PKM Pembinaan Kompetisi Klub IPS dan Matematika di SMP Negeri 10 Denpasar

Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat dengan skema STIKI Social Engagement (SSE) dilakukan terhadap siswa-siswa di SMPN 10 Denpasar Jl. Gatot Subroto Barat Denpasar dengan memberikan pelatihan pembinaan Olimpiade Bidang IPS dan Bidang Matematika. Materi Olimpiade diberikan sesuai SILABUS KSN (OSN) tahun 2020. Tujuan dari diberikannya pembinaan ini adalah untuk lebih mematangkan siswa – siswa dalam menghadapi KSN tingkat Kabupaten/Kota yang akan diselenggarakan tanggal dari tanggal 12 – 16 Oktober 2020.

Materi pelatihan yang diberikan untuk Bidang IPS meliputi hari pertama Geografi yang mencakup Latihan Peta, Geologi, Geomorpologi, Permasalahan Kependudukan, Lingkungan dan Pencemaran Lingkungan. Pada hari kedua siswa mendapatkan materi Sejarah dan Sosiologi dimana sejarah meliputi Masa Pra Aksara, Persebaran Nenek Moyang Indonesia, Persebaran Hindu di Indonesia, Persebaran Islam di Indonesia, Upaya Merebut Kemerdekaan dan Mempertahankan Kemerdekaan Indonesia. Dihari ketiga siswa mendapat materi Ekonomi yang meliputi Pasar, Hukum Permintaan dan Penawaran, BEP, Pajak dan Subsidi serta Harga Pasar.

Sedangkan untuk Bidang Matematika materi yang diberikan pada hari pertama meliputi Bilangan, Statistika dan Peluang dimana pada Bilangan dibahas mengenai Oprasi bilangan bulat dan sifat – sifatnya serta sifat – sifat bilangan berpangkat. Statistika membahas mean, median, modus, data tunggal dan kelompok, penyajian data dalam bentuk tabel, grafik. Untuk peluang materinya meliputi percobaan dan ruang sampel, aturan pencacahan serta peluang suatu kejadian. Untuk hari kedua siswa mendapatkan materi Aljabar. Aljabar membahas mengenai pengertian, notasi dan oprasi himpunan, relasi dan fungsi, perbandingan senilai dan berbalik nilai, oprasi aljabar yang melibatkan bilangan rasional, bilangan berpangkat dan bilangan berbentuk akar. Persamaan linier dan kuadrat, serta baris dan deret bilangan. Pada hari ketiga siswa mendapatkan materi Geografi. Materinya meliputi Garis dan sudut, Bangun Datar, Bangun Ruang, Teorema Phytagoras dan Tranformasi Geometri.

20200921_110110-B

Kegiatan PKM yang dilakukan mendapat dukungan dari Kepala Sekolah SMPN 10 Denpasar yaitu Bapak I Wayan Sumiara, S.Pd., M.Pd. Sebelum pelaksanaan diadakan rapat koordinasi yang dipimpin langsung oleh Bapak Kepala Sekolah dengan tim dan narasumber pada pengabdian masyarakat ini.

Dalam pembukaan sambutan dari Ketua Pelaksana kegiatan yaitu I Kadek Adiana Putra, S.Pd., M.Si menyampaikan ucapan terimakasih kepada pihak SMPN 10 Denpasar karena telah bersedia menerima dengan hangat kegiatan PKM SSE yang dilakukan, serta menyampaikan gambaran singkat tentang alur kegiatan pengabdian.

20200923_123755-B

Dari data hasil belajar siswa selama pembinaan bidang IPS maupun bidang Matematika telah menunjukkan tingkat keberhasilan dalam membina siswa persiapan KSN (Kompetisi Sains Nasional) yang ditunjukan dengan peningkatan hasil belajar. Jika dilihat dari perkembangan siswa, semestinya siswa mampu mendapatkan hasil belajar yang lebih tinggi. Hal ini disebabkan karena keterbatasan waktu dan ruang serta lingkungan selama pandemi COVID-19 sehingga membatasi waktu belajar serta ruang lingkup untuk melakukan pratikum diluar kelas (Tim Humas/STIKI).