Semoga Kita Dijauhkan dari Virus dan Didekatkan Dengan yang Serius

Setiap tanggal 7 April diperingati sebagai Hari Kesehatan Dunia atau World Health Day. Tanggal 7 April ditetapkan sebagai Hari Kesehatan Dunia sekaligus menandai didirikannya organisasi kesehatan dunia atau World Health Organization (WHO) yang berdiri tahun 1948.

Setiap tahunnya World Health Day mengambil topik kesehatan tertentu. Untuk tahun 2021 tema yang diambil adalah “Building a Fairer, Healthier World”. Dilansir dari laman resminya, WHO mengajak kita semua untuk berpartisipasi dalam kampanye baru untuk membangun dunia yang lebih adil dan lebih sehat.

Langkah ini diambil mengingat dunia masih dilanda Pandemi Covid-19 sehingga membuat dunia menjadi tidak setara. Sejumlah orang dapat hidup lebih sehat dan memiliki akses yang lebih baik ke layanan kesehatan.

Sejumlah orang di seluruh dunia, berjuang untuk memenuhi kebutuhan dengan sedikit pendapatan harian, memiliki kondisi perumahan dan pendidikan yang lebih buruk, lebih sedikit peluang kerja, mengalami ketidaksetaraan gender yang lebih besar, dan memiliki sedikit bahkan tidak memiliki akses ke lingkungan yang aman, air dan udara bersih, ketahanan pangan dan layanan kesehatan. Hal ini menyebabkan penderitaan yang seharusnya tidak terjadi. Tentunya merugikan masyarakat dan perekonomian.

“Ini bukan hanya tidak adil: ini dapat dicegah . Itulah mengapa kami menghimbau para pemimpin untuk memastikan bahwa setiap orang memiliki kondisi hidup dan kerja yang kondusif untuk kesehatan yang baik. Pada saat yang sama kami mendesak para pemimpin untuk memantau ketidakadilan kesehatan, dan untuk memastikan bahwa semua orang dapat mengakses layanan kesehatan yang berkualitas kapan dan di mana mereka membutuhkannya,” tulis WHO di laman resminya.

world health day

Covid-19 telah menghantam semua negara dengan keras, tetapi dampaknya paling parah pada komunitas yang sudah rentan, yang lebih terpapar penyakit, cenderung tidak memiliki akses ke layanan perawatan kesehatan yang berkualitas dan lebih mungkin mengalami konsekuensi yang merugikan sebagai hasil dari tindakan yang dilakukan untuk mengatasi pandemi.

Oleh sebab itu, World Health Day diperingati setiap tahun tepatnya pada 7 April karena bertujuan untuk menciptakan kesadaran tentang tema kesehatan tertentu untuk menyoroti bidang prioritas yang menjadi perhatian WHO.

Selama 50 tahun terakhir, World Health Day telah menyoroti masalah kesehatan penting seperti kesehatan mental, perawatan ibu dan anak, serta perubahan iklim. World Health day ditandai dengan kegiatan yang melampaui hari itu sendiri dan berfungsi sebagai kesempatan untuk memusatkan perhatian dunia pada aspek-aspek penting kesehatan global ini.

Untuk tahun ini diambil tema “Building a Fairer, Healthier World” karena berkaitan dengan kondisi dunia yang masih dihantam Pandemi Covid-19. Kami juga terus mengingatkan untuk tetap mematuhi protokol kesehatan. Semoga kita semua bisa dijauhkan dari virus dan didekatkan dengan yang serius.

STMIK STIKOM Indonesia (STIKI) terus berkomitmen menerapkan protokol kesehatan COVID-19. Semua dosen, mahasiswa, staf dan siapa pun yang memiliki kepentingan ke kampus yang terletak di Jl Tukad Pakerisan No 97, Denpasar ini akan dicek suhu tubuhnya, memakai masker dan mencuci tangan terlebih dahulu sebelum memasuki kampus IT terpopuler di Bali ini.

STIKI Indonesia yang merupakan kampus IT sekaligus technopreneur campus di Bali  ini juga tetap menerapkan belajar online sesuai anjuran pemerintah. Mahasiswa yang memiliki keperluan di kampus juga diminta untuk menjaga jarak. Selama pendaftaran mahasiswa baru juga diminta untuk menjaga jarak. Sehingga kamu yang ingin mendaftar tidak perlu khawatir terkait protokol kesehatan Covid-19. Namun, untuk pendaftaran mahasiswa kamu juga bisa melakukan secara online di sip.stiki-indonesia.ac.id.

Bagi kamu yang tidak tinggal di Bali dan berniat kuliah di Bali jangan takut terkait protokol kesehatan. Sebagai kampus swasta di Bali, STIKI Indonesia telah menerapkannya. Nah, bagi kamu yang memiliki minat kuliah di Bali kamu bisa simak sejumlah keuntungan apabila memutuskan kuliah di Bali. Serunya kuliah di Bali bisa kamu cek di link berikut ini: Kuliah di Bali.