Tingkatkan Kapasitas SDM, Dosen STIKI Coaching Pelaku Wisata di Kintamani

WhatsApp Image 2020-01-20 at 19.35.17

Denpasar- Menjalankan Tri Dharma Perguruan Tinggi, Duet Dosen STIKI Indonesia melaksanakan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM), yaitu I Gede Totok Suryawan, S.Kom., M.T. dan I Putu Agus Eka Darma Udayana, S.Kom., M.T. Berlokasi di Kintamani Edelweiss Park, Caldera Batur, Kintamani, Bangli dengan mengangkat judul Pelatihan Pengelolaan Website, Media Sosial, dan Google My Business pada Kamis, 16 Januari 2020.

Bali sebagai salah satu tujuan wisata terpaporit di Indonesia bisa mendatangkan jutaan wisatawan setiap tahunnya. Namun, potensi ini ini belum dirasakan secara menyeluruh oleh masyarakat Bali karena sebaran kunjungan wisata yang belum merata. Cenderungnya potensi pariwisata baru dirasakan optimal oleh masyarakat di wilayah Bali Selatan, sehingga Kintamani sebagai salah satu wilayah di Bali Utara dipilih sebagai tempat kegiatan PKM yaitu di Kintamani Edelweiss Park. Kegiatan PKM dihadiri oleh para pengusaha muda pariwisata yang ada di wilayah Kintamani berjumlah 10 orang, diantaranya pemilik paket wisata seperti camping, tracking, cycling, dan natural hot spring dan Pengelola Kintamani Edelweiss Park sendiri.

Dalam kegiatan PKM ini para peserta diberikan tiga materi, yaitu pengetahuan pengelolaan website khususnya menggunakan WordPress, pengelolaan media sosial dengan aplikasi Canva, dan membuat listing produk wisata menggunakan Google My Bussiness.

Acara PKM dikemas secara santai, diharapkan para peserta merasa enjoy dalam kegiatan PKM ini. “Ada yang sudah terbiasa memakai website, bahkan ada yang sudah sampai beriklan. Jadi, materinya kita menyesuaikan lebih ke coaching kepada orangnya langsung, semoga dengan itu kita dapat menyelesaikan masalahnya langsung. Kedepan kita bisa berdoa semoga usahanya dia lancar.” Tutup I Gede Totok Suryawan, S.Kom., M.T. selaku Ketua PKM pada sesi wawancara. (RVN)