Menyongsong Persaingan 4.0, Dosen STIKI Tingkatkan Kualitas Pembelajaran di SMA 1 Blahbatuh

WhatsApp Image 2020-01-20 at 17.14.07

Denpasar – Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) dilaksanakan oleh tiga dosen STMIK STIKOM Indonesia di SMA 1 Blahbatuh, Jalan Astina Raya, Gianyar selama empat bulan. Dimulai dari bulan Agustus 2019 hingga bulan Desember 2019. Kegiatan PKM ini berjudul Pengembangan Sistem E-Learning dan Sistem Perpustakaan Digital Menuju Pendidikan 4.0 pada SMA 1 Blahbatuh Gianyar.

Tim dosen yang melaksanakan kegiatan PKM adalah I Nyoman Buda Hartawan, M.Kom. ; Putu Praba Santika, M.Kom. ; dan Ni Wayan Suardiyati Putri, M.Pd. Kegiatan diikuti oleh para guru dan staf perpustakaan SMA 1 Blahbatuh dengan jumlah 70 orang. PKM terdiri dari 4 masa, yaitu pelatihan pembuatan media pembelajaran berbasis Macromedia Flash, pelatihan pemanfaatan Microsoft PowerPoint, pelatihan penggunaan e-learning, dan pembuatan sistem perpustakaan digital berbasis INLISLITE v3. Khusus pada pelatihan pertama menggunakan Macromedia Flash, kegiatan didukung oleh seorang dosen lagi, yaitu I Ketut Setiawan, M.Sn.

Ditemui di Ruang Program Studi STIKI Indonesia, I Nyoman Buda Hartawan, M.Kom menyampaikan bahwa di era industri 4.0, sekolah merupakan salah satu tempat yang digunakan untuk mempersiapkan diri dalam menyongsong persaingan. Tidak akan berhenti pada bulan Desember, Kepala Program Studi Sistem Komputer ini menyampaikan bahwa di bulan Januari nanti akan diadakan pelatihan lanjutan atas permintaan dari guru-guru SMA 1 Blahbatuh, Gianyar.

“Peserta sangat antusias terhadap pelatihan yang diberikan, karena ini merupakan ilmu yang bisa digunakan untuk bersaing dan mengajar kepada peserta didik yang ada disana. Selain itu juga dengan pemanfaatan teknologi dalam proses pembelajaran diharapkan guru-guru mampu bersaing di era revolusi industry 4.0 ini. “ Tutup I Nyoman Buda Hartawan, M.Kom. kepada Tim Teknis Humas menutup sesi wawancara. (RVN)