PNS yang meliputi 22 orang untuk pelatihan Ms. Word dan Exel bagi pemula, 23 Orang untuk pelatihan Ms. Word dan Exel tingkat lanjutan serta 16 orang PNS yang mengikuti pelatihan Jaringan Komputer.

            Kegiatan yang dilaksanakan dari pukul 13.00 wita hingga 15.30 wita ini mempergunakan 2 Lab Praktik Komputer canggih milik STIKI Indonesia. Kedepannya STIKI Indonesia dapat mengembangkan serta mendayagunakan seluruh dosen yang ada dalam menunjang pengabdian masyarakat di semua sektor pembangunan. Adv.Humas.