Bantu Kelola Referensi Ilmiah, Dosen STIKI Kenalkan Mendeley di SMK Dwijendra

WhatsApp Image 2020-01-21 at 11.50.42

Denpasar- Menjalankan Tri Dharma Perguruan Tinggi, kabar kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) datang dari Ni Wayan Wardani, M.Kom. bersama dengan Ni Luh Wiwik Sri Rahayu G., M.Kom. PKM yang juga melibatkan tiga orang mahasiswa STMIK STIKOM Indonesia mengunjungi SMK Dwijendra, Jl. Suradipa I, Penguyangan, Denpasar. Kegiatan ini dilaksanakan pada 20 Januari 2020 dengan mengangkat judul “Pelatihan Pengguna Mendeley Untuk Referensi Dalam Menulis Karya Ilmiah Bagi Guru SMK Dwijendra Denpasar”.

Acara PKM diikuti oleh guru-guru yang ada di SMK Dwijendra Denpasar sebanyak 20 orang. Sebelum kegiatan PKM dilaksanakan tim dosen STIKI telah melakukan observasi dan wawancara dengan Kepala Sekolah dan Wakil Kepala Sekolah. Didapatkan hasil, diantaranya belum seluruh guru SMK Dwijendra memiliki pengetahuan untuk mengelola referensi ilmiah, khususnya menggunakan aplikasi Mendeley. Selain itu, jumlah penelitian dan sitasi di SMK Dwijendra masih rendah.

Mengetahui permasalahan tersebut dieberikan pengenalan aplikasi penglolaan referensi, yaitu Mendeley. PKM disambut dengan antusias oleh guru-guru SMK Dwijendra, guru-guru merasa terbantu dengan adanya pengenalan aplikasi Mendeley ini.

Pada kesempatan mendatang, tim dosen STIKI menyampaikan akan mengangkat topik yang berbeda seperti Digital Marketing. “Pelatihan yang disampaikan itu bisa diterima baik oleh peserta dan bisa mengimplementasikan dalam kegiatan mereka yaitu khususnya pada kegiatan penulisan karya tulis ilmiah dan penelitian kelas yang lain.” Ujar Ni Wayan Wardani, M.Kom. selaku Ketua PKM menutup sesi wawancara. (RVN)