Komputerisasi Proses Desain Pengrajin Furniture, Dosen STIKI Dukung UMKM di Mataram

WhatsApp Image 2020-01-18 at 12.52.19

Denpasar – Menjelajah luar Bali, dua dosen STMIK STIKOM Indonesia, Ni Ketut Utami Nilawati, S.T., M.T. dan I Gede Eka Dharsika, S.T., M.T. mengadakan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) di wilayah Mataram, Lombok pada tanggal 1 hingga 4 Juli 2019.

Kegiatan PKM diselenggarakan untuk melatih salah satu Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang ada di wilayah Mataram, yaitu Pengrajin Art Furniture. UMKM ini bergerak di bidang limbah kayu yang diolah menjadi meja, kursi, maupun furniture lainnya. Selama ini pengrajin diketahui melakukan pengerjaan secara manual. Kegiatan PKM melatih pengrajin membuat sketsa dengan menggunakan aplikasi AutoCad serta membuat penawaran dan pembuatan Invoice dengan memanfaatkan Microsoft Excel.

Selama PKM berlangsung, peserta mampu membuat sketsa sederhana pada aplikasi AutoCad dan membuat list harga maupun bukti transaksi dengan menggunakan aplikasi Microsoft Excel. PKM dihadiri oleh pemilik UMKM dan satu staf yang mendampingi. Dosen STIKI mendapat sambutan baik dari pemilik UMKM, menurut Ni Ketut Utami Nilawati, S.T., M.T. pemilik UMKM tersebut sudah lama ingin membuat desain yang terkomputerisasi. Dirinya berharap PKM ini dapat diselenggarakan kembali karena PKM yang diadakan memiliki keterbatasan waktu dan belum banyak ilmu yang bisa diberikan kepada pemilik UMKM.

“Ini kan pengabdian yang insidental, waktunya sangat terbatas, jadi mungkin waktunya masih kurang panjang ya. Semoga dengan kegiatan PKM ini owner terbantu dan tidak lagi melakukan pengerjaan seperti membuat sketsa secara manual. “ Tutup Ni Ketut Utami Nilawati, S.T., M.T. selaku Ketua PKM pada akhir sesi wawancara. (RVN)