Bantu UMKM Kota Denpasar di Tengah Pandemi, Dosen STIKI Indonesia Latih Strategi Pembukuan

junk-pakdana

Pada masa pandemi Covid-19, Tim Dosen STIKI Indonesia melaksanakan pengabdian masyarakat yang dimotori Dosen Bapak Gede Dana Pramitha, S.E.,M.M.; Ibu Wayan Eny Mariani, S.M.B., M.Si.; dan Ni Putu Ayu Siska Wulantari, S.E.,M.Si. menyelenggarakan pelatihan pembukuan sederhana Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) untuk binaan Rumah Kreatif Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Kota Denpasar. Kegiatan dilakukan secara daring melalui aplikasi Zoom Meeting dan praktik langsung pembuatan laporan keuangan yang sederhana. Kegiatan dilaksanakan pada tanggal 1 Juli 2020 dan 15 Juli 2020 yang dikemas dalam skema STIKI Aksi Peduli 2020 yang didanai oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) STIKI INDONESIA.

Adapun maksud dan tujuan pelatihan ini adalah untuk membantu UMKM dalam menyusun laporan keuangan usaha jasa, dagang, dan industri berupa arus kas, laba rugi dan neraca. Dengan dibuatnya laporan, diharapkan para pelaku UMKM dapat memantau perkembangan usahanya dari bulan ke bulan.

Peserta UMKM yang terlibat dalam kegiatan ini sebanyak 21 UMKM yang tersebar di Kota Denpasar. Peserta cukup antusias mengikuti acara tersebut karena dengan pemberian materi dan pelatihan yang diberikan oleh tim sangat bermanfaat sebagai alat kontrol perkembangan usaha mereka selanjutnya. Mereka sangat berharap ada materi-materi pembinaan usaha yang diberikan oleh STIKI Indonesia sebagai program yang berkelanjutan. Acara dilaksanakan dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan. Peserta dalam jumlah yang dibatasi duduk berjarak, mengenakan masker selama kegiatan berlangsung, mencuci tangan sebelum memasuki lab komputer, dan dilakukan pula pengecekan suhu tubuh menggunakan thermo gun oleh bagian security STIKI Indonesia.