UMKM Jajanan Desa Kukuh Ikuti Pelatihan Pemasaran dan Desain Kemasan Produk

Dalam menjalankan segala jenis usaha, upaya untuk meningkatkan nilai pemasaran dan desain kemasan produk (branding dan packaging) menjadi faktor yang penting yang harus dipahami para Usaha Menengah Kecil dan Mikro (UMKM) agar produknya dapat menarik perhatian kosumen dan dapat menumbuhkan rasa percaya dari konsumen sehingga kedepannya dapat memberikan keuntungan bagi pelaku usaha. Hal ini memberikan motivasi kepada Bapak Kepala Desa Kukuh, Kecamatan Kerambitan, Kabupaten Tabanan I Nyoman Widhi Adnyana, S.Kom.,M.Pd di masa kepemimpinannya ingin mengembangkan pemasaran UMKM di Desa Kukuh khususnya yang bergerak dalam jajanan. Beliau menyampaikan selama ini proses pemasaran UMKM Jajanan hanya didaerah Desa Kukuh saja misalnya pada pasar-pasar tradisional dan warung-warung setempat, untuk itu kedepannya bisa di pasarkan diluar dari Desa Kukuh. Selain itu desain kemasan produk juga harus di perkuat sehingga identitas usaha dapat membangun citra, keyakinan dan jaminan kualitas.

20201105_120938-B

Kepala Desa Kukuh, I Nyoman Widhi Adnyana, S.Kom.,M.Pd (Kanan) Berdiskusi dengan Tim Dosen Pembahasan Materi Sosialisasi

Tim dari STMIK STIKOM Indonesia yaitu Bapak Putu Gede Surya Cipta Nugraha, S.Kom.,M.Kom dan Bapak I Putu Yoga Indrawan, S.Kom.,M.Kom memberikan sosialisasi pengembangan pemasaran dan desain kemasan produk untuk UMKM Jajanan di Desa Kukuh yang dimulai pada tanggal 12 November 2020 dan diikuti oleh 10 orang peserta, dimana sosialisasi dilakukan pada Balai Serba Guna Desa Kukuh. Dalam sosialisasi ini ada beberapa poin utama yang dapat disampaikan antara lain UMKM Jajanan di Desa Kukuh dapat memahami pemanfaatan media Digital Marketing khususnya penggunaan sosial media dalam mengembangkan pangsa pasar dan dapat memahami pentingnya kemasan produk untuk menarik minat konsumen. “Apalagi dalam kondisi Covid_19 yang melanda seluruh dunia, sosial media dan kebersihan dari sebuah produk menjadi salah satu tombak agar UMKM dapat terus bernafas”. Jelas Bapak Surya Cipta.

20201112_103824-B

Peserta Mengikuti Sosialisasi Pemasaran Dan Desain Kemasan Produk

Salah satu peserta sosialisasi, Ibu Sukarini selaku pelaku usaha jajanan menyampaikan rasa terima kasihnya atas gagasan dari Bapak Kepala Desa Kukuh serta inisiatif tim Dosen STMIK STIKOM Indonesia dalam melaksanakan sosialisasi ini. “Kegiatan ini sangat membantu UMKM Jajanan di masa Covid_19 untuk dapat terus berkembang maju dan dapat bertahan karena banyak ilmu yang di dapatkan”, Ungkap Ibu Sukarini

Ibu Sukarini menambahkan dari sosialisasi ini ia lebih tahu tentang pemanfaatan social media untuk bisnis, logo dan kemasan produk yang ternyata sangat penting dalam meningkatkan nilai jual produk “Awalnya tidak memikirkan soal itu , sekarang memahami manfaat dari branding dan packaging. Harus sering-sering ada sosialisasi seperti ini”, Jelas Ibu Sukarini

20201112_123339-B

Bapak Kepala Desa Kukuh, Peserta Sosialisasi Dan Tim Dosen Foto Bersama

Tim Dosen STMIK STIKOM Indonesia telah melakukan pengumpulan data sejak pertengahan tahun 2020. Kondisi Covid-19 sempat mengganggu kelancaran kegiatan, namun tidak menyurutkan semangat tim Dosen STMIK STIKOM Indonesia untuk menyiapkan materi-materi sosialisasi dan melaksanakan kegiatan sosialisasi. Kegiatan sosialisasi dilakukan dengan menaati protokol kesehatan yang dibantu oleh aparat Desa Kukuh. Kegiatan sosialisasi ditutup dengan foto bersama Bapak Kepala Desa Kukuh, peserta sosialisasi UMKM Jajanan dan tim Dosen STMIK STIKOM Indonesia. “setelah sosialisasi ini bukan berarti komunikasi tim Dosen dan peserta langsung berakhir tetapi tetap berlanjut, proses komunikasi dengan peserta sosialisasi tetap dilakukan melalui Whatsapp untuk melihat perkembangannya. Ada yang konsultasi kami siap membantu ,” ujar Bapak Yoga Indrawan menutup sosialisasi (Tim Humas/STIKI).