Elegan dan Estetis Inilah Perpustakaan STIKI Indonesia Jaman Now

Salah satu sudut Perpustakaan STIKI Indonesia yang Elegan dan Estetis

Denpasar – Tahun ini, perpustakaan STIKI Indonesia mempunyai wajah baru. Dari yang sebelumnya hanya memiliki satu meja besar dan beberapa kursi didalamnya, kini sudah ada beberapa meja yang bisa digunakan untuk membaca buku serta luas bangunan yang bertambah.

Tempat yang identik dengan buku ini nyatanya bisa mengubah nasib seseorang menjadi lebih sukses. Sesungguhnya perpustakaan memainkan peranan penting bagi suksesnya para mahasiswa, perpustakaan merupakan jembatan menuju penguasaan ilmu pengetahuan, dapat memberikan kontribusi penting bagi terbukanya akses informasi, serta menyediakan data yang akurat bagi proses pengambilan sumber-sumber refrensi bagi pengembangan ilmu pengetahuan.

Oleh karena itu, kini kampus STMIK STIKOM Indonesia menyulap sebuah perpustakaan dengan cara mendesign ruangan perpustakaan sedemikian rupa dan menambah fasilitas tempat duduk supaya mahasiswa tetap merasa nyaman saat membaca ataupun dalam melakukan diskusi dan bisa merasa betah berada diperpustakaan.

Made Aji Andreana salah satu pegawai perpustakaan dalam bidang pengelolaan mengatakan bahwa dengan adanya penambahan tempat duduk dalam perpustakaan ini membuat perpustakaan menjadi luas dan tidak ada lagi mahasiswa yang harus berdiri saat membaca buku karena keterbatasan tempat duduk seperti perpustakaan yang dulu.

“Penambahan tempat duduk diperpustakaan mempunyai dampak positif dan negatifnya, tetapi kembali lagi itu adalah kesadaran kita untuk memanfaatkan fasilitas kampus sesuai dengan kegunaanya. Dampak positif yang saya liat yaitu perpustakaan menjadi lebih luas dan nyaman, sedangkan negatifnya penyalahgunaan fungsi perpustakaan secara umum yaitu membaca dan mencari informasi malah dijadikan tempat untuk bersantai dan mengobrol-ngobrol bahkan untuk bermain game,” ujar Utari salah satu mahasiswi STIKI.

Penataan buku diperpustakaan STIKI Indonesia ditata rapi menggunakan defisi, sehingga buku-buku yang ingin dicari para mahasiswa mudah ditemukan karena telah diurutkan dengan baik. Selain itu untuk mencerminkan STIKI Indonesia sebagai kampus teknologi informasi yang selalu mengikuti perubahan jaman, sistem peminjaman buku menggunakan aplikasi yang disebut Library Management System (SLIMS). SLIMS merupakan perangkat lunak sistem manajemen perpustakaan sumber terbuka yang dilisensikan di bawah GPL v3. Aplikasi SLIMS ini memiliki fitur yang lengkap dan tampilan yang bagus sehingga membantu mahasiswa dalam peminjaman buku yang diinginkan.

Harapan kedepannya yaitu menjadikan perpustakaan yang sekarang menjadi perpustakaan digital. Dimana perpustakaan digital ini adalah perpustakaan yang mempunyai koleksi buku yang sebagian besar dalam bentuk format digital dan dapat diakses dengan komputer dengan cepat dan mudah. Namun, membangun perpustakaan digital bukan suatu pekerjaan yang mudah. Perencanaan dan studi kelayakan secara teknis, ekonomis, dan social harus dilakukan. Apabila berhasil membangun perpustakaan digital secara baik, citra perpustakaan akan semakin meningkat. Ketika tingkat kepercayaan dari pihak yang berkepentingan terhadap perpustakaan sudah tinggi, maka apapun program yang diusulkan kepada pihak universitas/akademi akan mudah disetujui.

Penulis : Ni Kadek Dwi Anggreni, Patrisius Gole (STIKIZen.id)