Mengenal Inkubator Bisnis: Demi Masa Depan yang Manis

Merintis usaha mungkin hampir menjadi mimpi semua orang. Namun, banyak yang tidak tahu bagaimana cara memulainya sehingga mengubur mimpinya menjadi seorang wirausahawan. Padahal, di era teknologi informasi sekarang dan menjamurnya perusahaan rintisan (startup) banyak cara untuk membantumu mewujudkan memiliki bisnis sendiri.

Salah satu caranya adalah dengan mengikuti program yang difasilitasi oleh Inkubator Bisnis (Inbis). Mengutip entrepreneur.com, inkubator bisnis adalah sebuah program atau organisasi yang dirancang untuk mempercepat pertumbuhan dan keberhasilan perusahaan wirausaha melalui serangkaian sumber daya dan layanan pendukung bisnis yang dapat mencakup ruang fisik, modal, pembinaan, layanan umum, dan koneksi jaringan.

Program inkubasi bisnis sering kali disponsori oleh perusahaan swasta atau entitas kota dan lembaga publik, seperti perguruan tinggi dan universitas. Tujuan mereka adalah membantu menciptakan dan menumbuhkan bisnis dengan memberi mereka dukungan yang diperlukan serta layanan keuangan dan teknis. Ada sekitar 900 inkubator bisnis di seluruh negeri.

Inkubator bisnis memberikan banyak manfaat bagi pemilik bisnis pemula. Staf di dalamnya biasa memberikan saran dan keahlian yang sangat dibutuhkan dalam mengembangkan rencana bisnis dan pemasaran serta membantu mendanai bisnis yang masih baru.

Mengutip dari Glints, ada beberapa keuntungan dari menggunakan program inkubator. Pertama adalah kamu kemungkinan besar akan mendapatkan tempat kerja awal yang bisa kamu gunakan selama menjalankan bisnis.

Hal ini bisa sangat membantumu dalam menghemat biaya awal. Selain itu, kamu juga tidak perlu susah-susah mencari akses ke hal-hal penting yang bisa mempercepat berkembangnya bisnismu. Inkubator bisnis akan membantu mencarikan semua yang kamu butuhkan dalam membangun sebuah bisnis.

Selama dibimbing, kamu bisa dengan mudah belajar dan berdiskusi pada orang-orang yang berpengalaman. Sehingga menghindari kesalahan dalam merintis sebuah usaha. Tentu saja, dengan inkubator bisnis, juga bisa dengan lebih mudah mendapatkan investor yang tepat. Selama mengikuti program ini, perkembanganmu di tahun-tahun pertama juga akan dipantau apakah berjalan ke arah yang benar.

inbis

STMIK STIKOM Indonesia (STIKI) yang merupakan kampus IT di Bali memiliki Inkubator Bisnis yang berdiri pada tahun 2016. Memiliki visi menjadi inkubator bisnis yang mampu menghasilkan entrepreneur yang tangguh, mandiri, penuh determinasi guna meningkatkan pertumbuhan ekonomi di kawasan Indonesia Timur.

Sebagai kampus swasta di Bali, STIKI Indonesia yang juga merupakan technopreneur campus di Bali ini juga memiliki visi untuk menjadi lembaga yang mewadahi ide bisnis serta sumber daya manusia yang profesional.

Mewujudkan inkubator bisnis sebagai lembaga pendamping tenant yang terdepan dan bertanggungjawab melalui penerapan ilmu pengetahuan teknologi dan seni. Misi lainnya adalah Mewujudkan Inkubator Bisnis STIKI Indonesia yang handal dan terpercaya dalam meningkatkan kinerja tenant untuk meraih potensi pasar yang lebih luas.

Salah satu tenant Inbis STIKI Indonesia pada tahun 2019 berhasil memenangkan hibah Perusahaan Pemula Berbasis Teknologi ( PPBT) yang difasilitasi oleh Kemenristek/BRIN.

Pada program yang bertujuan untuk membangun iklim yang kondusif  serta tumbuh dan berkembangnya perusahaan rintisan berbasis teknologi, dan mendukung komersialisasi hasil litbang di Indonesia ini Inbis STIKI Indonesia berhasil memperoleh hibah sebesar Rp. 407.048.000 dengan jenis PPBT yang bergerak dibidang produk dan jasa Print 3 Dimensi (3D Printing).

Bali 3D 3 in 1 sebuah startup yang dibangun oleh tenant Inbis STIKI Indonesia dengan founder Putu Ary Widyandatara, Co-founder Dewa Putu Rama Prabawa, Inventor Edy Toha serta I Made Widyasmara sebagai Pendamping. Bali 3D 3 in 1 khusus bergerak di bidang produk dan jasa berupa printer 3D serta layanan jasa print 3D seperti pembuatan atau cetak casing HP, figur dan lainnya.

Ayo tunggu apalagi jangan ragu untuk menjadi bagian dari Inbis STIKI Indonesia yang merupakan kampus swasta di Bali ini. Seperti Founder Linkedin Reid Hoffman yang berkata “Cara tercepat mengubah dirimu adalah dengan BERKUMPUL dengan orang-orang yang dirimu ingin menjadi seperti mereka”.

STIKI Indonesia merupakan kampus IT terpopuler di Bali sekaligus technopreneur campus di Bali yang siap membantumu merangkit masa depan. Sebagai kampus IT, STIKI Indonesia akan memberikan fleksibilitas bagi kamu yang ingin berkarier di dunia kerja dan tidak perlu takut tidak bisa membagi waktu. Cerita mahasiswa yang merasa diberikan fleksibilitas untuk kuliah sambil bekerja bisa dicek di link berikut: STIKI permudah mahasiswa kuliah sambil bekerja.

Sebagai kampus swasta di Bali, STIKI Indonesia yang merupakan kampus IT ini juga memiliki kurikulum yang berbasiskan budaya khususnya budaya Bali. Maka, kamu yang berniat untuk kuliah di Bali akan bisa sekaligus belajar tentang budaya Bali. Nah, selain bisa belajar tentang budaya Bali kamu juga bisa mendapatkan keuntungan lain apabila memutuskan kuliah di Bali. Sederet keuntungan yang bisa kamu dapat apabila memutuskan kuliah di Bali bisa kamu cek di link berikut ini: Kuliah di Bali.