Praktik Kerja, Mahasiswa STIKI Buat Video Company Profile Pos Indonesia

Sumber pengetahuan adalah pengalaman. Guru terbaik untuk kehidupan adalah pengalaman. Kegiatan terbaik untuk meningkatkan kemampuan adalah dengan terjun langsung ke lapangan. Praktik Kerja Lapangan (PKL) bagi seorang mahasiswa tentu sangat penting. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pengalaman bagi mahasiswa sebelum mereka terjun langsung ke dunia kerja.

Selain menambah pengalaman, Praktik Kerja Lapangan juga bertujuan untuk meningkatkan kecerdasan, kreativitas dan tentu keterampilan. Praktik kerja tentu sangat penting bagi setiap mahasiswa. Apalagi bagi Kadek Bayu Adi Putra yang merupakan mahasiswa STMIK STIKOM Indonesia (STIKI).

Mengambil jurusan Teknik Informatika dengan peminatan Desain Grafis dan Multimedia tentu diperlukan tempat untuk berkarya. Salah satu mata kuliah dari Desain Grafis dan Multimedia adalah video editing.

Dedek, sapaan akrabnya, bercerita tentang pengalamannya mengikuti Praktik Kerja Lapangan untuk PT Pos Indonesia yang terletak di Jl Raya Puputan, Renon, Denpasar Selatan. Dia bercerita tentang alasan mengajukan diri untuk praktik kerja dan membantu di Kantor Pusat PT Pos Indonesia Wilayah Bali tersebut.

“Saya mengetahui Pos Indonesia belum memiliki media promosi yang efektif ke masyarakat,” kata Dedek, Selasa (2/2/2021).

IMG_3147

Berangkat dari alasan tersebut, Mahasiswa angkatan 2018 ini memutuskan untuk membuat video profil perusahaan. Bersama dua mahasiswa STIKI lainnya, AA Ngurah Bagus Jaya Ningrat dan I Made Chandra Mulya Lesmana, akhirnya diputuskan untuk membuat video yang berisi memperkenalkan profil perusahaan secara lengkap. Dedek bercerita dia dan temannya bertugas bergantian mengambil video. Sementara, untuk pengeditan telah dibagi sesuai dengan kemampuan masing-masing.

“Saya sendiri menambahkan membuat animasi. Dua teman saya menjadi editor,” jelasnya.

Selain mendapatkan tempat untuk berkarya, Dedek mengungkapkan praktik kerja lapangan juga sekaligus dapat menjadi ajang menerapkan apa yang didapat selama di bangku kuliah. Pelajaran dari dosen dapat disalurkan menjadi sebuah karya.

“Tentu saja pelajaran dari dosen pembuatan animasi dan edit video saya pelajari dan terapkan di sini (PT Pos Indonesia) untuk menjadikan daya tarik masyarakat ke PT Pos Indonesia agar video company profile lebih menarik untuk ditonton,” jelasnya.

Setelah mengambil gambar dan mengumpulkan materi, bahan yang akan diolah menjadi video company profile, Dedek dan dua temannya itu melakukan koordinasi dengan dosen. Tujuannya untuk meminta masukan sehingga mendapatkan hasil yang memuaskan.

“Mulai proses editing sampai hal lain saya berkoordinasi dengan dosen pembimbing,” jelasnya.

Setelah satu bulan setengah menjalani praktek kerja, Dedek dan dua mahasiswa lainnya merasa optimis dapat mengikuti alur kerja mau pun budaya dari kerja sebagai bagian dari satu perusahaan profesional. Terlebih, pihak PT Pos Indonesia memberikan pujian terhadap hasil karyanya sehingga menambah semangat untuknya berkarya di masa mendatang.

Praktik Kerja Lapangan merupakan wujud nyata penerapan konsep link and match dengan tujuan terciptanya keselarasan antara materi perkuliahan di kampus dengan keahlian yang dibutuhkan di dunia kerja. STIKI berharap lewat praktik kerja lapangan dapat memberikan pengalaman kepada mahasiswa sehingga nantinya setelah lulus dapat bersaing hingga berkontribusi di dunia kerja.