Tipe-Tipe Mahasiswa di Kampus, Kamu yang Mana?

Kehidupan perkuliahan memang banyak cerita. Khususnya kehidupan pertemanan antar mahasiswa. Dalam satu kelas saja tentu diisi oleh sejumlah mahasiswa yang memiliki karakter yang berbeda-beda pula. Dari si mahasiswa Kupu-Kupu (Kuliah Pulang-Kuliah Pulang) hingga si mahasiswa seniman yang punya hobi bermusik dan sejenisnya. Tipe mahasiswa seperti ini biasa disebut Mahasiswa Kumus-Kumus (Kuliah Musik-Kuliah Musik).

Banyak sekali tipe-tipe mahasiswa di kampus yang dapat kita temui saat kuliah. Ada yang kuliah tapi suka main-main hingga mahasiswa yang punya target sejak pendaftaran harus mendapatkan jodoh. Banyak sekali istilah untuk menyebut mahasiswa. Kamu tipe mahasiswa yang mana? Simak penjabarannya berikut:

  • Mahasiswa Kucing

Mahasiswa kucing (Kuliah cari yang bening) adalah tipe mahasiswa yang biasanya dari awal pendaftaran kuliah sudah punya target untuk mendapatkan pasangan. Bening dapat diartikan cantik atau ganteng. Biasanya tipe mahasiswa ini memiliki kisah percintaan yang rumit dan jomblo saat lulus sekolah.

Buktinya mereka cari pacar di kuliah. Memang enggak ada yang salah ya, asal cari jodoh ini bisa dijadikan juga sebagai penyemangat untuk kuliah dan datang ke kampus. Apalagi kalau sudah dapat gebetan dan akhirnya pacaran, kamu sama si dia bisa janjian untuk rajin kuliah bareng dan janjian wisuda tepat waktu. Ini baru namanya komitmen antara pacaran. Komitmen positif yang bisa bakar semangatmu untuk kuliah rajin. So Sweet!

  • Mahasiswa Kunang-Kunang

Kunang-Kunang adalah Kuliah Nangkring-Kuliah Nangkring. Tipe mahasiswa seperti ini biasanya selalu nangkring di kantin, kafe sekitaran kampus atau coffee shop untuk cari wifi. Mungkin mereka memang memiliki passion nangkring ya. Nangkring memang enggak selalu negatif. Siapa tahu dari nangkring bisa ketemu kenalan baru yang bisa jadi jodoh atau partner bisnismu kelak. Nangkring boleh tapi jangan saat jam kuliah ya. Jangan bolos!

  • Mahasiswa Kura-Kura

Kura-Kura adalah Kuliah Rapat Kuliah Rapat. Tipe mahasiswa ini biasanya mereka yang memang aktif di organisasi. Saban hari saat tidak ada jam kuliah, mereka pasti berada di kesekretariatan lagi rapat. Selain itu, biasanya tipe mahasiswa ini juga aktif di organisasi di luar kampus. Nah, saat mereka tidak rapat di kampus, ya mereka rapat lagi dengan organisasi yang mereka ikuti. Tipe mahasiswa seperti ini biasanya pandai dalam mengatur waktu.

Bayangkan mereka bisa rapat terus di mana-mana. Tipe mahasiswa seperti ini juga sudah tentu mudah bergaul. Banyak pergaulan asalkan positif tentu bisa memberikan keuntungan seperti dapat koneksi saat kamu lulus dan cari kerja. Ingat, sepintar-pintarnya seseorang masih kalah sama bantuan orang dalam. So, perbanyak koneksimu ya!

  • Mahasiswa Kuda

Kuda adalah Kuliah Dagang. Tipe mahasiswa seperti ini tentu memiliki minat besar mencari cuan. Mereka biasanya sering menawarkan produk atau jasa ke teman-teman mahasiswanya. Saat era media sosial seperti sekarang, mereka juga pasti promo ke teman-temannya ‘Bro/Sis, Follow Instagram dagangan gue dong.” Mereka ini bisa dijadikan contoh buat kamu yang mau belajar dagang demi mendapatkan uang tambahan. Kalau belum berani membuka dagangan sendiri, kamu bisa ajak mereka jadi partner sekaligus mentor terlebih dahulu.

  • Mahasiswa Kuper

Kuper yang dimaksud bukan ‘Kurang Pergaulan’. Tetapi ‘Kuliah Perawatan’. Tipe mahasiswa ini biasanya mahasiswi yang memiliki minat tinggi untuk selalu tampil menarik. Mereka biasanya selalu tampil oke meski kemana pun. Mereka paham dengan berpenampilan menarik akan mendapatkan keuntungan sendiri. Kamu pasti sering membaca kualifikasi untuk banyak lowongan pekerjaan pasti memuat ‘Berpenampilan Menarik’. Nah, mereka paham betul penampilan memang penting sehingga kamu yang cuek dengan penampilan bisa belajar dari mereka ya.

  • Mahasiswa Kusyut

Kusyut adalah Kuliah Syuting. Era media sosial sekarang kata syuting bukan lagi identik dengan film atau iklan. Mereka saat tak ada jam kuliah biasanya syuting untuk konten di Youtube, Instagram bahkan TikTok. Apabila syuting secara rutin, berarti mereka memiliki jumlah pengikut yang banyak di media sosial mereka tersebut.

  • Mahasiswa Kumus-Kumus

Kumus-Kumus adalah ‘Kuliah Musik-Kuliah Musik’. Tipe mahasiswa ini mereka yang sangat cinta dengan dunia musik. Mereka akan selalu tampil di acara kampus untuk bermusik. Biasanya juga mereka ini selalu bekerja paruh waktu saat sore atau malam sebagai penyanyi atau anggota band di kafe. Kamu bisa banyak belajar dengan tipe mahasiswa seperti ini yang sanggup menyalurkan hobinya terlebih hobinya bisa mendapatkan uang. Paling enak di dunia ini adalah hobi yang dibayar.

  • Mahasiswa Kupu-Kupu

Istilah untuk tipe mahasiswa ini mungkin yang paling populer. Mahasiswa yang Kuliah Pulang-Kuliah Pulang. Setelah kuliah mereka biasanya langsung pulang ke rumah. Mungkin saja mereka punya kesibukan lain di rumah atau setelah kuliah waktunya digunakan untuk membantu orangtua mereka. Mungkin juga mereka punya bisnis keluarga di rumah. Bisa jadi juga mereka tipe mahasiswa yang gemar belajar dan langsung mengerjakan tugas. Keren ya. Kamu juga bisa banyak belajar dengan tipe mahasiswa seperti ini. Kalau memang nongkrong tidak ada manfaatnya, lebih baik di rumah saja untuk membantu orangtua atau mengerjakan tugas.

  • Mahasiswa Kusem-Kusem

Kusem adalah ‘Kuliah Seminar-Kuliah Seminar’. Tipe mahasiswa seperti ini biasanya sering menghadiri seminar-seminar. Mereka ini biasanya berwawasan luas karena mendapatkan ilmu dari seminar yang dihadiri. Mereka juga perlu diapresiasi karena mengisi waktu dengan hal positif yaitu mengikuti seminar.

Kamu mungkin salah satu dari tipe-tipe mahasiswa di atas. Namun, saat kuliah selain mendapatkan ilmu dan gelar sarjana, kamu juga harus mencari momen berharga. Momen berharga ini bisa kamu kenang dan dijadikan bahan lelucon saat kamu bertemu dengan temanmu saat sudah lulus nantinya. Tipe apa pun kamu saat mahasiswa, terpenting adalah kamu harus menjadi mahasiswa yang rajin dan lulus tepat waktu. Ingat, tidak ada perasaan bangga dari orangtuamu selain mereka melihatmu wisuda.

Sementara, bagi kamu yang baru lulus sekolah dan ingin melanjutkan kuliah IT di Bali maka bisa bergabung dengan STMIK STIKOM Indonesia (STIKI). Sebagai kampus swasta IT terpopuler di Bali, STIKI mengajakmu untuk menjadi lulusan IT yang kompeten dan memiliki wawasan budaya. Informasi lebih lanjut bisa kunjungi link berikut: sip.stiki-indonesia.ac.id