Mata Kuliah

Berikut adalah daftar mata kuliah yang dipelajari mahasiswa setiap semesternya. Setiap jurusan memiliki daftar mata kuliah yang berbeda. Secara umum mata kuliah di STIKI terdiri dari mata kuliah wajib, mata kuliah peminatan, dan mata kuliah pilihan

Mata kuliah wajib adalah mata kuliah yang harus ditempuh oleh mahasiswa di seluruh jurusan. Mata kuliah peminatan dengan tanda MKP adalah mata kuliah khusus program studi Teknik Informatika, yang berbeda pada setiap jurusan (DGM, MTI, atau KAB).

Pada beberapa mata kuliah, mahasiswa harus menempuh mata kuliah tertentu pada semester sebelumnya. Ini disebut Mata Kuliah Prasyarat Contohnya, mahasiswa harus menyelesaikan mata kuliah Bahasa Inggris I pada semester 1 agar dapat mengikuti Bahasa Inggris II pada semester 2.

Mahasiswa diberikan kebebasan untuk mengambil mata kuliah pilihan. Tetapi untuk mencapai syarat kelulusan, mahasiswa setidaknya menempuh 3 mata kuliah dengan tanda Pilihan

Teknik Informatika

Manajemen Teknologi Informasi

Syarat kelulusan adalah menempuh 120 SKS Mata Kuliah Wajib, 15 SKS Mata Kuliah Peminatan MKP, dan 9 SKS Mata Kuliah Pilihan, maka totalnya 144 SKS

Klik semester dibawah untuk melihat detail mata kuliah yang ditawarkan

Kalkulus I

3 SKS Teori

Mata kuliah ini dimaksudkan untuk memberi kemampuan pada mahasiswa tentang konsep-konsep matematika mengenai : limit fungsi, kekontinuan turunan, fungsi transenden, integral tentu dan tak tentu, definisi, sifat-sifat dan teorema terkait beserta aplikasinya serta mampu menerapkannya dalam penyelesaian soal.

Agama

2 SKS Teori

Mata kuliah Agama dirancang untuk mempelajari Agama guna terbinanya mahasiswa yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berbudi pekerti luhur, berfikir filosofis, bersikap rasional dan berpandangan luas dalam kehidupan beragama.

Pancasila dan Kewarganegaraan

2 SKS Teori

Kompetensi umum mata kuliah Pancasila dan Kewarganegaraan adalah menjadi ilmuwan dan profesional yang memiliki rasa kebangsaan dan cinta tanah air; demokratis yang berkeadaban; menjadi warga negara yang memiliki daya saing, berdisiplin, dan berpartisipasi aktif dalam membangun kehidupan yang damai berdasarkan nilai Pancasila.

Algoritma dan Pemrograman

3 SKS Teori

Matakuliah ini memberikan kemampuan untuk memahami logika berpikir komputer, memahami prinsip kerja program, memahami alasan-alasan komputer dapat mengerjakan perintah-perintah yang diberikan, dan mampu menggambarkan logika jalannya program secara tertulis dengan algoritma(pseudo code) dan dilengkapi dengan diagram alir (flow chart) menggunakan suatu bahasa pemrograman tertentu.

Praktikum Algoritma dan Pemrograman

1 SKS Praktikum

Matakuliah Ini Membahas Jenis-Jenis Data dan Variabel, Operator Logika, Ekspresi Runtutan, Teknik Runtutan, Teknik Percabangan, Teknik Pengulangan, Prosedur, Fungsi, Array, Record. Setelah menyelesaikan kuliah ini, mahasiswa dapat memahami konsep-konsep dasar algoritma dan pemrograman dan dapat menerapkannya dalam bahasa pemrograman.

Arsitekur dan Organisasi Komputer

3 SKS Teori

Melalui mata kuliah Arsitektur dan Organisasi Komputer, mahasiswa diharapkan dapat mengetahui dan memahami evolusi dan kinerja komputer, struktur interkoneksi komponen komputer (sistem bus), memori cache, internal dan eksternal memori, modul I/O dan CPU sebagai bagian komponen komputer, Operating System Support, Computer Arithmetic, memahami lebih dalam mengenai set intruksi seperti fungsi, karakteristik, format dan teknik pengalamatannya.

Bahasa Inggris I

2 SKS Teori

Mata kuliah ini melatih keterampilan mahasiswa dalam memahami teks bahasa Inggris yang meliputi pengetahuan tentang tenses, vocabularies dan comprehensiona baik dalam kalimat positif, negatif maupun kalimat tanya.

Akuntansi

2 SKS Teori

Mata kuliah ini memberikan pemahaman dan pengetahuan tentang dasar akuntansi keuangan, persamaan akuntansi, teknik pemrosesan data akuntansi yang meliputi jurnal, buku besar, worksheet serta dasar penyusunan laporan keuangan baik untuk perusahaan jasa, dagang, maupun manufaktur. Setelah menyelesaikan mata kuliah ini mahasiswa diharapkan memiliki pemahaman dan pengetahuan tentang dasar akuntansi keuangan, sehingga dapat menyusun laporan keuangan perusahaan dagang, jasa, dan manufaktur.

Logika Informatika

3 SKS Teori

Dalam pembuatan suatu program untuk menyelesaikan permasalahan tertentu dibutuhkan suatu logika informatika agar program dapat dibuat dengan model terstruktur dan dapat digunakan menyelesaikan permasalahan yang ada. Mata kuliah ini mempelajari tentang dasar-dasar logika, tabel kebenaran, proposisi majemuk, tautologi, ekuivalensi logis, penyederhanaan, strategi pembalikan dan bentuk normal.

Kalkulus II

3 SKS Teori

Mata Kuliah Prasyarat
Kalkulus I

Mata kuliah ini dimaksudkan untuk memberi kemampuan pada mahasiswa tentang konsep–konsep matematika mengenai : teknik integrasi, penggunaan integral, bentuk tak tentu dan integral tak wajar, barisan dan deret, permukaan ruang dan fungsi skalar. Sebagai latar belakang untuk mengajarkan matematika di sekolah dan sebagai dasar pengembangan untuk matakuliah selanjutnya.

Sistem Basis Data

3 SKS Teori

Matakuliah Ini Membahas Pengantar Basis Data, Data dan Informasi, Hirarki dan Abstraksi Data, Normalisasi, Model Data, Basis Data Relasional, Pengenalan Model Entitiy Relationship (E-R), Model Entity Relationship (E-R) lanjut, Database Management System. Setelah menyelesaikan kuliah ini, mahasiswa dapat memahami dasar pembangunan suatu basis data.

Sistem Operasi

3 SKS Teori

Mata Kuliah Prasyarat
Arsitektur dan Organisasi Komputer

Matakuliah Ini Membahas Sekilas Sistem Komputer, Pengantar Sistem Operasi, Proses, Penjadwalan proses, Penjadwalan proses lanjutan, Kongkurensi, Mutual exclusion, Pengenalan Sistem Operasi yang banyak digunakan, Sistem Operasi Windows, Troubleshoot Sistem Operasi Windows, Linux. Setelah menyelesaikan kuliah ini, mahasiswa dapat memahami konsep sistem operasi serta dapat mengetahui perkembangan sistem operasi saat ini.

Bahasa Inggris II

2 SKS Teori

Mata Kuliah Prasyarat
Bahasa Inggris I

Matakuliah ini membahas mengenai introductory in practice, english listening, expressive english, communicative skill, passive voice, personal descriptions, object descriptions, customs and traditions, composing ideas, business corrospondence, modal verbs, around the world, family Life, dan Bob descriptions. Setelah menyelesaikan kuliah ini, mahasiswa dapat menggunakan bahasa inggris dengan baik serta dapat memanfaatkannya dengan baik pada mata kuliah yang lain.

Praktikum Algoritma dan Pemrograman

1 SKS Praktikum

Deskripsi singkat mata kuliah

Pengantar Teknologi Informasi

2 SKS Teori

Kuliah ini membahas pengenalan mengenai teknologi informasi mulai dari: teknologi dan informasi, perkembangan komputer, sistem komputer, perangkat keras komputer, perangkat lunak komputer, penyimpanan data, Central Processing Unit (CPU) dan memori, sistem bilangan dan format data, jaringan komputer, internet, pengenalan basis data, keamanan komputer dan etika komputer. Mahasiswa dapat mengetahui dan memahami hal-hal yang berkaitan dengan teknologi informasi.

Matematika Diskrit

3 SKS Teori

Matakuliah Ini Membahas Logika, Himpunan, Matrik, Relasi, Fungsi, Aljabar Boole, Graph, Pohon, Algoritma Pemrograman. Setelah menyelesaikan kuliah ini, mahasiswa dapat dasar-dasar logika serta himpunan yang merupakan dasar dari pemrograman.

Struktur Data

3 SKS Teori

Mata Kuliah Prasyarat
Algoritma dan Pemrograman

Matakuliah Ini Membahas Jenis-jenis Data, Array , Record, Stack, Queue, Pointer dan Function, Linked List, Tree, Graph, Sorting , Searching, Review Seluruh Materi. Setelah menyelesaikan kuliah ini, mahasiswa dapat memahami konsep struktur data dan penerapannya dalam program.

Praktikum Pemrograman I

1 SKS Praktikum

Mata Kuliah Prasyarat
Praktikum Algoritma dan Pemrograman

Matakuliah Ini Membahas Pendahuluan, Pengenalan Ide Visual Basic .Net, Gui, Menu, Pengenalan Terhadap Pemrograman Visual Basic.Net, Struktur Kontrol Bagian 1, Struktur Kontrol Bagian 2, Procedure Bagian 1, Procedure Bagian 2, Array. Setelah menyelesaikan kuliah ini, mahasiswa dapat memahami konsep-konsep dasar pemrograman dan dapat menerapkannya dalam bahasa pemrograman.

Bahasa Basis Data

2 SKS Teori

Mata Kuliah Prasyarat
Sistem Basis Data

Matakuliah Ini Membahas Pengantar basis data dan perintah dasar bahasa basis data (SQL ), Pengurutan (sorting) data, Fungsi-fungsi SQL, Fungsi-fungsi SQL lanjut dan pengambilan data dari multiple tabel, Fungsi Aggregate, Pembuatan dan pemeliharaan tabel, Manipulasi data, T-SQL Lanjut. Setelah menyelesaikan kuliah ini, mahasiswa dapat memahami konsep-konsep dasar basis data.

Praktikum Bahasa Basis Data

1 SKS Praktikum

Mata Kuliah Prasyarat
Sistem Basis Data

Matakuliah ini membahas pembuatan dan pemeliharaan tabel, manipulasi data, fungsi-fungsi SQL, pengurutan (sorting) data, pengambilan data dari multiple table, Fungsi Aggregate, Subqueries dan Set Operations, Views dan pengantar T-SQL, T-SQL Lanjut. Setelah menyelesaikan kuliah ini, mahasiswa dapat memahami dasar-dasar basis data serta penerapannya dalam bahasa pemrograman.

Komunikasi Data

3 SKS Teori

Matakuliah Ini Membahas Model Komunikasi, Transmisi Data, Transmisi Data (Lanjutan), Pengkodean Data / Data Encoding, Data Encoding (Lanjutan), Teknik Komunikasi Data Digital, Data Link Control, Data Link Control (Lanjutan), Multiplexing, Multiplexing (Lanjutan). Setelah menyelesaikan kuliah ini, mahasiswa dapat memahami konsep struktur data dan penerapannya dalam program.

Manajemen dan Organisasi

2 SKS Teori

Matakuliah Ini Membahas Gambaran Umum Manajemen, Gambaran Umum Organisasi, Fungsi Manajemen, Proses pengambilan keputusan, Wewenang, Delegasi dan Desentralisasi serta Kepemimpinan, Motivasi dan komunikasi dalam organisasi , Pengenalan proses bisnis dalam domain Teknologi Informasi (TI), Komponen-komponen proses bisnis, Model analisa terstruktur dan analisa berorientasi objek, Document flow diagram, Tugas, presentasi dan diskusi (document flow diagram), System flow diagram, Tugas, presentasi dan diskusi (system flow diagram). Setelah menyelesaikan kuliah ini, mahasiswa dapat memahami prinsip dasar manajemen dan organisasi serta dapat memahami proses bisnis suatu sistem dalam domain teknologi informasi.

Object Oriented Programming

2 SKS Teori

Mata Kuliah Prasyarat
Praktikum Algoritma dan Pemrograman

Matakuliah Ini Membahas Pengenalan Java, Pengenalan Java disertai First Simple Program (lanjutan 1) , Array, Class dan Objek, Objek dan Class (Lanjutan), Encapsulation dan Pewarisan (Inheretance), Polymorphism, Exception handling, Java GUI dan Koneksi ke database. Setelah menyelesaikan kuliah ini, mahasiswa dapat memahami prinsip dasar manajemen dan organisasi serta dapat memahami proses bisnis suatu sistem dalam domain teknologi informasi.

Statistika

3 SKS Teori

Mata Kuliah Prasyarat
Kalkulus I

Matakuliah Ini Membahas Pendahuluan Pengantar Statistik Distribusi Frekuensi, Ukuran Distribusi, Distribusi Variabel Acak, Hipotesis, Regresi Sederhana, Pengenalan SPSS dan statistik dalam penelitian, Uji Parametrik dan dengan SPSS, Uji Non Parametrik dengan SPSS, Uji Regresi Sederhana dengan SPSS, Uji Regresi Berganda dengan SPSS. Setelah menyelesaikan kuliah ini, mahasiswa dapat memahami konsep dasar statistika serta penerapannya dengan menggunakan SPSS.

Interpersonal Skill

2 SKS Teori

Matakuliah Ini Membahas Individu Manusia dan Ego, Memandang orang lain lebih penting, Mengendalikan diri dan orang lain, Teknik dasar dalam menghadapi orang, Menjadi pribadi yang menarik(1), Menjadi pribadi yang menarik(2), Mendengarkan dengan baik. , Membuat orang sependapat, Cara menarik kawan pada cara berfikir kita (1), Cara menarik kawan pada cara berfikir kita. (2), Pujian, Cara mengubah orang tanpa menimbulkan perlawanan atau sakit hati, Mengkritik orang lain tanpa menyakiti. Setelah menyelesaikan kuliah ini, mahasiswa dapat memahami dasar-dasar peningkatan kualitas diri dan teknik sosialisasi terhadap lingkungan sekitar.

Gambar Teknik

2 SKS Teori

Mata kuliah ini mencakup pemahaman dasar tentang penciptaan bentuk dua dimensional dan kombinasi penyajiannya dalam bentuk digital. Selain itu mata kuliah ini juga mencakup pembelajaran tentang simbol-simbol flowchart, entity relationship, object model, data flow diagram. Setelah menyelesaikan kuliah ini, mahasiswa diharapkan dapat memahami cara-cara penciptaan bentuk dua dimensional dan kombinasi penyajiannya dalam bentuk digital. Selain itu mahasiswa juga dapat memahami simbol-simbol apa saja yang digunakan dalam beberapa bentuk pemodelan alur dan data dalam dunia IT, mampu membaca diagram alur dalam bentuk flowchart dan entity relationship dan mampu menggambarkannya menggunakan software MS Viso. Beberapa bentuk pemodelan lainnya, seperti object model dan data flow diagramjuga dikenalkan pada mata kuliah ini, dan mahasiswa diharapkan mampu membaca alur yang digambarkan dari object-object tersebut.

Sistem Informasi Akuntansi

3 SKS Teori

Mata Kuliah Prasyarat
Akuntansi

Matakuliah Ini Membahas Pengenalan Sistem Informasi Akuntansi, Sistem Informasi Akuntansi,Teknologi Informasi dan Jaringan Komputer, Manajemen Data & Pemrosesan Data Berbasis Komputer, Pemrosesan Data Berbasis Komputer, Aplikasi SIA di Perusahaan, Mengenal Program Myob Accounting, Myob Perusahaan Jasa, Myob Perusahaan Dagang. Setelah menyelesaikan kuliah ini, mahasiswa dapat memahami konsep sistem informasi akuntansi serta penerapannya pada perusahaan dagang atau jasa.

Praktikum Pengenalan Citra I

1 SKS Praktikum

Mata Kuliah Prasyarat
Pengantar Teknologi Informasi

Matakuliah Ini Membahas Membuat dan memodifikasi obyek dasar, Teknik dasar pengelolaan grafik vector 1, Teknik dasar pengelolaan grafik vector 2 & Membuat obyek dengan teknik transformasi, Membuat obyek dengan teknik transformasi & Membuat obyek aplikatif dengan tools yang telah dipelajari, Membuat efek pada obyek(1), Membuat efek pada obyek(2), Teknik lanjutan pengelolaan grafik vector, Pemahaman dan pengertian dasar – dasar Adobe Photoshop, (Teknik dasar pengelolaan gambar bitmap & Image pada Adobe Photoshop dalam pengelolaan fle foto dan gambar), Teknik dasar pengelolaan gambar bitmap dengan selection tools, Tehnik lanjutan pengelolaan gambar bitmap, Pengolahan animasi sederhana. Setelah menyelesaikan kuliah ini, mahasiswa dapat memahami konsep-konsep dasar citra serta dapat menerapkannya dengan menggunakan adobe photoshop.

Metode Numerik

2 SKS Teori

Matakuliah Ini Membahas Pengantar Metoda Numerik, Penyelesaian persamaan non linier (1), Penyelesaian persamaan non linier (2), Penyelesaian persamaan non linier (3), Sistem Persamaan Linier (1), Sistem Persamaan Linier (2), Interpolasi (1), Interpolasi (2), Integrasi Numerik. Setelah menyelesaikan kuliah ini, mahasiswa dapat memodelkan suatu permasalahan kedalam pemodelan matematika sederhana dan menyelesaikannya dengan menggunakan Metode Numerik.

Aljabar Linier

2 SKS Teori

Mata Kuliah Prasyarat
Kalkulus II

Mata kuliah ini meliputi sistem bersamaan linear dan matriks, determinan, ruangan vektor, ruang hasil kali dalam, nilai eigen dan vektor eigen, transformasi linier dan ruang vektor kompleks. Mahasiswa mampu menguasai dan memahami konsepsi dasar aljabar linier yang terdiri dari pokok bahasan ruang vektor, matriks, determinan, persamaan linier. Akhirnya mahasiswa diharapkan mampu menerapkan konsep dasar aljabar linier tersebut pada bidang komputasi dan komputer.

Bahasa Indonesia

2 SKS Teori

Matakuliah Ini Membahas Pendahuluan, Ragam Bahasa, Penerapan EYD, Diksi, Kalimat Efektif, Paragraf / Alinea, Kerangka Karangan, Kutipan dan Daftar Pustaka, Karya Tulis, Mengkaji Karya Tulis. Setelah menyelesaikan kuliah ini, mahasiswa dapat memahami teknik-teknik dasar menggambar teknik.

Sistem Informasi Manajemen

3 SKS Teori

Mata Kuliah Prasyarat
Manajemen dan Organisasi

Dalam mata kuliah ini dibahas berbagai konsep sistem informasi sebagai penunjang dalam pemecahan masalah dan pengambilan keputusan. Dengan mempelajari mata kuliah ini, mahasiswa dapat menganalisis kebutuhan informasi suatu organisasi dan mendesain input-output subsistem yang diperlukan.

Analisa dan Desain Sistem Informasi

3 SKS Teori

Mata Kuliah Prasyarat
Manajemen dan Organisasi

Mata kuliah Ini Membahas Pengertian Sistem dan Analisis Sistem, Analisis Sistem, Identifikasi masalah, Perancangan Sistem Secara Umum, Analisis Sistem, Pendekatan Perancangan Terstruktur, Perancangan tahap Statement Of Purpose dan Event List, Diagram Alir, Praktek pembuatan Diagram Konteks dan Data Flow Diagram , Perancangan Sistem Terinci Database, Praktek Kamus data, Normalisasi, Entity Relationship Diagram(ERD). Setelah menyelesaikan kuliah ini, mahasiswa dapat memahami konsep dasar dalam analisa sistem serta penerapannya dalam proses perancangan basis data.

Data Integration

3 SKS Teori

Mata Kuliah Prasyarat
Bahasa Basis Data

Sistem integrasi data bertujuan untuk mengharmonisasikan data dari sejumlah sumber ke dalam bentuk yang koheren. Integrasi data melibatkan penggabungan data yang berasal dari sumber yang berbeda dan menyediakan bagi pengguna kedalam bentuk terintegrasi dalam mengelola data ini. Proses ini menjadi penting dalam berbagai situasi misalnya komersial (ketika dua perusahaan sejenis perlu untuk menggabungkan basis data mereka) dan ilmiah (menggabungkan hasil penelitian dari repositori bioinformatika berbeda). Integrasi data muncul dalam frekuensi yang meningkat sebagai volume dan kebutuhan untuk berbagi data dalam jumlah besar.

Jaringan Komputer

2 SKS Teori

Mata Kuliah Prasyarat
Komunikasi Data

Matakuliah Ini Membahas Konsep Dasar Jaringan, Struktur jaringan, Arsitektur Jaringan dan klasifikasi jaringan Komputer, Media Transmisi Jaringan Komputer, Internetworking, Model Referensi OSI (1), Model Referensi OSI (2), Jaringan Ethernet (1), Jaringan Ethernet (2), Internet Protocol, Protocol pada TCP/IP, Pengalamatan IP, Subnetting, DNS, E-Commerce. Setelah menyelesaikan kuliah ini, mahasiswa dapat memahami konsep dasar jaringan komputer serta teknik pengalamatan jaringan komputer.

Praktikum Object Oriented Programming

1 SKS Praktikum

Mata Kuliah Prasyarat
Object Oriented Programming

Matakuliah praktikum ini membahas Pengenalan Java, Pengenalan Java disertai First Simple Program (lanjutan 1) , Array, Class dan Objek, Objek dan Class (Lanjutan), Encapsulation dan Pewarisan (Inheretance), Polymorphism, Exception handling, Java GUI dan Koneksi ke database.

Praktikum Pemrograman II

2 SKS Teori

Mata Kuliah Prasyarat
Praktikum Pemrograman I
Praktikum Bahasa Basis Data

Matakuliah Ini Membahas Pemrograman Database dan Manipulasi, Penggunaan Objek ADO.NET, Menu dan Crystal Report, Project Akhir, Package Execute Program, Presentasi Project Akhir. Setelah menyelesaikan kuliah ini, mahasiswa dapat memahami konsep basis data serta mampu menerapkannya dengan bahasa pemrograman dengan tepat.

Komputer Masyarakat

2 SKS Teori

Matakuliah Ini Membahas Pendahuluan, Perkembangan Teknologi Internet, Perangkat Keras dan Fungsinya, Digital Literacy dan Information Literacy , E-commerce dan E-business, Publikasi Elektronik , Intellectual Property, Kejahatan Komputer dan sistem Keamanan Data, Komputer dan hukum, Masyarakat dan informasi, Komputer dan pemerintah, Etika dan tanggung jawab profesi, Review materi persiapan UAS dan memuat makalah tentang komputer masyarakat. Setelah menyelesaikan kuliah ini, mahasiswa dapat mengetahui perkembangan teknologi informasi yang berkembang saat ini di lingkungan masyarakat.

Operation Research

3 SKS Teori

Perkuliahan membahas Pendekatan Ilmu (science) dan Seni (art), Milestone perkembangan dan peran strategis Riset Operasional dalam aktifitas Management Science, Topik-topik utama dalam Riset Operasional, dan Riset Operasional dan teknologi informasi, Program Linier (linear programming), Metode Simpleks (simplex method), Metode Transportasi (transportation method),Model Jaringan (Network Model). Setelah menyelesaikan kuliah ini, mahasiswa diharapkan mempunyai kompetensi untuk memecahkan persoalan-persoalan yang berkaitan dengan pengambilan keputusan di dalam perusahaan.

Software Engineering

3 SKS Teori

Mata Kuliah Prasyarat
Analisa dan Desain Sistem Informasi

Matakuliah Ini Membahas Pengantar Rekayasa Perangkat Lunak, Software Crisis, Metodologi Rekayasa Perangkat Lunak, Manajemen Proyek Perangkat Lunak, Konsep dan Prinsip Analisis, Teknik Pengujian Perangkat Lunak, Strategi Pengujian Perangkat Lunak, Pemeliharaan Perangkat Lunak. Setelah menyelesaikan kuliah ini, mahasiswa dapat memahami dasar-dasar pembangunan perangkat lunak serta strategi pengujian dan pemeliharaanya.

Web Programming

2 SKS Teori

Mata Kuliah Prasyarat
Algoritma dan Pemrograman

Matakuliah ini membahas mengenai konsep pemrograman web statis dengan HTML, konsep pemrograman web dinamis dengan PHP yang disertai dengan pernyataan kondisi, pernyataan perulangan, form, array, fungsi, operasi string dan tanggal, file dan direktori, session dan cookies dan konsep pemrograman berorientasi objek pada PHP, database MySQL serta user interface web dengan CSS. Setelah menyelesaikan kuliah ini, mahasiswa diharapkan memiliki kemampuan dalam pemrograman web statis maupun dinamis dengan menggunakan HTML, PHP, MySQL dan CSS.

Praktikum Jaringan Komputer

1 SKS Praktikum

Mata Kuliah Prasyarat
Jaringan Komputer

Perkuliahan ini membahas tentang pengaplikasian serta pengkoneksian media transmisi Guided dan Unguided media, mengkonfigurasikan jaringan komputer menggunakan network command berbasis command prompt dan GUI, mengkonfigurasikan IP dan sub neting yang dipergunakan dalam jaringan komputer, mengkonfigurasikan NAT serta setting untuk pengaturan koneksi internet dalam jaringan komputer dan router. Setelah menyelesaikan kuliah ini, Mahasiswa diharapkan mampu mengaplikasikan media transmisi jaringan komputer serta melakukan konfigurasi perangkat yang digunakan dalam membangun jaringan komputer.

Mobile Programming

3 SKS Teori

Mata Kuliah Prasyarat
Praktikum Object Oriented Programming

Matakuliah ini mengajarkan tentang dasar dan konsep-konsep pemrograman perangkat bergerak (mobile) seperti: konsep sistem operasi perangkat bergerak, bundled database dan client server, XML dan parsing XML, Penggunaan ADT, dan pemrograman native dan pengembangannya seperti: Pembuatan GUI, Hardware Interface, Networking, dan Penyimpanan Data. Setelah menyelesaikan kuliah ini, mahasiswa diharapkan dapat menguasai konsep pemrograman berbasis mobile dan minimal mampu menghasilkan sebuah aplikasi berbasis mobile.

Praktikum Pengenalan Citra II

1 SKS Praktikum

Mata Kuliah Prasyarat
Praktikum Pengenalan Citra I

Perkuliahan ini membahas tentang mengenal berbagai Tools dan fasilitas pada ArcView, mempraktekkan Digitasi pada sebuah Peta dasar dengan ArcView, mempraktekkan penggunaan Tabel dan Grafik pada ArcView, mempraktekkan penggunaan dan penyajian Layout Peta pada ArcView, mempraktekkan penggunaan dan penyajian Hot Link pada ArcView, mempraktekkan fungsi – fungsi dan analisa kebumian menggunakan proses Geoprocessing, mempraktekkan fungsi dan analisa pemetaan menggunakan Google Earth, mempraktekkan fungsi dan analisa pemetaan menggunakan Google Maps sertatugas Proyek Pemetaan. Setelah menyelesaikan kuliah ini, Mahasiswa diharapkan mampu mengaplikasikan pengetahuan tentang Sistem Informasi Geografis kedalam sebuah proyek pemetaan.

Decision Support System

3 SKS Teori MKP

Mata Kuliah Prasyarat
Data Integration

Matakuliah ini memberikan pemahaman tentang kebutuhan informasi bagi suatu perusahaan dan dasar pengambilan keputusan, menentukan masalah pengambilan keputusan dan proses bagaimana keputusan diambil. Selain itu mahasiswa diharapkan memahami pentingnya informasi bagi pengambilan keputusan, mendesain dan membuat perangkat lunak pengambilan keputusan untuk suatu kasus tertentu dan mengetahui metode yang digunakan untuk mengambil keputusan secara berkelompok untuk kelangsungan perusahaan. Setelah menyelesaikan kuliah ini, mahasiswa diharapkan dapat memahami dan menguasai model serta metode perancangan untuk pengambilan keputusan sehingga dapat diterapkan dalam sistem pengambilan keputusan

Object Oriented Analysis and Design

3 SKS Teori MKP

Mata Kuliah Prasyarat
Praktikum Object Oriented Programming

Perkuliahan ini membahas perlunya metode berorientasi objek (OOA & OOD), memahami proses pengumpulan dan pengelolaan kebutuhan dalam pembangunan perangkat lunak (requirements management), menggambarkan serta menganalisis fungsionalitas dari suatu sistem, menggambarkan proses bisnis dalam domain object oriented, menggambarkan interaksi antara objek dalam suatu urutan sekuensial, hubungan antara objek yang digambarkan dalam class-class serta mempraktekkan untuk memulai sebuah proyek pengembangan perangkat lunak. Setelah menyelesaikan kuliah ini, Mahasiswa diharapkan memahami pemodelan berbasis objek dan proses pengumpulan dan pengelolaan kebutuhan dalam pembangunan perangkat lunak serta mampu memulai sebuah proyek pengembangan perangkat lunak.

Kerja Praktek

3 SKS Teori

Mata Kuliah Prasyarat
Telah menempuh minimal 90 SKS
Analisa dan Desain Sistem Informasi

Matakuliah ini disediakan bagi mahasiswa yang ingin melakukan kerja praktek di perusahaan atau institusi penelitian atau pengembangan. Lama kerja praktek berkisar antara 3-4 minggu (waktu penuh) dan 5-8 minggu (paruh waktu). Jenis pekerjaan dan tugas yang diberikan harus mendapat persetujuan dari dosen yang bertanggung-jawab pada matakuliah ini. Mahasiswa diharuskan untuk membuat laporan dan presentasi singkat tentang hasil kerja-prakteknya.

Kewirausahaan

2 SKS Teori

Perkuliahan ini mempelajari konsep-konsep dasar kesuksesan, kemampuan dasar dan hubungannya dengan kesuksesan, berpikir positif dan maju, sikap-sikap dalam menumbuhkan jiwa wirausaha, tahap-tahap dalam merelasikan sebuah usaha, memahami kelayakan bisnis sederhana, management dan leadership, menjadi pemimpin efektif, kreatifitas dan inovasi, salesmanship dan marketing, pengelolaan keuangan dan customer service. Setelah menyelesaikan kuliah ini, Mahasiswa diharapkan memahami pengertian, perkembangan wirausaha, konsepsi wirausaha dan kewirausahaan, karakteristik, jiwa, semangat pribadi wirausaha dan upaya-upaya yang dilakukan wirausaha serta faktor-faktor yang merugikan wirausaha.

Riset Teknologi Informasi

3 SKS Teori

Mata Kuliah Prasyarat
Bahasa Indonesia

Perkuliahan ini membahas riset dalam bidang teknologi informasi, penelitian kuantitatif, penelitian kualitatif, jenis-jenis riset yang dilakukan dalam bidang teknologi informasi, menganalisa topik dan permasalahan yang akan diteliti, merumuskan masalah penelitian, merumuskan tujuan dan manfaat penelitian, mengenal bentuk dari sumber informasi sebagai referensi penelitian, teknik mengumpulkan data, menentukan populasi dan sampel, melakukan analisa data dengan teknik yang tepat, menyusun kesimpulan dan abstrak penelitian, menyusun proposal penelitian, melakukan perbaikan dari proposal penelitian sesuai dengan hasil evaluasi, mempresentasikan proposal penelitian yang telah disusun dan dievaluasi. Setelah menyelesaikan kuliah ini, Mahasiswa diharapkan memahami riset dalam bidang teknologi informasi dan mampu membuat, mengevaluasi serta mempresentasikan proposal penelitian.

Teknologi Informasi Pariwisata

3 SKS Teori

Mata Kuliah Prasyarat
Analisa dan Desain Sistem Informasi

Pembelajaran Teknologi informasi Pariwisata mempunyai tujuan memberikan wawasan, serta memastikan bahwa peserta pembelajaran memiliki skill yang cukup untuk memanfaatkan teknologi informasi di bidang pariwisata. dengan demikian, maka diharapkan setelah mengikuti pembelajaran ini mahasiswa akan memahami perkembangan teknologi informasi dan komunikasi, memahami mekanisme pengalamatan dan penamaan domain, serta mengenali berbagai aplikasi jaringan internet.

Praktikum Web Programming

1 SKS Praktikum

Mata Kuliah Prasyarat
Web Programming

Praktikum ini berisikan penerapan dari materi struktur dasar PHP, pernyataan kondisi, pernyataan perulangan, form, array, fungsi, operasi string dan tanggal, session dan cookies, pemrograman berorientasi objek di PHP, database dalam PHP, user interface web dan web dinamis sederhana

Business Intelligence

3 SKS Teori MKP

Mata Kuliah Prasyarat
Data Integration

Matakuliah ini membahas konsep Data, Informasi, Pengetahuan, SPK dan BI serta kaitan antara SPK dengan BI; Memahami peran model matematika dalam BI; Konsep dan arsitektur data warehouse serta analisis cube dan multidimensional; Struktur model, membangun model dan kelas model matematika dalam BI; Konsep Definisi data mining, representasi input data, proses data mining dan metode analisis data mining; Data preparation: Validasi data, transformasi data dan reduksi data; Data Exploration: analisis univariate, analisis bivariate dan analisis multivariate; Regresi: struktur model regresi, simple linear regression, multiple linear regression, validation of regression models dan selection of predictive variables; Konsep time series, evaluasi model time series, analisis komponen time series, exponential smoothing models, autoregressive models, combination of predictive models dan the forecasting process; Konsep dan metode classification: classification problems, evaluation of classification models, classification trees, bayesian methods, logistic regression, neural networks dan support vector machines; konsep, struktur dan metode association rules, single-dimension association rules, apriori algorithm, general association rules; Konsep dan metode clustering: partition methods hierarchical methods, evaluasi model clustering. Setelah menyelesaikan kuliah ini, mahasiswa diharapkan memahami konsep, struktur, metode dan analisis dalam BI, sesuai dengan permasalahan yang ada untuk mendukung proses pengambilan keputusan.

Testing & Implementasi Sistem

3 SKS Teori MKP

Mata Kuliah Prasyarat
Software Engineering

Matakuliah ini akan memberikan pemahaman & mengajarkan tentang materi yang dibutuhkan dalam melakukan testing terhadap sistem yang dibangun. Materi yang akan diberikan diantaranya adalah: terminologi yang dipakai pada lingkup pengujian perangkat lunak, teknik-teknik pengujian perangkat lunak, tahap-tahap pengujian perangkat lunak dan strategi pengujian perangkat lunak. Setelah mengikuti matakuliah ini, mahasiswa diharapkan mampu dalam melakukan konversi dari sistem lama ke sistem baru dan memahami langkah dalam implementasi sistem dan dapat melakukan review kembali.

Interaktif Multimedia

3 SKS Teori Pilihan

Mata Kuliah Prasyarat
Object Oriented Analysis and Design

Perkuliahan ini membahas dasar dan prinsip Multimedia, Integrasi komponen dan kompresi data Multimedia, Pembuatan Interfaktif Multimedia dan pembuatan game sederhana dengan aplikasi komputer. Setelah menyelesaikan kuliah ini, Mahasiswa diharapkan memiliki pemahaman tentang prinsip Multimedia dan ketrampilan dalam memproduksi interaktif multimedia.

Animasi 2D

3 SKS Teori Pilihan

Mata Kuliah Prasyarat
Praktikum Pengenalan Citra I

Perkuliahan ini membahas pengertian animasi dan prinsip animasi 2D, prinsip gerak dalam animasi 2D, metodologi produksi FILM animasi , produksi animasi klasik, pengembangan project animasi dengan teknik Digital Animation menggunakan komputer dan aplikasi Flash serta Finishing animasi 2D. Setelah menyelesaikan kuliah ini, Mahasiswa diharapkan memiliki pemahaman tentang prinsip animasi 2D dan ketrampilan dalam memproduksi animasi digital 2D.

Human Computer Interaction

3 SKS Teori

Mata Kuliah Prasyarat
Praktikum Pemrograman II

Matakuliah ini memberikan pemahaman tentang apa saja yang terlibat dan menjadi dasar dalam interaksi manusia dan komputer, faktor dan paradigma yang terlibat dalam interaksi, tingkat kepentingan perancangan user interface, proses perancangan user interface dan kegiatan yang dilakukan dalam proses tersebut, membangun menu sistem dan navigasi, serta mampu memilih window yang sesuai, konsep dialog yang dilakukan antara manusia dan komputer, perangkat-perangkat yang terlibat dalam interaksi, komunikasi dalam kelompok dan pemrosesan yang ubiquitous, teknik pengujian yang diterapkan pada rancangan yang telah dibuat, mengimplementasikan konsep perancangan ke dalam sebuah proyek kelompok serta mempresentasikan proyek yang dikerjakan. Setelah menyelesaikan kuliah ini, mahasiswa diharapkan dapat memahami interaksi yang terjadi antara manusia dan komputer serta mampu mengimplementasikannya dalam peracangan user interface.

Etika Profesi

2 SKS Teori

Matakuliah ini memberikan pemahaman tentang tinjauan umum etika, kebutuhan manusia akan pekerjaan, arti profesi dan profesionalisme, tinjauan profesi di bidang teknologi informasi, meningkatkan profesionalisme pekerja teknologi informasi, peran organisasi dank ode etik dalam sebuah profesi, tinjauan etika di dunia maya, etika bagi programmer, tinjauan etika bisnis dalam teknologi informasi, undang-undang hak cipta dan perlindungan program komputer, berbagai lisensi dan berkembannya perangkat lunak bebas, tinjauan regulasi kejahatan di internet, etika bisnis, pasar bebas serta peran pemerintah. Setelah menyelesaikan kuliah ini, mahasiswa diharapkan dapat memahami berbagai etika dalam profesi di bidang teknologi informasi.

Artificial Intelligence

3 SKS Teori MKP

Mata Kuliah Prasyarat
Matematika Diskrit

Perkuliahan ini mempelajari bagaiaman cara manusia berpikir, beradaptasi dan belajar, untuk diterapkan kedalam mesin sebagai pengganti manusia. Setelah menyelesaikan kuliah ini, Mahasiswa diharapkan memahami konsep kecerdasan buatan, jaringan syaraf tiruan dan logika fuzzy, serta mampu mengaplikasikannya ke dalam persoalan praktis.

e-Commerce

3 SKS Teori Pilihan

Mata Kuliah Prasyarat
Praktikum Web Programming

Mata kuliah ini memberikan pengetahuan tentang dasar-dasar e-commerce dan perancangan e-commerce. Mahasiswa diharapkan dapat mengerti mengenai dasar aplikasi berbasis web, Internet Business Plan, pengantar E-Commerce, konsep dan implementasi B2B (Business To Business), B2C (Business To Customer), E-Learning, E-Government, E-Procurement, E-Banking, Groupware dan Aplikasi Enterprise. Mengenal dan memberi pengertian tentang teknik dan jenis transaksi elektronik, serta konsep dalam mengaplikasikan teknik-teknik tersebut dalam kehidupan dunia nyata.

Audit Sistem Informasi

3 SKS Teori Pilihan

Mata Kuliah Prasyarat
Sistem Informasi Manajemen

Perkuliahan ini membahas tentang tata kelola TI dan peran audit dalam tata kelola TI, memahami tujuan dilaksanakannya pengendalian internal dalam suatu perusahaan, memahami pengendalian dan audit yang berkaitan dengan pengoperasian komputer, memahami pengendalian dan audit dari sistem manajemen data dalam suatu perusahaan, memahami aktivitas pengembangan dan pemeliharaan sistem serta permasalahan yang mungkin timbul, memahami berbagai jenis jaringan dan internet serta berbagai risiko yang berkaitan serta pengendalian dan audit yang dilakukan untuk menjaga keamanan jaringan dan internet dalam suatu perusahaan, memahami fungsi dan berbagai elemen dari ERP serta risiko yang berkaitan serta pengendalian dan audit yang dilakukan, memahami penggunaan CAATT dalam melakukan pengujian atas pengendalian aplikasi, memahami penggunaan CAATT untuk ekstraasi dan analisis data dalam lingkungan TI serta mengetahui permasalahan yang berkaitan etika bisnis dalam hal penggunaan TI dan kecurangan-kecurangan yang terjadi. Setelah menyelesaikan kuliah ini, Mahasiswa diharapkan memiliki pengetahuan tentang Audit TI dalam tata kelola TI.

Pengolahan Citra dan Pola

3 SKS Teori Pilihan

Mata Kuliah Prasyarat
Aljabar Linier

Perkuliahan ini membahas tentang pengertian citra digital dan pengolahannya, representasi dari citra digital, mengaplikasikan metode operasi titik dan geometri pada citra, mengaplikasikan metode-metode perbaikan citra, teknik-teknik morphologi citra digital, teknik-teknik deteksi tepi dan segmentasi pada citra digital serta membagun sebuah aplikasi pengolahan citra. Setelah menyelesaikan kuliah ini, Mahasiswa diharapkan memiliki pengetahuan tentang pengolahan citra digital dan mampu membangun aplikasi pengolahan citra yang diharapkan mampu melakukan analisis citra.

Manajemen Pemasaran

2 SKS Teori

Matakuliah ini memberikan pemahaman tentang konsep marketing, konsep dasar menajemen pemasaran, pengertian dan cirri pendekatan pemasaran, unsur-unsur dalam sistem pemasaran, manfaat dan memahami laporan riset pemasaran, menganalisa dan menentukan SPT, menganalisa prilaku konsumen, studi kasus konsep pemasaran, bauran pemasaran, perencanaan strategis pemasaran, konsep branding, pengawasan pemasaran dan pembahasan kasus-kasus pemasaran. Setelah menyelesaikan kuliah ini, mahasiswa diharapkan dapat memahami peranan pemasaran dalam bisnis, prilaku konsumen, perencanaan bulanan pemasaran, organisasi pemasaran, kebijakan dan strategi pemasaran.

Tugas Akhir

6 SKS Teori

Mata Kuliah Prasyarat
Telah menempuh minimal 120 SKS
Riset Teknologi Informasi

Tugas Akhir (TA) adalah karya ilmiah yang disusun menurut kaidah keilmuan dan ditulis berdasarkan kaidah Bahasa Indonesia yang baik dan benar, di bawah pengawasan atau pengarahan dosen pembimbing, dan tugas akhir ini merupakan syarat wajib untuk kelulusan mahasiswa di STMIK STIKOM Indonesia.

Teknik Informatika

Desain Grafis dan Multimedia

Syarat kelulusan adalah menempuh 120 SKS Mata Kuliah Wajib, 15 SKS Mata Kuliah Peminatan MKP, dan 9 SKS Mata Kuliah Pilihan, maka totalnya 144 SKS

Klik semester dibawah untuk melihat detail mata kuliah yang ditawarkan

Kalkulus I

3 SKS Teori

Perkuliahan inimembahas Sistem bilangan (bilangan real dan imajiner), fungsi dan grafik, pertidaksamaan, limit fungsi, turunan, terapan turunan, integral, terapan integral. Setelah menyelesaikan kuliah ini, Mahasiswa menguasai prinsip-prinsip dan metode matematika dengan cukup untuk dapat menganalisa gejala fisik serta merumuskan dan memecahkan masalah-masalah yang timbul dalam bidang teknik.

Agama

2 SKS Teori

Mata kuliah Agama dirancang untuk mempelajari Agama guna terbinanya mahasiswa yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berbudi pekerti luhur, berfikir filosofis, bersikap rasional dan berpandangan luas dalam kehidupan beragama.

Pancasila dan Kewarganegaraan

2 SKS Teori

Kompetensi umum mata kuliah Pancasila dan Kewarganegaraan adalah menjadi ilmuwan dan profesional yang memiliki rasa kebangsaan dan cinta tanah air; demokratis yang berkeadaban; menjadi warga negara yang memiliki daya saing, berdisiplin, dan berpartisipasi aktif dalam membangun kehidupan yang damai berdasarkan nilai Pancasila.

Algoritma dan Pemrograman

3 SKS Teori

Matakuliah ini memberikan kemampuan untuk memahami logika berpikir komputer, memahami prinsip kerja program, memahami alasan-alasan komputer dapat mengerjakan perintah-perintah yang diberikan, dan mampu menggambarkan logika jalannya program secara tertulis dengan algoritma(pseudo code) dan dilengkapi dengan diagram alir (flow chart) menggunakan suatu bahasa pemrograman tertentu.

Praktikum Algoritma dan Pemrograman

1 SKS Praktikum

Matakuliah Ini Membahas Jenis-Jenis Data dan Variabel, Operator Logika, Ekspresi Runtutan, Teknik Runtutan, Teknik Percabangan, Teknik Pengulangan, Prosedur, Fungsi, Array, Record. Setelah menyelesaikan kuliah ini, mahasiswa dapat memahami konsep-konsep dasar algoritma dan pemrograman dan dapat menerapkannya dalam bahasa pemrograman.

Arsitekur dan Organisasi Komputer

3 SKS Teori

Melalui mata kuliah Arsitektur dan Organisasi Komputer, mahasiswa diharapkan dapat mengetahui dan memahami evolusi dan kinerja komputer, struktur interkoneksi komponen komputer (sistem bus), memori cache, internal dan eksternal memori, modul I/O dan CPU sebagai bagian komponen komputer, Operating System Support, Computer Arithmetic, memahami lebih dalam mengenai set intruksi seperti fungsi, karakteristik, format dan teknik pengalamatannya.

Bahasa Inggris I

2 SKS Teori

Mata kuliah ini melatih keterampilan mahasiswa dalam memahami teks bahasa Inggris yang meliputi pengetahuan tentang tenses, vocabularies dan comprehensiona baik dalam kalimat positif, negatif maupun kalimat tanya.

Akuntansi

2 SKS Teori

Mata kuliah ini memberikan pemahaman dan pengetahuan tentang dasar akuntansi keuangan, persamaan akuntansi, teknik pemrosesan data akuntansi yang meliputi jurnal, buku besar, worksheet serta dasar penyusunan laporan keuangan baik untuk perusahaan jasa, dagang, maupun manufaktur. Setelah menyelesaikan mata kuliah ini mahasiswa diharapkan memiliki pemahaman dan pengetahuan tentang dasar akuntansi keuangan, sehingga dapat menyusun laporan keuangan perusahaan dagang, jasa, dan manufaktur.

Logika Informatika

3 SKS Teori

Dalam pembuatan suatu program untuk menyelesaikan permasalahan tertentu dibutuhkan suatu logika informatika agar program dapat dibuat dengan model terstruktur dan dapat digunakan menyelesaikan permasalahan yang ada. Mata kuliah ini mempelajari tentang dasar-dasar logika, tabel kebenaran, proposisi majemuk, tautologi, ekuivalensi logis, penyederhanaan, strategi pembalikan dan bentuk normal.

Kalkulus II

3 SKS Teori

Mata Kuliah Prasyarat
Kalkulus I

Mata kuliah ini dimaksudkan untuk memberi kemampuan pada mahasiswa tentang konsep–konsep matematika mengenai : teknik integrasi, penggunaan integral, bentuk tak tentu dan integral tak wajar, barisan dan deret, permukaan ruang dan fungsi skalar. Sebagai latar belakang untuk mengajarkan matematika di sekolah dan sebagai dasar pengembangan untuk matakuliah selanjutnya.

Sistem Basis Data

3 SKS Teori

Matakuliah Ini Membahas Pengantar Basis Data, Data dan Informasi, Hirarki dan Abstraksi Data, Normalisasi, Model Data, Basis Data Relasional, Pengenalan Model Entitiy Relationship (E-R), Model Entity Relationship (E-R) lanjut, Database Management System. Setelah menyelesaikan kuliah ini, mahasiswa dapat memahami dasar pembangunan suatu basis data.

Sistem Operasi

3 SKS Teori

Mata Kuliah Prasyarat
Arsitektur dan Organisasi Komputer

Matakuliah Ini Membahas Sekilas Sistem Komputer, Pengantar Sistem Operasi, Proses, Penjadwalan proses, Penjadwalan proses lanjutan, Kongkurensi, Mutual exclusion, Pengenalan Sistem Operasi yang banyak digunakan, Sistem Operasi Windows, Troubleshoot Sistem Operasi Windows, Linux. Setelah menyelesaikan kuliah ini, mahasiswa dapat memahami konsep sistem operasi serta dapat mengetahui perkembangan sistem operasi saat ini.

Bahasa Inggris II

2 SKS Teori

Mata Kuliah Prasyarat
Bahasa Inggris I

Matakuliah ini membahas mengenai introductory in practice, english listening, expressive english, communicative skill, passive voice, personal descriptions, object descriptions, customs and traditions, composing ideas, business corrospondence, modal verbs, around the world, family Life, dan Bob descriptions. Setelah menyelesaikan kuliah ini, mahasiswa dapat menggunakan bahasa inggris dengan baik serta dapat memanfaatkannya dengan baik pada mata kuliah yang lain.

Praktikum Algoritma dan Pemrograman

1 SKS Praktikum

Deskripsi singkat mata kuliah

Pengantar Teknologi Informasi

2 SKS Teori

Matakuliah ini mengajarkan tentang dasar dan konsep-konsep perancangan dalam desain untuk memperoleh nilai artistik/keindahan. Mata kuliah ini juga mengajarkan tentang input dalam desain (unsur atau elemen desain) yang kemudian dikomposisikan dengan prinsip-prinsip desain sehingga mempu menghasilkan desain yang menarik.

Matematika Diskrit

3 SKS Teori

Matakuliah Ini Membahas Logika, Himpunan, Matrik, Relasi, Fungsi, Aljabar Boole, Graph, Pohon, Algoritma Pemrograman. Setelah menyelesaikan kuliah ini, mahasiswa dapat dasar-dasar logika serta himpunan yang merupakan dasar dari pemrograman.

Struktur Data

3 SKS Teori

Mata Kuliah Prasyarat
Algoritma dan Pemrograman

Matakuliah Ini Membahas Jenis-jenis Data, Array , Record, Stack, Queue, Pointer dan Function, Linked List, Tree, Graph, Sorting , Searching, Review Seluruh Materi. Setelah menyelesaikan kuliah ini, mahasiswa dapat memahami konsep struktur data dan penerapannya dalam program.

Praktikum Pemrograman I

1 SKS Praktikum

Mata Kuliah Prasyarat
Praktikum Algoritma dan Pemrograman

Matakuliah Ini Membahas Pendahuluan, Pengenalan Ide Visual Basic .Net, Gui, Menu, Pengenalan Terhadap Pemrograman Visual Basic.Net, Struktur Kontrol Bagian 1, Struktur Kontrol Bagian 2, Procedure Bagian 1, Procedure Bagian 2, Array. Setelah menyelesaikan kuliah ini, mahasiswa dapat memahami konsep-konsep dasar pemrograman dan dapat menerapkannya dalam bahasa pemrograman.

Bahasa Basis Data

2 SKS Teori

Mata Kuliah Prasyarat
Sistem Basis Data

Matakuliah Ini Membahas Pengantar basis data dan perintah dasar bahasa basis data (SQL ), Pengurutan (sorting) data, Fungsi-fungsi SQL, Fungsi-fungsi SQL lanjut dan pengambilan data dari multiple tabel, Fungsi Aggregate, Pembuatan dan pemeliharaan tabel, Manipulasi data, T-SQL Lanjut. Setelah menyelesaikan kuliah ini, mahasiswa dapat memahami konsep-konsep dasar basis data.

Praktikum Bahasa Basis Data

1 SKS Praktikum

Mata Kuliah Prasyarat
Sistem Basis Data

Matakuliah ini membahas pembuatan dan pemeliharaan tabel, manipulasi data, fungsi-fungsi SQL, pengurutan (sorting) data, pengambilan data dari multiple table, Fungsi Aggregate, Subqueries dan Set Operations, Views dan pengantar T-SQL, T-SQL Lanjut. Setelah menyelesaikan kuliah ini, mahasiswa dapat memahami dasar-dasar basis data serta penerapannya dalam bahasa pemrograman.

Komunikasi Data

3 SKS Teori

Matakuliah Ini Membahas Model Komunikasi, Transmisi Data, Transmisi Data (Lanjutan), Pengkodean Data / Data Encoding, Data Encoding (Lanjutan), Teknik Komunikasi Data Digital, Data Link Control, Data Link Control (Lanjutan), Multiplexing, Multiplexing (Lanjutan). Setelah menyelesaikan kuliah ini, mahasiswa dapat memahami konsep struktur data dan penerapannya dalam program.

Manajemen dan Organisasi

2 SKS Teori

Matakuliah Ini Membahas Gambaran Umum Manajemen, Gambaran Umum Organisasi, Fungsi Manajemen, Proses pengambilan keputusan, Wewenang, Delegasi dan Desentralisasi serta Kepemimpinan, Motivasi dan komunikasi dalam organisasi , Pengenalan proses bisnis dalam domain Teknologi Informasi (TI), Komponen-komponen proses bisnis, Model analisa terstruktur dan analisa berorientasi objek, Document flow diagram, Tugas, presentasi dan diskusi (document flow diagram), System flow diagram, Tugas, presentasi dan diskusi (system flow diagram). Setelah menyelesaikan kuliah ini, mahasiswa dapat memahami prinsip dasar manajemen dan organisasi serta dapat memahami proses bisnis suatu sistem dalam domain teknologi informasi.

Object Oriented Programming

2 SKS Teori

Mata Kuliah Prasyarat
Praktikum Algoritma dan Pemrograman

Matakuliah Ini Membahas Pengenalan Java, Pengenalan Java disertai First Simple Program (lanjutan 1) , Array, Class dan Objek, Objek dan Class (Lanjutan), Encapsulation dan Pewarisan (Inheretance), Polymorphism, Exception handling, Java GUI dan Koneksi ke database. Setelah menyelesaikan kuliah ini, mahasiswa dapat memahami prinsip dasar manajemen dan organisasi serta dapat memahami proses bisnis suatu sistem dalam domain teknologi informasi.

Statistika

3 SKS Teori

Mata Kuliah Prasyarat
Kalkulus I

Matakuliah Ini Membahas Pendahuluan Pengantar Statistik Distribusi Frekuensi, Ukuran Distribusi, Distribusi Variabel Acak, Hipotesis, Regresi Sederhana, Pengenalan SPSS dan statistik dalam penelitian, Uji Parametrik dan dengan SPSS, Uji Non Parametrik dengan SPSS, Uji Regresi Sederhana dengan SPSS, Uji Regresi Berganda dengan SPSS. Setelah menyelesaikan kuliah ini, mahasiswa dapat memahami konsep dasar statistika serta penerapannya dengan menggunakan SPSS.

Interpersonal Skill

2 SKS Teori

Matakuliah Ini Membahas Individu Manusia dan Ego, Memandang orang lain lebih penting, Mengendalikan diri dan orang lain, Teknik dasar dalam menghadapi orang, Menjadi pribadi yang menarik(1), Menjadi pribadi yang menarik(2), Mendengarkan dengan baik. , Membuat orang sependapat, Cara menarik kawan pada cara berfikir kita (1), Cara menarik kawan pada cara berfikir kita. (2), Pujian, Cara mengubah orang tanpa menimbulkan perlawanan atau sakit hati, Mengkritik orang lain tanpa menyakiti. Setelah menyelesaikan kuliah ini, mahasiswa dapat memahami dasar-dasar peningkatan kualitas diri dan teknik sosialisasi terhadap lingkungan sekitar.

Gambar Teknik

2 SKS Teori

Matakuliah Ini Membahas Pengantar Menggambar Teknik, Aturan-aturan Dasar Gambar Teknik, Penciptaan Gambar Bangun Dua Dimensional, Teori Deskripsi bentuk, Membuat Gambar Kerja, Dasar Perspektif, Project Visualisasi Gambar Objek representatif, Project Gambar Perspektif Ruang, Konsep dan Prosedur Menggambar Berbasis Komputer (Auto Cad) (i), Konsep dan Prosedur Menggambar Berbasis Komputer (Auto Cad) (ii), Gambar Kerja 1, Gambar Kerja 2, Gambar Kerja 3, Finalisasi Project. Setelah menyelesaikan kuliah ini, mahasiswa dapat memahami teknik-teknik dasar menggambar teknik.

Sistem Informasi Akuntansi

3 SKS Teori

Mata Kuliah Prasyarat
Akuntansi

Matakuliah Ini Membahas Pengenalan Sistem Informasi Akuntansi, Sistem Informasi Akuntansi,Teknologi Informasi dan Jaringan Komputer, Manajemen Data & Pemrosesan Data Berbasis Komputer, Pemrosesan Data Berbasis Komputer, Aplikasi SIA di Perusahaan, Mengenal Program Myob Accounting, Myob Perusahaan Jasa, Myob Perusahaan Dagang. Setelah menyelesaikan kuliah ini, mahasiswa dapat memahami konsep sistem informasi akuntansi serta penerapannya pada perusahaan dagang atau jasa.

Praktikum Pengenalan Citra I

1 SKS Praktikum

Mata Kuliah Prasyarat
Pengantar Teknologi Informasi

Matakuliah Ini Membahas Membuat dan memodifikasi obyek dasar, Teknik dasar pengelolaan grafik vector 1, Teknik dasar pengelolaan grafik vector 2 & Membuat obyek dengan teknik transformasi, Membuat obyek dengan teknik transformasi & Membuat obyek aplikatif dengan tools yang telah dipelajari, Membuat efek pada obyek (1), Membuat efek pada obyek (2), Teknik lanjutan pengelolaan grafik vector, Pemahaman dan pengertian dasar – dasar Adobe Illustrator, Teknik dasar pengelolaan atau menggambar bentuk serta pengelolaan objek dalam ilustrator, Mengkombinasikan objek dan mengolah objek pada layer, (Menseleksi objek & modifikasi objek, memotong dan merangkai objek, memberi efek objek), Pengolahan teks dan grafik. Setelah menyelesaikan kuliah ini, mahasiswa dapat memahami konsep-konsep dasar citra serta dapat menerapkannya dengan menggunakan adobe illustrator.

Metode Numerik

2 SKS Teori

Matakuliah Ini Membahas Pengantar Metoda Numerik, Penyelesaian persamaan non linier (1), Penyelesaian persamaan non linier (2), Penyelesaian persamaan non linier (3), Sistem Persamaan Linier (1), Sistem Persamaan Linier (2), Interpolasi (1), Interpolasi (2), Integrasi Numerik. Setelah menyelesaikan kuliah ini, mahasiswa dapat memodelkan suatu permasalahan kedalam pemodelan matematika sederhana dan menyelesaikannya dengan menggunakan Metode Numerik.

Aljabar Linier

2 SKS Teori

Mata Kuliah Prasyarat
Kalkulus II

Mata kuliah ini meliputi sistem bersamaan linear dan matriks, determinan, ruangan vektor, ruang hasil kali dalam, nilai eigen dan vektor eigen, transformasi linier dan ruang vektor kompleks. Mahasiswa mampu menguasai dan memahami konsepsi dasar aljabar linier yang terdiri dari pokok bahasan ruang vektor, matriks, determinan, persamaan linier. Akhirnya mahasiswa diharapkan mampu menerapkan konsep dasar aljabar linier tersebut pada bidang komputasi dan komputer.

Bahasa Indonesia

2 SKS Teori

Matakuliah Ini Membahas Pendahuluan, Ragam Bahasa, Penerapan EYD, Diksi, Kalimat Efektif, Paragraf / Alinea, Kerangka Karangan, Kutipan dan Daftar Pustaka, Karya Tulis, Mengkaji Karya Tulis. Setelah menyelesaikan kuliah ini, mahasiswa dapat memahami teknik-teknik dasar menggambar teknik.

Sistem Informasi Manajemen

3 SKS Teori

Mata Kuliah Prasyarat
Manajemen dan Organisasi

Dalam mata kuliah ini dibahas berbagai konsep sistem informasi sebagai penunjang dalam pemecahan masalah dan pengambilan keputusan. Dengan mempelajari mata kuliah ini, mahasiswa dapat menganalisis kebutuhan informasi suatu organisasi dan mendesain input-output subsistem yang diperlukan.

Analisa dan Desain Sistem Informasi

3 SKS Teori

Mata Kuliah Prasyarat
Manajemen dan Organisasi

Mata kuliah Ini Membahas Pengertian Sistem dan Analisis Sistem, Analisis Sistem, Identifikasi masalah, Perancangan Sistem Secara Umum, Analisis Sistem, Pendekatan Perancangan Terstruktur, Perancangan tahap Statement Of Purpose dan Event List, Diagram Alir, Praktek pembuatan Diagram Konteks dan Data Flow Diagram , Perancangan Sistem Terinci Database, Praktek Kamus data, Normalisasi, Entity Relationship Diagram(ERD). Setelah menyelesaikan kuliah ini, mahasiswa dapat memahami konsep dasar dalam analisa sistem serta penerapannya dalam proses perancangan basis data.

Data Integration

3 SKS Teori

Mata Kuliah Prasyarat
Bahasa Basis Data

Sistem integrasi data bertujuan untuk mengharmonisasikan data dari sejumlah sumber ke dalam bentuk yang koheren. Integrasi data melibatkan penggabungan data yang berasal dari sumber yang berbeda dan menyediakan bagi pengguna kedalam bentuk terintegrasi dalam mengelola data ini. Proses ini menjadi penting dalam berbagai situasi misalnya komersial (ketika dua perusahaan sejenis perlu untuk menggabungkan basis data mereka) dan ilmiah (menggabungkan hasil penelitian dari repositori bioinformatika berbeda). Integrasi data muncul dalam frekuensi yang meningkat sebagai volume dan kebutuhan untuk berbagi data dalam jumlah besar.

Jaringan Komputer

2 SKS Teori

Mata Kuliah Prasyarat
Komunikasi Data

Matakuliah Ini Membahas Konsep Dasar Jaringan, Struktur jaringan, Arsitektur Jaringan dan klasifikasi jaringan Komputer, Media Transmisi Jaringan Komputer, Internetworking, Model Referensi OSI (1), Model Referensi OSI (2), Jaringan Ethernet (1), Jaringan Ethernet (2), Internet Protocol, Protocol pada TCP/IP, Pengalamatan IP, Subnetting, DNS, E-Commerce. Setelah menyelesaikan kuliah ini, mahasiswa dapat memahami konsep dasar jaringan komputer serta teknik pengalamatan jaringan komputer.

Praktikum Object Oriented Programming

1 SKS Praktikum

Mata Kuliah Prasyarat
Object Oriented Programming

Matakuliah praktikum ini membahas Pengenalan Java, Pengenalan Java disertai First Simple Program (lanjutan 1) , Array, Class dan Objek, Objek dan Class (Lanjutan), Encapsulation dan Pewarisan (Inheretance), Polymorphism, Exception handling, Java GUI dan Koneksi ke database.

Praktikum Pemrograman II

2 SKS Teori

Mata Kuliah Prasyarat
Praktikum Pemrograman I
Praktikum Bahasa Basis Data

Matakuliah Ini Membahas Pemrograman Database dan Manipulasi, Penggunaan Objek ADO.NET, Menu dan Crystal Report, Project Akhir, Package Execute Program, Presentasi Project Akhir. Setelah menyelesaikan kuliah ini, mahasiswa dapat memahami konsep basis data serta mampu menerapkannya dengan bahasa pemrograman dengan tepat.

Komputer Masyarakat

2 SKS Teori

Matakuliah Ini Membahas Pendahuluan, Perkembangan Teknologi Internet, Perangkat Keras dan Fungsinya, Digital Literacy dan Information Literacy , E-commerce dan E-business, Publikasi Elektronik , Intellectual Property, Kejahatan Komputer dan sistem Keamanan Data, Komputer dan hukum, Masyarakat dan informasi, Komputer dan pemerintah, Etika dan tanggung jawab profesi, Review materi persiapan UAS dan memuat makalah tentang komputer masyarakat. Setelah menyelesaikan kuliah ini, mahasiswa dapat mengetahui perkembangan teknologi informasi yang berkembang saat ini di lingkungan masyarakat.

Operation Research

3 SKS Teori

Perkuliahan membahas Pendekatan Ilmu (science) dan Seni (art), Milestone perkembangan dan peran strategis Riset Operasional dalam aktifitas Management Science, Topik-topik utama dalam Riset Operasional, dan Riset Operasional dan teknologi informasi, Program Linier (linear programming), Metode Simpleks (simplex method), Metode Transportasi (transportation method),Model Jaringan (Network Model). Setelah menyelesaikan kuliah ini, mahasiswa diharapkan mempunyai kompetensi untuk memecahkan persoalan-persoalan yang berkaitan dengan pengambilan keputusan di dalam perusahaan.

Software Engineering

3 SKS Teori

Mata Kuliah Prasyarat
Analisa dan Desain Sistem Informasi

Matakuliah Ini Membahas Pengantar Rekayasa Perangkat Lunak, Software Crisis, Metodologi Rekayasa Perangkat Lunak, Manajemen Proyek Perangkat Lunak, Konsep dan Prinsip Analisis, Teknik Pengujian Perangkat Lunak, Strategi Pengujian Perangkat Lunak, Pemeliharaan Perangkat Lunak. Setelah menyelesaikan kuliah ini, mahasiswa dapat memahami dasar-dasar pembangunan perangkat lunak serta strategi pengujian dan pemeliharaanya.

Web Programming

2 SKS Teori

Mata Kuliah Prasyarat
Algoritma dan Pemrograman

Matakuliah ini membahas mengenai konsep pemrograman web statis dengan HTML, konsep pemrograman web dinamis dengan PHP yang disertai dengan pernyataan kondisi, pernyataan perulangan, form, array, fungsi, operasi string dan tanggal, file dan direktori, session dan cookies dan konsep pemrograman berorientasi objek pada PHP, database MySQL serta user interface web dengan CSS. Setelah menyelesaikan kuliah ini, mahasiswa diharapkan memiliki kemampuan dalam pemrograman web statis maupun dinamis dengan menggunakan HTML, PHP, MySQL dan CSS.

Praktikum Jaringan Komputer

1 SKS Praktikum

Mata Kuliah Prasyarat
Jaringan Komputer

Perkuliahan ini membahas tentang pengaplikasian serta pengkoneksian media transmisi Guided dan Unguided media, mengkonfigurasikan jaringan komputer menggunakan network command berbasis command prompt dan GUI, mengkonfigurasikan IP dan sub neting yang dipergunakan dalam jaringan komputer, mengkonfigurasikan NAT serta setting untuk pengaturan koneksi internet dalam jaringan komputer dan router. Setelah menyelesaikan kuliah ini, Mahasiswa diharapkan mampu mengaplikasikan media transmisi jaringan komputer serta melakukan konfigurasi perangkat yang digunakan dalam membangun jaringan komputer.

Mobile Programming

3 SKS Teori

Mata Kuliah Prasyarat
Praktikum Object Oriented Programming

Matakuliah ini mengajarkan tentang dasar dan konsep-konsep pemrograman perangkat bergerak (mobile) seperti: konsep sistem operasi perangkat bergerak, bundled database dan client server, XML dan parsing XML, Penggunaan ADT, dan pemrograman native dan pengembangannya seperti: Pembuatan GUI, Hardware Interface, Networking, dan Penyimpanan Data. Setelah menyelesaikan kuliah ini, mahasiswa diharapkan dapat menguasai konsep pemrograman berbasis mobile dan minimal mampu menghasilkan sebuah aplikasi berbasis mobile.

Praktikum Pengenalan Citra II

1 SKS Praktikum

Mata Kuliah Prasyarat
Praktikum Pengenalan Citra I

Perkuliahan ini membahas tentang mengenal berbagai Tools dan fasilitas pada ArcView, mempraktekkan Digitasi pada sebuah Peta dasar dengan ArcView, mempraktekkan penggunaan Tabel dan Grafik pada ArcView, mempraktekkan penggunaan dan penyajian Layout Peta pada ArcView, mempraktekkan penggunaan dan penyajian Hot Link pada ArcView, mempraktekkan fungsi – fungsi dan analisa kebumian menggunakan proses Geoprocessing, mempraktekkan fungsi dan analisa pemetaan menggunakan Google Earth, mempraktekkan fungsi dan analisa pemetaan menggunakan Google Maps sertatugas Proyek Pemetaan. Setelah menyelesaikan kuliah ini, Mahasiswa diharapkan mampu mengaplikasikan pengetahuan tentang Sistem Informasi Geografis kedalam sebuah proyek pemetaan.

Desain Komunikasi Visual

3 SKS Teori MKP

Mata Kuliah Prasyarat
Praktikum Pengenalan Citra I

Perkuliahan ini membahas pengenalan ruang lingkup desain komunikasi visual, perancangan media komunikasi visual, lembar kerja perancangan media komunikasi visual, asistensi pengantar karya dan presentasi perancangan media komunikasi. Setelah menyelesaikan kuliah ini, Mahasiswa diharapkan mampu merancang media komunikasi visual.

Elemen Visual

3 SKS Teori MKP

Mata Kuliah Prasyarat
Pengantar Teknologi Informasi

Perkuliahan ini membahas pengertian ilustrasi sebagai bagian elemen visual beserta jenis-jenisnya, aspek dan manfaat ilustrasi dalam desain komunikasi visual, teknik kolase, teknik dan gaya penyajian ilustrasi berdasarkan segmentasi, kombinasi gaya ilustrasi dalam penerapannya, tipografi dan pemanfaatan ilustrasi dan huruf sebagai elemen visual pada media. Setelah menyelesaikan kuliah ini, Mahasiswa diharapkan memiliki pemahaman tentang elemen visual dan mampu menerapkan ilustrasi dan huruf sebagai elemen visual dalam rancangan media visual.

Kerja Praktek

3 SKS Teori

Mata Kuliah Prasyarat
Telah menempuh minimal 90 SKS
Analisa dan Desain Sistem Informasi

Matakuliah ini disediakan bagi mahasiswa yang ingin melakukan kerja praktek di perusahaan atau institusi penelitian atau pengembangan. Lama kerja praktek berkisar antara 3-4 minggu (waktu penuh) dan 5-8 minggu (paruh waktu). Jenis pekerjaan dan tugas yang diberikan harus mendapat persetujuan dari dosen yang bertanggung-jawab pada matakuliah ini. Mahasiswa diharuskan untuk membuat laporan dan presentasi singkat tentang hasil kerja-prakteknya

Kewirausahaan

2 SKS Teori

Perkuliahan ini mempelajari konsep-konsep dasar kesuksesan, kemampuan dasar dan hubungannya dengan kesuksesan, berpikir positif dan maju, sikap-sikap dalam menumbuhkan jiwa wirausaha, tahap-tahap dalam merelasikan sebuah usaha, memahami kelayakan bisnis sederhana, management dan leadership, menjadi pemimpin efektif, kreatifitas dan inovasi, salesmanship dan marketing, pengelolaan keuangan dan customer service. Setelah menyelesaikan kuliah ini, Mahasiswa diharapkan memahami pengertian, perkembangan wirausaha, konsepsi wirausaha dan kewirausahaan, karakteristik, jiwa, semangat pribadi wirausaha dan upaya-upaya yang dilakukan wirausaha serta faktor-faktor yang merugikan wirausaha.

Riset Teknologi Informasi

3 SKS Teori

Mata Kuliah Prasyarat
Bahasa Indonesia

Perkuliahan ini membahas riset dalam bidang teknologi informasi, penelitian kuantitatif, penelitian kualitatif, jenis-jenis riset yang dilakukan dalam bidang teknologi informasi, menganalisa topik dan permasalahan yang akan diteliti, merumuskan masalah penelitian, merumuskan tujuan dan manfaat penelitian, mengenal bentuk dari sumber informasi sebagai referensi penelitian, teknik mengumpulkan data, menentukan populasi dan sampel, melakukan analisa data dengan teknik yang tepat, menyusun kesimpulan dan abstrak penelitian, menyusun proposal penelitian, melakukan perbaikan dari proposal penelitian sesuai dengan hasil evaluasi, mempresentasikan proposal penelitian yang telah disusun dan dievaluasi. Setelah menyelesaikan kuliah ini, Mahasiswa diharapkan memahami riset dalam bidang teknologi informasi dan mampu membuat, mengevaluasi serta mempresentasikan proposal penelitian.

Teknologi Informasi Pariwisata

3 SKS Teori

Mata Kuliah Prasyarat
Analisa dan Desain Sistem Informasi

Pembelajaran Teknologi informasi Pariwisata mempunyai tujuan memberikan wawasan, serta memastikan bahwa peserta pembelajaran memiliki skill yang cukup untuk memanfaatkan teknologi informasi di bidang pariwisata. dengan demikian, maka diharapkan setelah mengikuti pembelajaran ini mahasiswa akan memahami perkembangan teknologi informasi dan komunikasi, memahami mekanisme pengalamatan dan penamaan domain, serta mengenali berbagai aplikasi jaringan internet.

Praktikum Web Programming

1 SKS Praktikum

Mata Kuliah Prasyarat
Web Programming

Praktikum ini berisikan penerapan dari materi struktur dasar PHP, pernyataan kondisi, pernyataan perulangan, form, array, fungsi, operasi string dan tanggal, session dan cookies, pemrograman berorientasi objek di PHP, database dalam PHP, user interface web dan web dinamis sederhana

Animasi 2D

3 SKS Teori MKP

Mata Kuliah Prasyarat
Praktikum Pengenalan Citra II

Perkuliahan ini membahas pengertian animasi dan prinsip animasi 2D, prinsip gerak dalam animasi 2D, metodologi produksi FILM animasi , produksi animasi klasik, pengembangan project animasi dengan teknik Digital Animation menggunakan komputer dan aplikasi Flash serta Finishing animasi 2D. Setelah menyelesaikan kuliah ini, Mahasiswa diharapkan memiliki pemahaman tentang prinsip animasi 2D dan ketrampilan dalam memproduksi animasi digital 2D.

Videografi dan Broadcasting

3 SKS Teori MKP

Mata Kuliah Prasyarat
Telah menempuh minimal 70 SKS

Matakuliah ini membahas pengenalan pengertian videography, broadcasting , editing hingga proses rendering video kedalam format audio visual (AVI,MPG,HD dan lainnya). Setelah menyelesaikan kuliah ini, mahasiswa dapat mengerti prinsip-prinsip pembuatan video, proses editing hingga mampu mengahasilkan karya video

Eksperimen Kreatif

3 SKS Teori Pilihan

Mata Kuliah Prasyarat
Desain Komunikasi Visual

Perkuliahan ini membahas pembelajaran, pemahaman konsep dan ketrampilan mengolah bahan bagi kepentingan seni berlandaskan proses kreatif penciptaan karya inovatif. Setelah menyelesaikan kuliah ini, Mahasiswa diharapkan mampu memahami konsep dan mengaplikasikannya bagi kepentingan seni berlandaskan proses kreatif penciptaan karya inovatif.

Desktop Publishing

3 SKS Teori Pilihan

Mata Kuliah Prasyarat
Telah menempuh minimal 70 SKS

Mata Kuliah ini berisi pembelajaran, pemahaman konsep dan Implementasi teori-teori Desain Grafis yang berhubungan dengan percetakan dan penerbitan (Lay Out, Tipografi, Nirmana, Metode Reproduksi Grafika, Advertising&Media, Copywriting). Implementasi mengharuskan penguasaan terhadap aplikasi dan spesifikasi medium cetak sehingga memungkinkan penciptaan karya desain media cetak.

Human Computer Interaction

3 SKS Teori

Mata Kuliah Prasyarat
Praktikum Pemrograman II

Matakuliah ini memberikan pemahaman tentang apa saja yang terlibat dan menjadi dasar dalam interaksi manusia dan komputer, faktor dan paradigma yang terlibat dalam interaksi, tingkat kepentingan perancangan user interface, proses perancangan user interface dan kegiatan yang dilakukan dalam proses tersebut, membangun menu sistem dan navigasi, serta mampu memilih window yang sesuai, konsep dialog yang dilakukan antara manusia dan komputer, perangkat-perangkat yang terlibat dalam interaksi, komunikasi dalam kelompok dan pemrosesan yang ubiquitous, teknik pengujian yang diterapkan pada rancangan yang telah dibuat, mengimplementasikan konsep perancangan ke dalam sebuah proyek kelompok serta mempresentasikan proyek yang dikerjakan. Setelah menyelesaikan kuliah ini, mahasiswa diharapkan dapat memahami interaksi yang terjadi antara manusia dan komputer serta mampu mengimplementasikannya dalam peracangan user interface.

Etika Profesi

2 SKS Teori

Matakuliah ini memberikan pemahaman tentang tinjauan umum etika, kebutuhan manusia akan pekerjaan, arti profesi dan profesionalisme, tinjauan profesi di bidang teknologi informasi, meningkatkan profesionalisme pekerja teknologi informasi, peran organisasi dank ode etik dalam sebuah profesi, tinjauan etika di dunia maya, etika bagi programmer, tinjauan etika bisnis dalam teknologi informasi, undang-undang hak cipta dan perlindungan program komputer, berbagai lisensi dan berkembannya perangkat lunak bebas, tinjauan regulasi kejahatan di internet, etika bisnis, pasar bebas serta peran pemerintah. Setelah menyelesaikan kuliah ini, mahasiswa diharapkan dapat memahami berbagai etika dalam profesi di bidang teknologi informasi.

Interaktif Multimedia

3 SKS Teori MKP

Mata Kuliah Prasyarat
Animasi 2D

Perkuliahan ini membahas dasar dan prinsip Multimedia, Integrasi komponen dan kompresi data Multimedia, Pembuatan Interfaktif Multimedia dan pembuatan game sederhana dengan aplikasi komputer. Setelah menyelesaikan kuliah ini, Mahasiswa diharapkan memiliki pemahaman tentang prinsip Multimedia dan ketrampilan dalam memproduksi interaktif multimedia.

e-Commerce

3 SKS Teori Pilihan

Mata Kuliah Prasyarat
Praktikum Web Programming

Mata kuliah ini memberikan pengetahuan tentang dasar-dasar e-commerce dan perancangan e-commerce. Mahasiswa diharapkan dapat mengerti mengenai dasar aplikasi berbasis web, Internet Business Plan, pengantar E-Commerce, konsep dan implementasi B2B (Business To Business), B2C (Business To Customer), E-Learning, E-Government, E-Procurement, E-Banking, Groupware dan Aplikasi Enterprise. Mengenal dan memberi pengertian tentang teknik dan jenis transaksi elektronik, serta konsep dalam mengaplikasikan teknik-teknik tersebut dalam kehidupan dunia nyata.

Animasi 3D

3 SKS Teori Pilihan

Mata Kuliah Prasyarat
Animasi 2D

Mata kuliah ini mengajarkan berbagai materi untuk memberikan pemahaman yang kuat kepada mahasiswa mengenai animasi 3D. Materi pokok dalam mata kuliah ini terdiri dari : dasar-dasar animasi 3D, pembuatan objek sederhana hingga pembuatan karakter. Pada akhir perkuliahan, mahasiswa diharapkan mampu mengaplikasikan materi dengan melakukan pembuatan animasi 3D.

Fotografi

3 SKS Teori Pilihan

Mata Kuliah Prasyarat
Telah menempuh minimal 90 SKS

Perkuliahan ini membahas pengenalan dan sejarah Photography, penggunaan kamera, mengatur ketajaman/fokus kamera, komposisi pada Photography, pengaturan speed/kecepatan kamera, pengaturan lighting, teknik Photography Macro dan Lanscape, Photography Jurnalistik, Photography Produk, pengenalan model dan pemanfaatan video pada kamera, Digital Imaging dan bimbingan/asistensi karya.

Manajemen Pemasaran

2 SKS Teori

Matakuliah ini memberikan pemahaman tentang konsep marketing, konsep dasar menajemen pemasaran, pengertian dan cirri pendekatan pemasaran, unsur-unsur dalam sistem pemasaran, manfaat dan memahami laporan riset pemasaran, menganalisa dan menentukan SPT, menganalisa prilaku konsumen, studi kasus konsep pemasaran, bauran pemasaran, perencanaan strategis pemasaran, konsep branding, pengawasan pemasaran dan pembahasan kasus-kasus pemasaran. Setelah menyelesaikan kuliah ini, mahasiswa diharapkan dapat memahami peranan pemasaran dalam bisnis, prilaku konsumen, perencanaan bulanan pemasaran, organisasi pemasaran, kebijakan dan strategi pemasaran.

Tugas Akhir

6 SKS Teori

Mata Kuliah Prasyarat
Telah menempuh minimal 120 SKS
Riset Teknologi Informasi

Tugas Akhir (TA) adalah karya ilmiah yang disusun menurut kaidah keilmuan dan ditulis berdasarkan kaidah Bahasa Indonesia yang baik dan benar, di bawah pengawasan atau pengarahan dosen pembimbing, dan tugas akhir ini merupakan syarat wajib untuk kelulusan mahasiswa di STMIK STIKOM Indonesia.

Teknik Informatika

Komputer Akuntansi Bisnis

Syarat kelulusan adalah menempuh 120 SKS Mata Kuliah Wajib, 15 SKS Mata Kuliah Peminatan MKP, dan 9 SKS Mata Kuliah Pilihan, maka totalnya 144 SKS

Klik semester dibawah untuk melihat detail mata kuliah yang ditawarkan

Kalkulus I

3 SKS Teori

Mata kuliah ini dimaksudkan untuk memberi kemampuan pada mahasiswa tentang konsep-konsep matematika mengenai : limit fungsi, kekontinuan turunan, fungsi transenden, integral tentu dan tak tentu, definisi, sifat-sifat dan teorema terkait beserta aplikasinya serta mampu menerapkannya dalam penyelesaian soal.

Agama

2 SKS Teori

Mata kuliah Agama dirancang untuk mempelajari Agama guna terbinanya mahasiswa yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berbudi pekerti luhur, berfikir filosofis, bersikap rasional dan berpandangan luas dalam kehidupan beragama.

Pancasila dan Kewarganegaraan

2 SKS Teori

Kompetensi umum mata kuliah Pancasila dan Kewarganegaraan adalah menjadi ilmuwan dan profesional yang memiliki rasa kebangsaan dan cinta tanah air; demokratis yang berkeadaban; menjadi warga negara yang memiliki daya saing, berdisiplin, dan berpartisipasi aktif dalam membangun kehidupan yang damai berdasarkan nilai Pancasila.

Algoritma dan Pemrograman

3 SKS Teori

Matakuliah ini memberikan kemampuan untuk memahami logika berpikir komputer, memahami prinsip kerja program, memahami alasan-alasan komputer dapat mengerjakan perintah-perintah yang diberikan, dan mampu menggambarkan logika jalannya program secara tertulis dengan algoritma(pseudo code) dan dilengkapi dengan diagram alir (flow chart) menggunakan suatu bahasa pemrograman tertentu.

Praktikum Algoritma dan Pemrograman

1 SKS Praktikum

Matakuliah Ini Membahas Jenis-Jenis Data dan Variabel, Operator Logika, Ekspresi Runtutan, Teknik Runtutan, Teknik Percabangan, Teknik Pengulangan, Prosedur, Fungsi, Array, Record. Setelah menyelesaikan kuliah ini, mahasiswa dapat memahami konsep-konsep dasar algoritma dan pemrograman dan dapat menerapkannya dalam bahasa pemrograman.

Arsitekur dan Organisasi Komputer

3 SKS Teori

Melalui mata kuliah Arsitektur dan Organisasi Komputer, mahasiswa diharapkan dapat mengetahui dan memahami evolusi dan kinerja komputer, struktur interkoneksi komponen komputer (sistem bus), memori cache, internal dan eksternal memori, modul I/O dan CPU sebagai bagian komponen komputer, Operating System Support, Computer Arithmetic, memahami lebih dalam mengenai set intruksi seperti fungsi, karakteristik, format dan teknik pengalamatannya.

Bahasa Inggris I

2 SKS Teori

Mata kuliah ini melatih keterampilan mahasiswa dalam memahami teks bahasa Inggris yang meliputi pengetahuan tentang tenses, vocabularies dan comprehensiona baik dalam kalimat positif, negatif maupun kalimat tanya.

Akuntansi

2 SKS Teori

Mata kuliah ini memberikan pemahaman dan pengetahuan tentang dasar akuntansi keuangan, persamaan akuntansi, teknik pemrosesan data akuntansi yang meliputi jurnal, buku besar, worksheet serta dasar penyusunan laporan keuangan baik untuk perusahaan jasa, dagang, maupun manufaktur. Setelah menyelesaikan mata kuliah ini mahasiswa diharapkan memiliki pemahaman dan pengetahuan tentang dasar akuntansi keuangan, sehingga dapat menyusun laporan keuangan perusahaan dagang, jasa, dan manufaktur.

Logika Informatika

3 SKS Teori

Dalam pembuatan suatu program untuk menyelesaikan permasalahan tertentu dibutuhkan suatu logika informatika agar program dapat dibuat dengan model terstruktur dan dapat digunakan menyelesaikan permasalahan yang ada. Mata kuliah ini mempelajari tentang dasar-dasar logika, tabel kebenaran, proposisi majemuk, tautologi, ekuivalensi logis, penyederhanaan, strategi pembalikan dan bentuk normal.

Kalkulus II

3 SKS Teori

Mata Kuliah Prasyarat
Kalkulus I

Mata kuliah ini dimaksudkan untuk memberi kemampuan pada mahasiswa tentang konsep–konsep matematika mengenai : teknik integrasi, penggunaan integral, bentuk tak tentu dan integral tak wajar, barisan dan deret, permukaan ruang dan fungsi skalar. Sebagai latar belakang untuk mengajarkan matematika di sekolah dan sebagai dasar pengembangan untuk matakuliah selanjutnya.

Sistem Basis Data

3 SKS Teori

Matakuliah Ini Membahas Pengantar Basis Data, Data dan Informasi, Hirarki dan Abstraksi Data, Normalisasi, Model Data, Basis Data Relasional, Pengenalan Model Entitiy Relationship (E-R), Model Entity Relationship (E-R) lanjut, Database Management System. Setelah menyelesaikan kuliah ini, mahasiswa dapat memahami dasar pembangunan suatu basis data.

Sistem Operasi

3 SKS Teori

Mata Kuliah Prasyarat
Arsitektur dan Organisasi Komputer

Matakuliah Ini Membahas Sekilas Sistem Komputer, Pengantar Sistem Operasi, Proses, Penjadwalan proses, Penjadwalan proses lanjutan, Kongkurensi, Mutual exclusion, Pengenalan Sistem Operasi yang banyak digunakan, Sistem Operasi Windows, Troubleshoot Sistem Operasi Windows, Linux. Setelah menyelesaikan kuliah ini, mahasiswa dapat memahami konsep sistem operasi serta dapat mengetahui perkembangan sistem operasi saat ini.

Bahasa Inggris II

2 SKS Teori

Mata Kuliah Prasyarat
Bahasa Inggris I

Matakuliah ini membahas mengenai introductory in practice, english listening, expressive english, communicative skill, passive voice, personal descriptions, object descriptions, customs and traditions, composing ideas, business corrospondence, modal verbs, around the world, family Life, dan Bob descriptions. Setelah menyelesaikan kuliah ini, mahasiswa dapat menggunakan bahasa inggris dengan baik serta dapat memanfaatkannya dengan baik pada mata kuliah yang lain.

Praktikum Algoritma dan Pemrograman

1 SKS Praktikum

Deskripsi singkat mata kuliah

Pengantar Teknologi Informasi

2 SKS Teori

Kuliah ini membahas pengenalan mengenai teknologi informasi mulai dari: teknologi dan informasi, perkembangan komputer, sistem komputer, perangkat keras komputer, perangkat lunak komputer, penyimpanan data, Central Processing Unit (CPU) dan memori, sistem bilangan dan format data, jaringan komputer, internet, pengenalan basis data, keamanan komputer dan etika komputer. Mahasiswa dapat mengetahui dan memahami hal-hal yang berkaitan dengan teknologi informasi.

Matematika Diskrit

3 SKS Teori

Matakuliah Ini Membahas Logika, Himpunan, Matrik, Relasi, Fungsi, Aljabar Boole, Graph, Pohon, Algoritma Pemrograman. Setelah menyelesaikan kuliah ini, mahasiswa dapat dasar-dasar logika serta himpunan yang merupakan dasar dari pemrograman.

Struktur Data

3 SKS Teori

Mata Kuliah Prasyarat
Algoritma dan Pemrograman

Matakuliah Ini Membahas Jenis-jenis Data, Array , Record, Stack, Queue, Pointer dan Function, Linked List, Tree, Graph, Sorting , Searching, Review Seluruh Materi. Setelah menyelesaikan kuliah ini, mahasiswa dapat memahami konsep struktur data dan penerapannya dalam program.

Praktikum Pemrograman I

1 SKS Praktikum

Mata Kuliah Prasyarat
Praktikum Algoritma dan Pemrograman

Matakuliah Ini Membahas Pendahuluan, Pengenalan Ide Visual Basic .Net, Gui, Menu, Pengenalan Terhadap Pemrograman Visual Basic.Net, Struktur Kontrol Bagian 1, Struktur Kontrol Bagian 2, Procedure Bagian 1, Procedure Bagian 2, Array. Setelah menyelesaikan kuliah ini, mahasiswa dapat memahami konsep-konsep dasar pemrograman dan dapat menerapkannya dalam bahasa pemrograman.

Bahasa Basis Data

2 SKS Teori

Mata Kuliah Prasyarat
Sistem Basis Data

Matakuliah Ini Membahas Pengantar basis data dan perintah dasar bahasa basis data (SQL ), Pengurutan (sorting) data, Fungsi-fungsi SQL, Fungsi-fungsi SQL lanjut dan pengambilan data dari multiple tabel, Fungsi Aggregate, Pembuatan dan pemeliharaan tabel, Manipulasi data, T-SQL Lanjut. Setelah menyelesaikan kuliah ini, mahasiswa dapat memahami konsep-konsep dasar basis data.

Praktikum Bahasa Basis Data

1 SKS Praktikum

Mata Kuliah Prasyarat
Sistem Basis Data

Matakuliah ini membahas pembuatan dan pemeliharaan tabel, manipulasi data, fungsi-fungsi SQL, pengurutan (sorting) data, pengambilan data dari multiple table, Fungsi Aggregate, Subqueries dan Set Operations, Views dan pengantar T-SQL, T-SQL Lanjut. Setelah menyelesaikan kuliah ini, mahasiswa dapat memahami dasar-dasar basis data serta penerapannya dalam bahasa pemrograman.

Komunikasi Data

3 SKS Teori

Matakuliah Ini Membahas Model Komunikasi, Transmisi Data, Transmisi Data (Lanjutan), Pengkodean Data / Data Encoding, Data Encoding (Lanjutan), Teknik Komunikasi Data Digital, Data Link Control, Data Link Control (Lanjutan), Multiplexing, Multiplexing (Lanjutan). Setelah menyelesaikan kuliah ini, mahasiswa dapat memahami konsep struktur data dan penerapannya dalam program.

Manajemen dan Organisasi

2 SKS Teori

Matakuliah Ini Membahas Gambaran Umum Manajemen, Gambaran Umum Organisasi, Fungsi Manajemen, Proses pengambilan keputusan, Wewenang, Delegasi dan Desentralisasi serta Kepemimpinan, Motivasi dan komunikasi dalam organisasi , Pengenalan proses bisnis dalam domain Teknologi Informasi (TI), Komponen-komponen proses bisnis, Model analisa terstruktur dan analisa berorientasi objek, Document flow diagram, Tugas, presentasi dan diskusi (document flow diagram), System flow diagram, Tugas, presentasi dan diskusi (system flow diagram). Setelah menyelesaikan kuliah ini, mahasiswa dapat memahami prinsip dasar manajemen dan organisasi serta dapat memahami proses bisnis suatu sistem dalam domain teknologi informasi.

Object Oriented Programming

2 SKS Teori

Mata Kuliah Prasyarat
Praktikum Algoritma dan Pemrograman

Matakuliah Ini Membahas Pengenalan Java, Pengenalan Java disertai First Simple Program (lanjutan 1) , Array, Class dan Objek, Objek dan Class (Lanjutan), Encapsulation dan Pewarisan (Inheretance), Polymorphism, Exception handling, Java GUI dan Koneksi ke database. Setelah menyelesaikan kuliah ini, mahasiswa dapat memahami prinsip dasar manajemen dan organisasi serta dapat memahami proses bisnis suatu sistem dalam domain teknologi informasi.

Statistika

3 SKS Teori

Mata Kuliah Prasyarat
Kalkulus I

Matakuliah Ini Membahas Pendahuluan Pengantar Statistik Distribusi Frekuensi, Ukuran Distribusi, Distribusi Variabel Acak, Hipotesis, Regresi Sederhana, Pengenalan SPSS dan statistik dalam penelitian, Uji Parametrik dan dengan SPSS, Uji Non Parametrik dengan SPSS, Uji Regresi Sederhana dengan SPSS, Uji Regresi Berganda dengan SPSS. Setelah menyelesaikan kuliah ini, mahasiswa dapat memahami konsep dasar statistika serta penerapannya dengan menggunakan SPSS.

Interpersonal Skill

2 SKS Teori

Matakuliah Ini Membahas Individu Manusia dan Ego, Memandang orang lain lebih penting, Mengendalikan diri dan orang lain, Teknik dasar dalam menghadapi orang, Menjadi pribadi yang menarik(1), Menjadi pribadi yang menarik(2), Mendengarkan dengan baik. , Membuat orang sependapat, Cara menarik kawan pada cara berfikir kita (1), Cara menarik kawan pada cara berfikir kita. (2), Pujian, Cara mengubah orang tanpa menimbulkan perlawanan atau sakit hati, Mengkritik orang lain tanpa menyakiti. Setelah menyelesaikan kuliah ini, mahasiswa dapat memahami dasar-dasar peningkatan kualitas diri dan teknik sosialisasi terhadap lingkungan sekitar.

Gambar Teknik

2 SKS Teori

Mata kuliah ini mencakup pemahaman dasar tentang penciptaan bentuk dua dimensional dan kombinasi penyajiannya dalam bentuk digital. Selain itu mata kuliah ini juga mencakup pembelajaran tentang simbol-simbol flowchart, entity relationship, object model, data flow diagram. Setelah menyelesaikan kuliah ini, mahasiswa diharapkan dapat memahami cara-cara penciptaan bentuk dua dimensional dan kombinasi penyajiannya dalam bentuk digital. Selain itu mahasiswa juga dapat memahami simbol-simbol apa saja yang digunakan dalam beberapa bentuk pemodelan alur dan data dalam dunia IT, mampu membaca diagram alur dalam bentuk flowchart dan entity relationship dan mampu menggambarkannya menggunakan software MS Viso. Beberapa bentuk pemodelan lainnya, seperti object model dan data flow diagramjuga dikenalkan pada mata kuliah ini, dan mahasiswa diharapkan mampu membaca alur yang digambarkan dari object-object tersebut.

Sistem Informasi Akuntansi

3 SKS Teori

Mata Kuliah Prasyarat
Akuntansi

Matakuliah Ini Membahas Pengenalan Sistem Informasi Akuntansi, Sistem Informasi Akuntansi,Teknologi Informasi dan Jaringan Komputer, Manajemen Data & Pemrosesan Data Berbasis Komputer, Pemrosesan Data Berbasis Komputer, Aplikasi SIA di Perusahaan, Mengenal Program Myob Accounting, Myob Perusahaan Jasa, Myob Perusahaan Dagang. Setelah menyelesaikan kuliah ini, mahasiswa dapat memahami konsep sistem informasi akuntansi serta penerapannya pada perusahaan dagang atau jasa.

Praktikum Pengenalan Citra I

1 SKS Praktikum

Mata Kuliah Prasyarat
Pengantar Teknologi Informasi

Matakuliah Ini Membahas Membuat dan memodifikasi obyek dasar, Teknik dasar pengelolaan grafik vector 1, Teknik dasar pengelolaan grafik vector 2 & Membuat obyek dengan teknik transformasi, Membuat obyek dengan teknik transformasi & Membuat obyek aplikatif dengan tools yang telah dipelajari, Membuat efek pada obyek(1), Membuat efek pada obyek(2), Teknik lanjutan pengelolaan grafik vector, Pemahaman dan pengertian dasar – dasar Adobe Photoshop, (Teknik dasar pengelolaan gambar bitmap & Image pada Adobe Photoshop dalam pengelolaan fle foto dan gambar), Teknik dasar pengelolaan gambar bitmap dengan selection tools, Tehnik lanjutan pengelolaan gambar bitmap, Pengolahan animasi sederhana. Setelah menyelesaikan kuliah ini, mahasiswa dapat memahami konsep-konsep dasar citra serta dapat menerapkannya dengan menggunakan adobe photoshop.

Metode Numerik

2 SKS Teori

Matakuliah Ini Membahas Pengantar Metoda Numerik, Penyelesaian persamaan non linier (1), Penyelesaian persamaan non linier (2), Penyelesaian persamaan non linier (3), Sistem Persamaan Linier (1), Sistem Persamaan Linier (2), Interpolasi (1), Interpolasi (2), Integrasi Numerik. Setelah menyelesaikan kuliah ini, mahasiswa dapat memodelkan suatu permasalahan kedalam pemodelan matematika sederhana dan menyelesaikannya dengan menggunakan Metode Numerik.

Aljabar Linier

2 SKS Teori

Mata Kuliah Prasyarat
Kalkulus II

Mata kuliah ini meliputi sistem bersamaan linear dan matriks, determinan, ruangan vektor, ruang hasil kali dalam, nilai eigen dan vektor eigen, transformasi linier dan ruang vektor kompleks. Mahasiswa mampu menguasai dan memahami konsepsi dasar aljabar linier yang terdiri dari pokok bahasan ruang vektor, matriks, determinan, persamaan linier. Akhirnya mahasiswa diharapkan mampu menerapkan konsep dasar aljabar linier tersebut pada bidang komputasi dan komputer.

Bahasa Indonesia

2 SKS Teori

Matakuliah Ini Membahas Pendahuluan, Ragam Bahasa, Penerapan EYD, Diksi, Kalimat Efektif, Paragraf / Alinea, Kerangka Karangan, Kutipan dan Daftar Pustaka, Karya Tulis, Mengkaji Karya Tulis. Setelah menyelesaikan kuliah ini, mahasiswa dapat memahami teknik-teknik dasar menggambar teknik.

Sistem Informasi Manajemen

3 SKS Teori

Mata Kuliah Prasyarat
Manajemen dan Organisasi

Dalam mata kuliah ini dibahas berbagai konsep sistem informasi sebagai penunjang dalam pemecahan masalah dan pengambilan keputusan. Dengan mempelajari mata kuliah ini, mahasiswa dapat menganalisis kebutuhan informasi suatu organisasi dan mendesain input-output subsistem yang diperlukan.

Analisa dan Desain Sistem Informasi

3 SKS Teori

Mata Kuliah Prasyarat
Manajemen dan Organisasi

Mata kuliah Ini Membahas Pengertian Sistem dan Analisis Sistem, Analisis Sistem, Identifikasi masalah, Perancangan Sistem Secara Umum, Analisis Sistem, Pendekatan Perancangan Terstruktur, Perancangan tahap Statement Of Purpose dan Event List, Diagram Alir, Praktek pembuatan Diagram Konteks dan Data Flow Diagram , Perancangan Sistem Terinci Database, Praktek Kamus data, Normalisasi, Entity Relationship Diagram(ERD). Setelah menyelesaikan kuliah ini, mahasiswa dapat memahami konsep dasar dalam analisa sistem serta penerapannya dalam proses perancangan basis data.

Data Integration

3 SKS Teori

Mata Kuliah Prasyarat
Bahasa Basis Data

Sistem integrasi data bertujuan untuk mengharmonisasikan data dari sejumlah sumber ke dalam bentuk yang koheren. Integrasi data melibatkan penggabungan data yang berasal dari sumber yang berbeda dan menyediakan bagi pengguna kedalam bentuk terintegrasi dalam mengelola data ini. Proses ini menjadi penting dalam berbagai situasi misalnya komersial (ketika dua perusahaan sejenis perlu untuk menggabungkan basis data mereka) dan ilmiah (menggabungkan hasil penelitian dari repositori bioinformatika berbeda). Integrasi data muncul dalam frekuensi yang meningkat sebagai volume dan kebutuhan untuk berbagi data dalam jumlah besar.

Jaringan Komputer

2 SKS Teori

Mata Kuliah Prasyarat
Komunikasi Data

Matakuliah Ini Membahas Konsep Dasar Jaringan, Struktur jaringan, Arsitektur Jaringan dan klasifikasi jaringan Komputer, Media Transmisi Jaringan Komputer, Internetworking, Model Referensi OSI (1), Model Referensi OSI (2), Jaringan Ethernet (1), Jaringan Ethernet (2), Internet Protocol, Protocol pada TCP/IP, Pengalamatan IP, Subnetting, DNS, E-Commerce. Setelah menyelesaikan kuliah ini, mahasiswa dapat memahami konsep dasar jaringan komputer serta teknik pengalamatan jaringan komputer.

Praktikum Object Oriented Programming

1 SKS Praktikum

Mata Kuliah Prasyarat
Object Oriented Programming

Matakuliah praktikum ini membahas Pengenalan Java, Pengenalan Java disertai First Simple Program (lanjutan 1) , Array, Class dan Objek, Objek dan Class (Lanjutan), Encapsulation dan Pewarisan (Inheretance), Polymorphism, Exception handling, Java GUI dan Koneksi ke database.

Praktikum Pemrograman II

2 SKS Teori

Mata Kuliah Prasyarat
Praktikum Pemrograman I
Praktikum Bahasa Basis Data

Matakuliah Ini Membahas Pemrograman Database dan Manipulasi, Penggunaan Objek ADO.NET, Menu dan Crystal Report, Project Akhir, Package Execute Program, Presentasi Project Akhir. Setelah menyelesaikan kuliah ini, mahasiswa dapat memahami konsep basis data serta mampu menerapkannya dengan bahasa pemrograman dengan tepat.

Komputer Masyarakat

2 SKS Teori

Matakuliah Ini Membahas Pendahuluan, Perkembangan Teknologi Internet, Perangkat Keras dan Fungsinya, Digital Literacy dan Information Literacy , E-commerce dan E-business, Publikasi Elektronik , Intellectual Property, Kejahatan Komputer dan sistem Keamanan Data, Komputer dan hukum, Masyarakat dan informasi, Komputer dan pemerintah, Etika dan tanggung jawab profesi, Review materi persiapan UAS dan memuat makalah tentang komputer masyarakat. Setelah menyelesaikan kuliah ini, mahasiswa dapat mengetahui perkembangan teknologi informasi yang berkembang saat ini di lingkungan masyarakat.

Operation Research

3 SKS Teori

Perkuliahan membahas Pendekatan Ilmu (science) dan Seni (art), Milestone perkembangan dan peran strategis Riset Operasional dalam aktifitas Management Science, Topik-topik utama dalam Riset Operasional, dan Riset Operasional dan teknologi informasi, Program Linier (linear programming), Metode Simpleks (simplex method), Metode Transportasi (transportation method),Model Jaringan (Network Model). Setelah menyelesaikan kuliah ini, mahasiswa diharapkan mempunyai kompetensi untuk memecahkan persoalan-persoalan yang berkaitan dengan pengambilan keputusan di dalam perusahaan.

Software Engineering

3 SKS Teori

Mata Kuliah Prasyarat
Analisa dan Desain Sistem Informasi

Matakuliah Ini Membahas Pengantar Rekayasa Perangkat Lunak, Software Crisis, Metodologi Rekayasa Perangkat Lunak, Manajemen Proyek Perangkat Lunak, Konsep dan Prinsip Analisis, Teknik Pengujian Perangkat Lunak, Strategi Pengujian Perangkat Lunak, Pemeliharaan Perangkat Lunak. Setelah menyelesaikan kuliah ini, mahasiswa dapat memahami dasar-dasar pembangunan perangkat lunak serta strategi pengujian dan pemeliharaanya.

Web Programming

2 SKS Teori

Mata Kuliah Prasyarat
Algoritma dan Pemrograman

Matakuliah ini membahas mengenai konsep pemrograman web statis dengan HTML, konsep pemrograman web dinamis dengan PHP yang disertai dengan pernyataan kondisi, pernyataan perulangan, form, array, fungsi, operasi string dan tanggal, file dan direktori, session dan cookies dan konsep pemrograman berorientasi objek pada PHP, database MySQL serta user interface web dengan CSS. Setelah menyelesaikan kuliah ini, mahasiswa diharapkan memiliki kemampuan dalam pemrograman web statis maupun dinamis dengan menggunakan HTML, PHP, MySQL dan CSS.

Praktikum Jaringan Komputer

1 SKS Praktikum

Mata Kuliah Prasyarat
Jaringan Komputer

Perkuliahan ini membahas tentang pengaplikasian serta pengkoneksian media transmisi Guided dan Unguided media, mengkonfigurasikan jaringan komputer menggunakan network command berbasis command prompt dan GUI, mengkonfigurasikan IP dan sub neting yang dipergunakan dalam jaringan komputer, mengkonfigurasikan NAT serta setting untuk pengaturan koneksi internet dalam jaringan komputer dan router. Setelah menyelesaikan kuliah ini, Mahasiswa diharapkan mampu mengaplikasikan media transmisi jaringan komputer serta melakukan konfigurasi perangkat yang digunakan dalam membangun jaringan komputer.

Mobile Programming

3 SKS Teori

Mata Kuliah Prasyarat
Praktikum Object Oriented Programming

Matakuliah ini mengajarkan tentang dasar dan konsep-konsep pemrograman perangkat bergerak (mobile) seperti: konsep sistem operasi perangkat bergerak, bundled database dan client server, XML dan parsing XML, Penggunaan ADT, dan pemrograman native dan pengembangannya seperti: Pembuatan GUI, Hardware Interface, Networking, dan Penyimpanan Data. Setelah menyelesaikan kuliah ini, mahasiswa diharapkan dapat menguasai konsep pemrograman berbasis mobile dan minimal mampu menghasilkan sebuah aplikasi berbasis mobile.

Praktikum Pengenalan Citra II

1 SKS Praktikum

Mata Kuliah Prasyarat
Praktikum Pengenalan Citra I

Perkuliahan ini membahas tentang mengenal berbagai Tools dan fasilitas pada ArcView, mempraktekkan Digitasi pada sebuah Peta dasar dengan ArcView, mempraktekkan penggunaan Tabel dan Grafik pada ArcView, mempraktekkan penggunaan dan penyajian Layout Peta pada ArcView, mempraktekkan penggunaan dan penyajian Hot Link pada ArcView, mempraktekkan fungsi – fungsi dan analisa kebumian menggunakan proses Geoprocessing, mempraktekkan fungsi dan analisa pemetaan menggunakan Google Earth, mempraktekkan fungsi dan analisa pemetaan menggunakan Google Maps sertatugas Proyek Pemetaan. Setelah menyelesaikan kuliah ini, Mahasiswa diharapkan mampu mengaplikasikan pengetahuan tentang Sistem Informasi Geografis kedalam sebuah proyek pemetaan.

Anggaran Perusahaan

3 SKS Teori MKP

Mata Kuliah Prasyarat
Pengantar Teknologi Informasi

Mata kuliah ini mengkaji konsep dasar sistem penganggaran menyeluruh, langkah-langkah penyusunan anggaran, penyusunan anggaran penjualan, anggaran produksi, anggaran bahan baku, anggaran tenaga kerja, anggaran biaya overhead dan biaya umum, proyeksi laba/rugi, capital budgeting, dan penyusunan proyeksi arus kas, dan analisis anggaran. Setelah mengikuti perkuliahan mata kuliah ini, mahasiswa mengetahui dan memahami konsep dasar sistem penganggaran menyeluruh dan mampu melakukan praktik penyusunan budget menyeluruh, budget produksi, budget bahan baku, budget tenaga kerja, budget biaya overhead, budget biaya administrasi umum, capital budgeting, budget kas, proyeksi laporan keuangan, dan analisis anggaran.

Audit Teknologi Informasi

3 SKS Teori MKP

Mata Kuliah Prasyarat
Sistem Informasi Manajemen

Mata kuliah ini memberikan konsep audit TI yang hasilnya dapat memberikan perbaikan bagi organisasi. Setelah mengikuti mata kuliah ini, mahasiswa dapat memahami konsep dan dasar audit TI yang hasilnya dapat memberikan perbaikan bagi organisasi.

Kerja Praktek

3 SKS Teori

Mata Kuliah Prasyarat
Telah menempuh minimal 90 SKS
Analisa dan Desain Sistem Informasi

Matakuliah ini disediakan bagi mahasiswa yang ingin melakukan kerja praktek di perusahaan atau institusi penelitian atau pengembangan. Lama kerja praktek berkisar antara 3-4 minggu (waktu penuh) dan 5-8 minggu (paruh waktu). Jenis pekerjaan dan tugas yang diberikan harus mendapat persetujuan dari dosen yang bertanggung-jawab pada matakuliah ini. Mahasiswa diharuskan untuk membuat laporan dan presentasi singkat tentang hasil kerja-prakteknya

Kewirausahaan

2 SKS Teori

Perkuliahan ini mempelajari konsep-konsep dasar kesuksesan, kemampuan dasar dan hubungannya dengan kesuksesan, berpikir positif dan maju, sikap-sikap dalam menumbuhkan jiwa wirausaha, tahap-tahap dalam merelasikan sebuah usaha, memahami kelayakan bisnis sederhana, management dan leadership, menjadi pemimpin efektif, kreatifitas dan inovasi, salesmanship dan marketing, pengelolaan keuangan dan customer service. Setelah menyelesaikan kuliah ini, Mahasiswa diharapkan memahami pengertian, perkembangan wirausaha, konsepsi wirausaha dan kewirausahaan, karakteristik, jiwa, semangat pribadi wirausaha dan upaya-upaya yang dilakukan wirausaha serta faktor-faktor yang merugikan wirausaha.

Riset Teknologi Informasi

3 SKS Teori

Mata Kuliah Prasyarat
Bahasa Indonesia

Perkuliahan ini membahas riset dalam bidang teknologi informasi, penelitian kuantitatif, penelitian kualitatif, jenis-jenis riset yang dilakukan dalam bidang teknologi informasi, menganalisa topik dan permasalahan yang akan diteliti, merumuskan masalah penelitian, merumuskan tujuan dan manfaat penelitian, mengenal bentuk dari sumber informasi sebagai referensi penelitian, teknik mengumpulkan data, menentukan populasi dan sampel, melakukan analisa data dengan teknik yang tepat, menyusun kesimpulan dan abstrak penelitian, menyusun proposal penelitian, melakukan perbaikan dari proposal penelitian sesuai dengan hasil evaluasi, mempresentasikan proposal penelitian yang telah disusun dan dievaluasi. Setelah menyelesaikan kuliah ini, Mahasiswa diharapkan memahami riset dalam bidang teknologi informasi dan mampu membuat, mengevaluasi serta mempresentasikan proposal penelitian.

Teknologi Informasi Pariwisata

3 SKS Teori

Mata Kuliah Prasyarat
Analisa dan Desain Sistem Informasi

Pembelajaran Teknologi informasi Pariwisata mempunyai tujuan memberikan wawasan, serta memastikan bahwa peserta pembelajaran memiliki skill yang cukup untuk memanfaatkan teknologi informasi di bidang pariwisata. dengan demikian, maka diharapkan setelah mengikuti pembelajaran ini mahasiswa akan memahami perkembangan teknologi informasi dan komunikasi, memahami mekanisme pengalamatan dan penamaan domain, serta mengenali berbagai aplikasi jaringan internet.

Praktikum Web Programming

1 SKS Praktikum

Mata Kuliah Prasyarat
Web Programming

Praktikum ini berisikan penerapan dari materi struktur dasar PHP, pernyataan kondisi, pernyataan perulangan, form, array, fungsi, operasi string dan tanggal, session dan cookies, pemrograman berorientasi objek di PHP, database dalam PHP, user interface web dan web dinamis sederhana.

Testing dan Implementasi Sistem

3 SKS Teori MKP

Mata Kuliah Prasyarat
Software Engineering

Matakuliah ini akan memberikan pemahaman & mengajarkan tentang materi yang dibutuhkan dalam melakukan testing terhadap sistem yang dibangun. Materi yang akan diberikan diantaranya adalah: terminologi yang dipakai pada lingkup pengujian perangkat lunak, teknik-teknik pengujian perangkat lunak, tahap-tahap pengujian perangkat lunak dan strategi pengujian perangkat lunak. Setelah mengikuti matakuliah ini, mahasiswa diharapkan mampu dalam melakukan konversi dari sistem lama ke sistem baru dan memahami langkah dalam implementasi sistem dan dapat melakukan review kembali.

Business Intelligence

3 SKS Teori MKP

Mata Kuliah Prasyarat
Data Integration

Matakuliah ini membahas konsep Data, Informasi, Pengetahuan, SPK dan BI serta kaitan antara SPK dengan BI; Memahami peran model matematika dalam BI; Konsep dan arsitektur data warehouse serta analisis cube dan multidimensional; Struktur model, membangun model dan kelas model matematika dalam BI; Konsep Definisi data mining, representasi input data, proses data mining dan metode analisis data mining; Data preparation: Validasi data, transformasi data dan reduksi data; Data Exploration: analisis univariate, analisis bivariate dan analisis multivariate; Regresi: struktur model regresi, simple linear regression, multiple linear regression, validation of regression models dan selection of predictive variables; Konsep time series, evaluasi model time series, analisis komponen time series, exponential smoothing models, autoregressive models, combination of predictive models dan the forecasting process; Konsep dan metode classification: classification problems, evaluation of classification models, classification trees, bayesian methods, logistic regression, neural networks dan support vector machines; konsep, struktur dan metode association rules, single-dimension association rules, apriori algorithm, general association rules; Konsep dan metode clustering: partition methods hierarchical methods, evaluasi model clustering. Setelah menyelesaikan kuliah ini, mahasiswa diharapkan memahami konsep, struktur, metode dan analisis dalam BI, sesuai dengan permasalahan yang ada untuk mendukung proses pengambilan keputusan.

Studi Kelayakan Bisnis

3 SKS Teori Pilihan

Mata Kuliah Prasyarat
Telah menempuh minimal 90 SKS

Perkuliahan ini membahas tentang pentingnya studi kelayakan bisnis dalam memulai usaha, pemilihan jenis usaha, spesifikasi produk dan segmentasi pasar, strategi pemasaran, proses dan perencanaan produksi, manajemen proyek, struktur organisasi, aspek hukum dalam usaha serta penyusunan anggaran dan cash flow usaha. Setelah menyelesaikan kuliah ini, Mahasiswa diharapkan memiliki pengetahuan studi kelayakan bisnis dan mampu menyusun proposal pembuatan usaha.

Enterprise Information System

3 SKS Teori Pilihan

Mata Kuliah Prasyarat
Sistem Informasi Manajemen

Konsentrasi ini akan mempelajari dengan mendalam peran komputer di dalam membantu menyelesaikan masalah pada bisnis dan industri. Untuk mencapai tujuan ini, mahasiswa akan mempelajari penggunaan komputer pada dunia bisnis dan industri sekaligus mempelajari manajemen yang diperlukan untuk membuat peran tersebut menjadi optimal.

Human Computer Interaction

3 SKS Teori

Mata Kuliah Prasyarat
Praktikum Pemrograman II

Matakuliah ini memberikan pemahaman tentang apa saja yang terlibat dan menjadi dasar dalam interaksi manusia dan komputer, faktor dan paradigma yang terlibat dalam interaksi, tingkat kepentingan perancangan user interface, proses perancangan user interface dan kegiatan yang dilakukan dalam proses tersebut, membangun menu sistem dan navigasi, serta mampu memilih window yang sesuai, konsep dialog yang dilakukan antara manusia dan komputer, perangkat-perangkat yang terlibat dalam interaksi, komunikasi dalam kelompok dan pemrosesan yang ubiquitous, teknik pengujian yang diterapkan pada rancangan yang telah dibuat, mengimplementasikan konsep perancangan ke dalam sebuah proyek kelompok serta mempresentasikan proyek yang dikerjakan. Setelah menyelesaikan kuliah ini, mahasiswa diharapkan dapat memahami interaksi yang terjadi antara manusia dan komputer serta mampu mengimplementasikannya dalam peracangan user interface.

Etika Profesi

2 SKS Teori

Matakuliah ini memberikan pemahaman tentang tinjauan umum etika, kebutuhan manusia akan pekerjaan, arti profesi dan profesionalisme, tinjauan profesi di bidang teknologi informasi, meningkatkan profesionalisme pekerja teknologi informasi, peran organisasi dank ode etik dalam sebuah profesi, tinjauan etika di dunia maya, etika bagi programmer, tinjauan etika bisnis dalam teknologi informasi, undang-undang hak cipta dan perlindungan program komputer, berbagai lisensi dan berkembannya perangkat lunak bebas, tinjauan regulasi kejahatan di internet, etika bisnis, pasar bebas serta peran pemerintah. Setelah menyelesaikan kuliah ini, mahasiswa diharapkan dapat memahami berbagai etika dalam profesi di bidang teknologi informasi.

e-Commerce

3 SKS Teori MKP

Mata Kuliah Prasyarat
Praktikum Web Programming

Mata kuliah ini memberikan pengetahuan tentang dasar-dasar e-commerce dan perancangan e-commerce. Mahasiswa diharapkan dapat mengerti mengenai dasar aplikasi berbasis web, Internet Business Plan, pengantar E-Commerce, konsep dan implementasi B2B (Business To Business), B2C (Business To Customer), E-Learning, E-Government, E-Procurement, E-Banking, Groupware dan Aplikasi Enterprise. Mengenal dan memberi pengertian tentang teknik dan jenis transaksi elektronik, serta konsep dalam mengaplikasikan teknik-teknik tersebut dalam kehidupan dunia nyata.

Object Oriented Analysis and Design

3 SKS Teori Pilihan

Mata Kuliah Prasyarat
PPraktikum Object Oriented Programming

Perkuliahan ini membahas perlunya metode berorientasi objek (OOA & OOD), memahami proses pengumpulan dan pengelolaan kebutuhan dalam pembangunan perangkat lunak (requirements management), menggambarkan serta menganalisis fungsionalitas dari suatu sistem, menggambarkan proses bisnis dalam domain object oriented, menggambarkan interaksi antara objek dalam suatu urutan sekuensial, hubungan antara objek yang digambarkan dalam class-class serta mempraktekkan untuk memulai sebuah proyek pengembangan perangkat lunak.

Decision Support System

3 SKS Teori Pilihan

Mata Kuliah Prasyarat
Data Integration

Matakuliah ini memberikan pemahaman tentang kebutuhan informasi bagi suatu perusahaan dan dasar pengambilan keputusan, menentukan masalah pengambilan keputusan dan proses bagaimana keputusan diambil. Selain itu mahasiswa diharapkan memahami pentingnya informasi bagi pengambilan keputusan, mendesain dan membuat perangkat lunak pengambilan keputusan untuk suatu kasus tertentu dan mengetahui metode yang digunakan untuk mengambil keputusan secara berkelompok untuk kelangsungan perusahaan.

Artificial Intelligence

3 SKS Teori Pilihan

Mata Kuliah Prasyarat
Matematika Diskrit

Perkuliahan ini mempelajari bagaiaman cara manusia berpikir, beradaptasi dan belajar, untuk diterapkan kedalam mesin sebagai pengganti manusia. Setelah menyelesaikan kuliah ini, Mahasiswa diharapkan memahami konsep kecerdasan buatan, jaringan syaraf tiruan dan logika fuzzy, serta mampu mengaplikasikannya ke dalam persoalan praktis.

Manajemen Pemasaran

2 SKS Teori

Matakuliah ini memberikan pemahaman tentang konsep marketing, konsep dasar menajemen pemasaran, pengertian dan cirri pendekatan pemasaran, unsur-unsur dalam sistem pemasaran, manfaat dan memahami laporan riset pemasaran, menganalisa dan menentukan SPT, menganalisa prilaku konsumen, studi kasus konsep pemasaran, bauran pemasaran, perencanaan strategis pemasaran, konsep branding, pengawasan pemasaran dan pembahasan kasus-kasus pemasaran. Setelah menyelesaikan kuliah ini, mahasiswa diharapkan dapat memahami peranan pemasaran dalam bisnis, prilaku konsumen, perencanaan bulanan pemasaran, organisasi pemasaran, kebijakan dan strategi pemasaran.

Tugas Akhir

SKS Teori

Mata Kuliah Prasyarat

Tugas Akhir (TA) adalah karya ilmiah yang disusun menurut kaidah keilmuan dan ditulis berdasarkan kaidah Bahasa Indonesia yang baik dan benar, di bawah pengawasan atau pengarahan dosen pembimbing, dan tugas akhir ini merupakan syarat wajib untuk kelulusan mahasiswa di STMIK STIKOM Indonesia.

Sistem Komputer

Syarat kelulusan adalah menempuh 138 SKS Mata Kuliah Wajib dan 6 SKS Mata Kuliah Pilihan, maka totalnya 144 SKS

Klik semester dibawah untuk melihat detail mata kuliah yang ditawarkan

Fisika Dasar

3 SKS Teori

Matakuliah ini membahasa mengenai vektor, kinematika, dinamika, gelombang, temperatur, kalor, dan fluida. Setelah menyelesaikan kuliah ini, mahasiswa dapat memahami konsep-konsep dalam bidang fisika.

Kalkulus I

3 SKS Teori

Perkuliahan ini membahas Sistem bilangan (bilangan real dan imajiner), fungsi dan grafik, pertidaksamaan, limit fungsi, turunan, terapan turunan, integral, terapan integral. Setelah menyelesaikan kuliah ini, Mahasiswa menguasai prinsip-prinsip dan metode matematika dengan cukup untuk dapat menganalisa gejala fisik serta merumuskan dan memecahkan masalah-masalah yang timbul dalam bidang teknik.

Algoritma dan Pemrograman

3 SKS Teori

Matakuliah Ini Membahas Logika Informatika dan Algoritma, Algoritma dan Flowchart Analisis Masalah Dan Penyelesaiannya, Teknik Runtutan, Teknik Percabangan, Teknik Pengulangan, Prosedur, Fungsi, Array, Record, Subrutin & Rekursi. Setelah menyelesaikan kuliah ini, mahasiswa dapat memahami dasar-dasar pemrograman.

Praktikum Algoritma dan Pemrograman

1 SKS Praktikum

Matakuliah Ini Membahas Jenis-Jenis Data dan Variabel, Operator Logika, Ekspresi Runtutan, Teknik Runtutan, Teknik Percabangan, Teknik Pengulangan, Prosedur, Fungsi, Array, Record. Setelah menyelesaikan kuliah ini, mahasiswa dapat memahami konsep-konsep dasar algoritma dan pemrograman dan dapat menerapkannya dalam bahasa pemrograman.

Dasar Sistem Komputer

3 SKS Teori

Matakuliah ini mengajarkan tentang pengenalan komputer dan elemen dasar sistem komputer, jenis komputer, memory dan media penyimpanan, metode troubleshooting, representasi dan alur permosesan data, basis bilangan, standar ukur peralatan komputer. Memahami elemen dasar dari suatu sistem komputer baik hardware maupun software dan mampu menerapkan dalam bidang teknik. Diharapkan mahasiswa dapat memahami lebih dalam dasar dari sistem komputer guna melanjutkan perkuliahan pada semester yang lebih lanjut.

Elektronika

2 SKS Teori

Kuliah ini membahas dasar-dasar elektronika seperti: dasar fisika mengenai arus dan voltase, dasar dan sifat komponen elektronika resistor dan dioda, Bentuk voltase dan Arus, teori rangkaian mencakup huku ohm dan hukum kircoff serta teorema norton dan thevenin, pengenalan kapasitor dan induktor serta sifat kapasitansi dan induktansi, teori semikonduktor, Transistor, Operational Amplifier, FET, MOSFET. Mengenal dan memberi pengertian tentang karakteristik dan parameter-parameter utama dari komponen-komponen elektronika, metode dan teknik pencatuan, analisis rangkaian dengan komponen aktif.

Praktikum Elektronika

1 SKS Praktikum

Kuliah ini adalah kuliah praktikum dari matakuliah elektronika membahas beberapa modul tentang alat ukur dan pengukuran, rangkaian arus searah, hukum ohm, pembagi tegangan dan pembatas arus, rangkaian arus bolak-balik yaitu Rangkaian RC, Diferensiator, Integrator, Low Pass Filter dan High Pass Filter, rangkaian dioda sebagai penyearah gelombang, rangkaian transistor untuk mengetahui karakteristik transistor dan rangkaian penguat dengan menggunakan operational amplifier (OpAmp).

Agama

2 SKS Teori

Mata kuliah Agama dirancang untuk mempelajari Agama guna terbinanya mahasiswa yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berbudi pekerti luhur, berfikir filosofis, bersikap rasional dan berpandangan luas dalam kehidupan beragama.

Bahasa Inggris I

2 SKS Teori

Perkuliahan membahas tentang basic english conversation: strategi conversation, short conversation; function of language: particular grammer structure, concept of functional expression; reading activity: reading strategies, pemahaman authentic text, authentic reading skill, basic writing: concept of writing, tahapan dalam proses writing, jenis-jenis short writing; basic writing: composing writing, analysis of composing sentence & paragraph; vocabulary activity: vocabulary items, vocabulary development strategy; expressing ideas: konsep expressing & describing ideas, the basic elements in describing practice; talking about experience: describing experience, personal characteristics; habit: simple present in practice, describing routine activity; english practice: english practice approach, design popular topics; concept of past activity; ordinary and cardinal numbers; expressing date, addresses, ages, time, schedule.

Rangkaian Listrik

3 SKS Teori

Mata Kuliah Prasyarat
Fisika Dasar

Kuliah ini membahas dasar-dasar rangkaian listrik mulai dari: konsep dasar rangkaian listrik, hukum Kirchhoff dan hubungan rangkaian, elemen-elemen rangkaian listrik, analisis rangkaian dan teorema rangkaian. Mahasiswa dapat memahami konsep dasar dari rangkaian listrik dan dapat menganalisa serta menyelesaikan permasalahan yang ada dalam rangkaian listrik.

Arsitektur dan Organisasi Komputer

3 SKS Teori

Matakuliah ini membahas pengenalan arsitektur komputer, mikroprocesor, STACK & FIFO, Memory, I/O sub system, Konsep pipeline, Arsitektur Multiprosesor dancontrol flow Architectur. Organisasi komputer yaituStrukturdanfungsi CPU, set instruksi, Organisasi program, Organisasi mesin, Rangkaian Interkoneksi : Bus, Transmission. Setelah menyelesaikan kuliah ini, mahasiswa dapat mengerti prinsip-prinsip perancangan sebuah sistem komputer modern.

Matrik dan Transformasi Linear

3 SKS Teori

Matakuliah ini membahas mengenai matriks, eliminasi gauss, determinan, inversi matriks, vektor pada bidang dan ruang, ruang hasil asli dalam, nilai dan vektor eigen, transformasi linear. Setelah menyelesaikan kuliah ini, mahasiswa dapat memahami konsep-konsep dasar matriks dan transformasi linear.

Kalkulus II

3 SKS Teori

Mata Kuliah Prasyarat
Kalkulus I

Perkuliahan membahas Matriks, determinan, invers; sistem persamaan linier; Multi variabel; Determinan Jacobiandan Hessian. Menguasai prinsip-prinsip dan metoda matematika dengan cukup untuk dapat menganalisis gejala fisik serta merumuskan dan memecahkan masalah-masalah yang timbul dalam bidang teknik.

Multimedia

3 SKS Teori

Matakuliah ini mengajarkan tentang dasar-dasar dan platform multimedia melalui pengenalan dasar-dasar software. Mata kuliah ini mengajarkan tentang pengolahan dasar objek-objek multimedia melalui software pengolahan gambar bitmap dan vector, serta pengolahan suara sebagai salah satu elemen multimedia. Setelah menyelesaikan kuliah ini, mahasiswa diharapkan dapat memahami dan menguasai pengolahan objek melalui aplikasi penunjang dalam menghasilkan sebuah karya yang lebih menarik.

Sistem Basis Data

2 SKS Teori

Perkuliahan membahas mengenai konsep dan komponen basis data, konsep data dan informasi serta bagaimana menghasilkannya, konsep hirarki dan abstraksi data, tahapan normalisasi data, model data berbasis objek dan record, sistem basis data relational, kompoenen, notasi dan tahapan pembuatan Model Entitiy Relationship (E-R), macam-macam dan fitur Database Management System serta bahasa basis data. Mahasiswa mampu memahami konsep dan perancangan basis data relational, tahap-tahap normalisasi dan konsep database management system.

Praktikum Sistem Basis Data

1 SKS Praktikum

Mata Kuliah Prasyarat

Matakuliah ini membahas pembuatan dan pemeliharaan tabel, manipulasi data, fungsi-fungsi SQL, pengurutan (sorting) data, pengambilan data dari multiple table, Fungsi Aggregate, Subqueries dan Set Operations, Views dan pengantar T-SQL, T-SQL Lanjut. Setelah menyelesaikan kuliah ini, mahasiswa dapat memahami dasar-dasar basis data serta penerapannya dalam bahasa pemrograman.

Bahasa Inggris II

2 SKS Teori

Mata Kuliah Prasyarat
Bahasa Inggris I

Matakuliah ini membahas mengenaiintroductory in practice, english listening, expressive english, communicative skill, passive voice, personal descriptions, object descriptions, customs and traditions, composing ideas, business corrospondence, modal verbs, around the world, family Life, dan Bob descriptions.

Komunikasi Data

3 SKS Teori

Perkuliahan ini membahas Model Komunikasi; Konsep Transmisi Data: transmisi data analog dan digital, transmission impairmants, media transmisi; Data Encoding: (data digital, sinyal analog), (data digital, sinyal analog), (Data Analog, Sinyal Digital), (Data Analog, Sinyal Analog); Teknik Komunikasi Data Digital: transmisi asynchronous dan synchronous, Teknik Deteksi Error (Error Detection Techniques); Data Link Control: jalur konfigurasi, flow control, error control, bit oriented link control, Multiplexing: Frequency Division Multiplexing (FDM) Time Division Multiplexing (TDM).

Pemrograman Visual I

2 SKS Teori

Matakuliah ini membahas GUI, Menu, Prosedur serta Array pada Visual Basic.NET. Setelah menyelesaikan kuliah ini, mahasiswa diharapkan memahami konsep pemrograman visual dengan menggunakan Visual Basic.NET.

Praktikum Pemrograman Visual I

1 SKS Praktikum

Matakuliah ini membahas GUI, Menu, Prosedur serta Array pada Visual Basic.NET. Setelah menyelesaikan kuliah ini, mahasiswa diharapkan mampu mengapliksikan pemrograman visual menggunakan Visual Basic.NET.

Sistem Operasi

3 SKS Teori

Matakuliah ini membahas mengenai pengantar sistem komputer, proses dan penjadwalannya sistem operasi, kongkruensi, mutual exclusion, serta trubleshooting sistem operasi yang popoler digunakan (Windows dan Linux). Setelah menyelesaikan kuliah ini, mahasiswa memahami konsep sistem operasi dan proses-proses yang ada didalamnya serta mampu melakukan troubleshooting sistem operasi Windows dan Linux.

Pancasila dan Kewarganegaraan

2 SKS Teori

Mata kuliah ini membahasa materi pendidikan Pancasila dari Sejarah, UUD 1945, Dinamika pelaksanaan UUD 1945, Pancasila sebagai Filsafat, Sistem Etika, Ideologi, dan Paradigma Pembangunan Nasional, memahami landasan dasar Negara sebagai ideologi bermasyarakat dan menumbuhkan sikap demokratis dalam mengaktualisasikan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila. Mata kuliah ini juga mengkaji tentang : nilai dan norma; moral dan kesadaran moral; teori perkembangan moral; hakekat pendidikan nilai/moral dan pendidikan nilai di Indonesia. Setelah menyelesaikan kuliah ini, mahasiswa diharapkan dapat meningkatkan rasa nasionalisme berbangsa dan bernegara dalam lingkup Negara Kesatuaan Republik Indonesia, penghormatan terhadap nilai-nilai kemanusiaan, serta memperkokoh landasan jati diri sebagai bangsa Indonesia yang memiliki keberagaman suku, adat maupun agama. Dengan demikian diharapkan tercipta suatu kehidupan yang harmonis dan damai antara sesama warga bangsa Indonesia.

Sistem Digital

2 SKS Teori

Perkuliahan membahas Sistem bilangan biner; dasar rangkaian digital: logika biner, gerbang logika, aljabar Boolean, bentuk standar fungsi Boolean, representasi, penyederhanaan dan manipulasi fungsi Boolean dengan Karnaugh-Map; Rangkaian kombinasi: prosedur analisis & perancangan rangkaian kombinasi, rangkaian aritmatika, decoder, multiplexer; Rangkaian sekuensial: latch, flip-flop, characteristic table, excitation table, state table, state diagram, propagation delay, analisis dan perancarigan rangkaian sekuensial; Rangkaian register dan counter; Memori & Programmable Logic; Perancangan komputer digital sederhana. Mahasiswa mampu memahami dengan benar konsep dasar sistem digital sebagai pembentuk komponen utama komputer, dan dapat menganalisis serta merancang sistem digital sederhana.

Praktikum Sistem Digital

1 SKS Praktikum

Praktikum ini membahas pembuatan dan perancangan sistem digital sederhana. Mahasiswa mampu mahasiswa diharapkan mampu menerapkan teori sistem digital pada praktek laboratorium.

Jaringan Komputer

2 SKS Teori

Matakuliah ini membahas mengenai konsep, tujuan dan manfaat jaringan computer; Struktur, Topologi jaringan (Bus, Ring & Star) dan Klasifikasi Jaringan Komputer (LAN, MAN & WAN); Model transmisi jaringan: Guided Media(Coakcial, UTP, STP, FO dll), Unguided Media(Infra red, Bluetooth, wifi, wimax dll); Konsep internetworking: Network, Networking & Subnetwork, Traffic, Cognestion, collision, Hub, Switch, Router & Bridge, Collision Domain & Broadcast Domain; Konsep model referensi OSI, Layer Application, Layer Presentation, Layer Session, Layer Transport, Layer Network, Layer Data Link, Layer Physical; Konsep Ethernet, Ethernet Half-Duplex dan Full-Duplex, Ethernet pada layer Data Link, Pengalamatan Ethernet dan Frame Ethernet; 802.2 dan SNAP, Ethernet di Layer Physical, Pengkabelan Ethernet; TCP/IP dan Model DoD serta TCP/IP Layer; Telnet, FTP, TFTP, NFS, SMTP, LPD, DHCP, TCP, UDP, IP, ARP; Terminologi IP, IPv4 & IPv6 Skema Hierarki Pengalamatan IP, Pengalamatan Network, Private IP, Alamat Broadcast, NAT; Dasar-dasar Subnetting, Subnet Mask, CIDR, Skenario Nyata Subnetting; konsep, struktur, cara kerja dan masalah seputar DNS; konsep, tipe-tipe dan aplikasi E-Commerce. Setelah menyelesaikan kuliah ini, mahasiswa diharapkan memahami konsep dasar, arsitektur, struktur, media transmisi, model referensi OSI, protocol, pengelamanat IP, subneting dan DNS dalam jaringan komputer.

Praktikum Jaringan Komputer

1 SKS Praktikum

Matakuliah ini membahas mengenai guided serta unguided media, networks command, IP dan subnetting, NAT, internet dan routing. Setelah menyelesaikan kuliah ini, mahasiswa dapat memahami konsep-konsep dasar dalam jaringan komputer dan dapat menerapkannya dalam dunia nyata.

Struktur Data

3 SKS Teori

Matakuliah Ini Membahas Jenis-jenis Data, Array , Record, Stack, Queue, Pointer dan Function, Linked List, Tree, Graph, Sorting , Searching, Review Seluruh Materi. Setelah menyelesaikan kuliah ini, mahasiswa dapat memahami konsep struktur data dan penerapannya dalam program.

Interpersonal Skill

2 SKS Teori

Matakuliah ini membahas mengenai konsep berfikir kreatif tentang hubungan manusia, memahami ego manusia dan kodrat manusia; Pentingnya membuat orang lain lebih penting dan cara terampil membuat orang lain penting; Mengendalikan tindakan dan sikap orang lain, Berbicara terampil dengan orang lain dan cara terampil untuk melakukannya; Cara menciptakan kesan yang baik dengan tidak mengkritik, menghukum atau mengeluh, memberikan perhatian dan penghargaan yang tulus dan murni; Menjadi pribadi yang menarik dengan menerapkan Triple – A ( Acceptance / Penerimaan, Approval / Persetujuan dan Appreciation / Apreasiasi; Alasan dan cara terampil mendengarkan orang; Teknik membuat orang sependapat: Aturan untuk memenangkan perdebatan, Cara terampil mempengaruhi dan meyakinkan orang, Cara trampil untuk membuat orang mengatakan ya ”rahasia socrates”; Cara menarik kawan pada cara berfikir kita; Pentingnya memberi pujian dan cara terampil untuk memuji orang serta cara terampil untuk berterima kasih kepada orang lain; Cara mengubah orang tanpa menimbulkan perlawanan atau sakit hati; Cara Mengkritik orang lain tanpa menyakiti. Setelah menyelesaikan kuliah ini, mahasiswa diharapkan memahami dan mempraktekkan teknik berkomunikasi dengan orang lain secara efektif.

Pemrograman Visual II

2 SKS Teori

Mata Kuliah Prasyarat
Pemrograman Visual I

Mahasiswa mampu membangun sebuah aplikasi database menggunakan Bahasa Pemrograman Delphi. Mahasiswa mengenal konsep database client/server dasar. Mampu membuat database dengan menggunakan MySQL 5.0. Teori database dasar (tabel, field, record, primary key, dll). Membuat database dengan MySQL.

Praktikum Pemrograman Visual II

1 SKS Praktikum

Mata Kuliah Prasyarat
Pemrograman Visual I

Mahasiswa mampu membangun sebuah aplikasi database menggunakan Bahasa Pemrograman Delphi. Mahasiswa mampu melakukan akses dasar pada tabel MySQL (viewing, inserting, updating, deleting, cursor moving, dan searching) dalam Delphi menggunakan third-party component.

Sensor dan Tranduser

3 SKS Teori

Pada perkuliahan ini dibahas : Sistem pengukuran berbasis elektronika, pengertian sensor, transducer, impedansi inpu/output, karakteristik dinamik dan statik, impedansi inpu/output, karakteristik dinamik dan statik, Terminologi sensor, rangkaian elektronik pendukung : hubungan, pentanahan, dan proteksi sensor. Sensor bersifat resitif, kapasitif, dan induktif. Sensor temperatur, sensor pergeseran dan posisi, sensor tekanan,dan gaya, sensor akselerasi dan vibrasi, sensor bioelektrik dan elektroda, sensor proximity, sensor flow, level, optical, dan sensor chemical. Setelah mengikuti mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan mampu menerapkan Sensor dan transducer pada sistem kontrol (otomatisasi industri) dan sistem instrumentasi.

Pemrosesan Paralel

3 SKS Teori

Mata Kuliah Prasyarat
Sistem Operasi

Kuliah ini membahas dasar-dasar pemrosesan paralel mulai dari: pendahuluan komputasi paralel, komputer paralel, komputasi message-passing, embarrasingly parallel computation, strategi pembagian dan devide-and-conquer, komputasi dengan pipeline, komputasi sinkron, load balancing dan deteksi terminasi, pemrograman dengan shared memory, sistem dan pemrograman distributed shared memory dan contoh algoritma serta aplikasinya. Mahasiswa dapat mengetahui dan memahami konsep dasar dari komputasi paralel dan algoritma serta aplikasinya.

Bahasa Indonesia

3 SKS Teori

Matakuliah ini membahas mengenai perkembangan Bahasa Indonesia dan IPTEK; Ragam Bahasa: Ragam resmi dan tidak resmi, Sifat-sifat ragam bahasa, Ragam sosial dan keilmuan; Pungtuasi / Tanda Baca : notasi ilmiah, macam-macam pungtuasi, penggunaan pungtuasi; Diksi: Pengertian diksi, Syarat ketepatan diksi, Gaya bahasa dan idiom; Struktur dasar kalimat, Jenis kalimat dan fungsinya serta syarat pembentukan kalimat efektif; Struktur paragraph, Jenis-jenis paragraf dan Pola pengembangan paragraf; Pengertian dan manfaat kerangka karangan serta Penyusunan kerangka karangan, Kutipan langsung dan tidak langsung, Unsur-unsur daftar pustaka, Cara menyusun daftar pustaka; Karya tulis ilmiah dan non ilmiah serta Karakteristik dan kriteria karya ilmiah. Setelah menyelesaikan kuliah ini, mahasiswa diharapkan mampu menulis karya ilmiah sesuai kaidah bahasa Indonesia yang baik dan benar.

Pemrograman Web

SKS Teori

Mata Kuliah Prasyarat
2

Matakuliah ini membahas mengenai konsep pemrograman web statis dengan HTML, konsep pemrograman web dinamis dengan PHP yang disertai dengan pernyataan kondisi, pernyataan perulangan, form, array, fungsi, operasi string dan tanggal, file dan direktori, session dan cookies dan konsep pemrograman berorientasi objek pada PHP, database MySQL serta user interface web dengan CSS. Setelah menyelesaikan kuliah ini, mahasiswa diharapkan memiliki kemampuan dalam pemrograman web statis maupun dinamis dengan menggunakan HTML, PHP, MySQL dan CSS.

Praktikum Pemrograman Web

1 SKS Praktikum

Mata Kuliah Prasyarat
Pemrograman Visual I

Praktikum ini berisikan penerapan dari materi struktur dasar PHP, pernyataan kondisi, pernyataan perulangan, form, array, fungsi, operasi string dan tanggal, session dan cookies, pemrograman berorientasi objek di PHP, database dalam PHP, user interface web dan web dinamis sederhana. Mahasiswa dapat membuat web dinamis sederhana menggunakan bahasa pemrograman PHP, HTML dan database MySQL.

Manajemen Jaringan dan Server

2 SKS Teori

Mata Kuliah Prasyarat
Jaringan Komputer

Matakuliah ini mempelajari tindakan/ kegiatan yang dilakukan agar sebuah server dapat bekerja dengan seefisien mungkin dan dapat bekerja dengan baik tanpa adanya masalah yang memungkinkan terjadinya sebuah server gagal berfungsi (down) atau terganggu kinerjanya

Praktikum Manajemen Jaringan dan Server

1 SKS Praktikum

Mata Kuliah Prasyarat
Jaringan Komputer

Deskripsi singkat mata kuliah

Teknik Interface dan Peripheral

3 SKS Teori

Mata Kuliah Prasyarat
Sistem Operasi

Matakuliah ini membahas Pengenalan konsep interfacing dan aplikasinya, Rangkaian dasar interface dan sifat listrik interface; Interfacing layer, Handsaking dan protocol; Data, Address dan Control bus, Asynchronous dan Synchronoud. Setelah menyelesaikan kuliah ini, mahasiswa diharapkan mampu memahami konsep, prinsip dasar interfacing dan aplikasinya dalam sistem komputer.

Praktikum Teknik Interface dan Periperal

1 SKS Praktikum

Mata Kuliah Prasyarat
Sistem Operasi

Matakuliah ini mempraktekkan komunikasi paralelel yaitu pemrograman Port Pralel, LED Driver dan Input Port Paralel; Komuniaksi serial: Interfacing Port Serial dan Pemrograman Port Serial; Dasar akuisisi dan knversi: Dasar-dasar akuisisi data, Digital to Analog converter (DAC), Analog to Digital Converter (ADC). Setelah menyelesaikan kuliah ini, mahasiswa diharapkan mampu mempraktekkan komunikasi parallel serta dasar serial dan akuisisi dan konversi.

Object Oriented Programming

SKS Teori

Mata Kuliah Prasyarat
Pemrograman Visual II

Matakuliah ini membahas mengenai Pengenalan Java: Tipe data, variabel, Reader input, java output, formating output in java, Control flow in java: conditional statements, loops, determinate loops, multiple selection; Array satu dimensi, Array dua dimensi dan Pengaksesan array satu dimensi dan dua dimensi, Mendefinisikan Class, Aturan penulisan Class, Contoh Class sederhana, Elemen didalam Class, Mendeklarasikan objek, Acces modifier, Konstruktor, Method Static field, Dasar overloading, Abstract Class, Interface dalam Java, Konsep Encapsulation Akses Encapsulation, Inheretance; Dasar polymorphism, Override method, Polymorphism static Polymorphism dynamic; Konsep dasar exception handling, Error handling, Catch and throw, User defined handling; Java Swing dan AWT serta Connection database dengan Mysql. Setelah menyelesaikan kuliah ini, mahasiswa diharapkan mampu memahami konsep pemrograman berorientasi objek menggunakan bahasa pemrograman Java.

Praktikum Object Oriented Programming

1 SKS Praktikum

Mata Kuliah Prasyarat
Pemrograman Visual II

Matakuliah ini membahas mengenai pengenalan bahasa pemrograma java, variabel, tipe data, operator, perulangan, percabangan, class, objek, inheritence, java GUI (swing). Setelah menyelesaikan kuliah ini, mahasiswa dapat memahami prinsip dasar pemrograman yang berorientasi objek serta dapat menerapkannya menggunakan bahasa pemrograman java.

Keamanan Sistem Komputer

3 SKS Teori

Matakuliah ini membahas Pengenalan Keamanan Komputer: Masalah keamanan sistem komputer secara umum dan etika, Dasar-dasar gangguan keamanan computer, Prinsip dasar perancangan sistem yang aman, Aspek-aspek ancaman keamanan, Metodologi keamanan, Mendeteksi dan mencegah serangan serta Lima langkah keamanan komputer; Physical Security: Bangunan, Ruang Komputer, Komputer dan Media Penyimpanan; Macam-masam serangan kejahatan computer dan Biometric; Operating System Security: Model-model keamanan dalam sistem operasi, Perancangan sistem operasi yang aman, Bentuk serangan terhadap sistem operasi, Tinjauan terhadap sistem operasi yang aman dan Contoh sistem operasi yang aman; Konsep Pengamanan Jaringan Komputer: Konsep dasar jaringan computer, Bentuk-bentuk ancaman terhadap jaringan computer, Bentuk pengendalian terhadap keamanan jaringan computer, Konsep trusted guards, gateways dan firewall, Keamanan dalam LAN(Local Area Network) dan WAN (Wide Area Network); Konsep Kriptography: Sejarah Kriptografi, Penyadi monoalfabetik dan polialfabetik, Penggunaan public key, Metode enkripsi DES (Data Encryption Standar), AES (Advance Encryption Standard), RSA (Rivest, Shamir, Adleman) serta Fungsi Hash untuk Kriptografi; Konsep Steganography : Sejarah steganography, Perbedaan steganography dengan kriptografi, Teknik steganography, Embedding methods, Metode LSB, Metode Domain Transformasi dan Spread-Spectrum Encoding; Konsep Watermarking: Sejarah Watermarking, Kasifikasi, tipe, tujuan dan karakteristik Watermark, Cara kerja Watermark; Pengaturan Keamanan: Pengaturan keamanan dalam PC, Analisa resiko, Perencanaan keamanan dalam sistem computer.

Kewirausahaan

2 SKS Teori

Matakuliah ini membahas mengenai Pengertian Wirausaha, difinisi Sukses dan Hambatan-hambatan dalam pencapaian kesuksesan; Kemampuan dasar yang berhubungan dengan kesuksesan: IQ (intelligence Quotient ); EQ (Emotional Quotient), FQ (Financial Quotient ), SQ (Spiritual Quotient ). Mata kuliah ini bertujuan memahami potensi, menumbuhkan pikiran positif dan maju serta memotivasi mahasiswa untuk menumbuhkan jiwa kewirausahaan mahasiswa.

Pengolahan Citra Digital

3 SKS Teori

Mata Kuliah Prasyarat
Matrik dan Transformasi Linear

Mata kuliah ini mempelajarkan ilmu dasar-dasar pengolahan citra digital, Representasi Citra, Operasi Titik dan Geometri pada Citra, Filtering (Pentapisan) dan Konvolusi Pada Citra, Morphologi Citra, Deteksi Tepi dan Segmentasi Citra. Setelah menyelesaikan kuliah ini, mahasiswa diharapkan dapat menguasai konsep dan aplikasi pengolahan citra digital dan pengenalan pola pada citra digital.

Operation Research

SKS Teori

Mata Kuliah Prasyarat

Perkuliahan membahas Pendekatan Ilmu (science) dan Seni (art), Milestone perkembangan dan peran strategis Riset Operasional dalam aktifitas Management Science, Topik-topik utama dalam Riset Operasional, dan Riset Operasional dan teknologi informasi, Program Linier (linear programming), Metode Simpleks (simplex method), Metode Transportasi (transportation method),Model Jaringan (Network Model). Setelah menyelesaikan kuliah ini, mahasiswa diharapkan mempunyai kompetensi untuk memecahkan persoalan-persoalan yang berkaitan dengan pengambilan keputusan di dalam perusahaan.

Manajemen Pemasaran

2 SKS Teori

Matakuliah ini membahas mengenai Pengertian dan Istilah dalam Pemasaran; Konsep Pemasaran dari era ke era; Perbedaan konsep konvensional dan modern, Kasus-kasus perusahaan dengan perubahan dari era ke era tersebut; Konsep Pendekatan Pemasaran, Jenis, contoh dan perbedaannya; Konsep lingkungan, Unsur lingkungan external dan internal serta pengaruh lingkungan terhadap pemasaran; Konsep, Manfaat, Ruang Lungkup serta laporan Riset Pemasaran. Setelah menyelesaikan kuliah ini, mahasiswa diharapkan memahami konsep pemasaran dan mampu menerapkan strategi yang ada dalam memenangkan persaingan bisnis.

Sistem Informasi Geografis

2 SKS Teori

Mata Kuliah Prasyarat
Pemrograman Visual II

Perkuliahan membahas pengenalan tools dan fasilitas yang ada pada ArcView, melakukan digitasi peta, penggunaan tabel dan grafik pada peta, penggunaan layout pada peta, penggunaan dan penyajian hotlink, memahami geoprocessing, memahami Google Earth dan Google Maps. Setelah menyelesaikan kuliah ini, mahasiswa diharapkan mempunyai kompetensi untuk melakukan pemetaan menggunakan tools dan fungsi yang disediakan pada ArcView, Google Earth dan Google Maps.

Praktikum Sistem Informasi Geografis

1 SKS Praktikum

Mata Kuliah Prasyarat
Pemrograman Visual II

Praktikum ini membahas mengenai pengenalan awal ArcView, digitasi peta, tabel dan grafik, layout peta, hotlink, geoprocessing, google earth, dan google maps. Setelah menyelesaikan kuliah ini membangun suatu system informasi geografis sederhana.

Artificial Intelligence

3 SKS Teori

Mata Kuliah Prasyarat
Sistem Digital

Matakuliah ini membahas mengenai Konsep Kecerdasan Buatan dan Kecerdasan Alami, Komputasi Kecerdasan Buatan dan Komputasi Konvensional, Sejarah dan Lingkup Kecerdasan Buatan, Soft Computing. Setelah menyelesaikan kuliah ini, mahasiswa diharapkan memahami konsep, metode dan teknik, logika serta algoritma yang ada dalam kecerdasan buatan.

Mikrokontroler

2 SKS Teori

Mata Kuliah Prasyarat
Teknik Interface dan Peripheral

Matakuliahini membahas mengenai arsitektur mikrokontroler, memory, pemrograman c pada mikrokontroler, kendali pewaktuan, interupt, aplikasi mikrokontroler ATMEGA 16 dan ARDUINO. Setelah menyelesaikan kuliah ini, mahasiswa dapat memahami konsep-konsep dasar mikro kontroler.

Praktikum Mikrokontroler

1 SKS Praktikum

Mata Kuliah Prasyarat
Teknik Interface dan Peripheral

Memahami prinsip kerja mikrokonroler. Memahami cara pemprograman mikrokontroler. Memahami cara membuat berbagai aplikasi mikrokontroler. Mampu merancang dan mengimplementasikan dalam berbagai aplikasi. Arsitektur mikrokontroler, sistem minimum, program simulasi AVR studio, dasar input dan output, waktu tunda, aplikasi penampil lcd, aplikasi keypad, adc, dac, interupsi, timer, counter, komparator analog, komunikasi serial (USART).

Mobile Programming

3 SKS Teori

Mata Kuliah Prasyarat
Object Oriented Programming

Matakuliah ini mengajarkan tentang dasar dan konsep-konsep pemrograman perangkat bergerak (mobile) seperti: konsep sistem operasi perangkat bergerak, bundled database dan client server, XML dan parsing XML, Penggunaan ADT, dan pemrograman native dan pengembangannya seperti: Pembuatan GUI, Hardware Interface, Networking, dan Penyimpanan Data. Setelah menyelesaikan kuliah ini, mahasiswa diharapkan dapat menguasai konsep pemrograman berbasis mobile dan minimal mampu menghasilkan sebuah aplikasi berbasis mobile.

Mata Kuliah Pilihan

3 SKS Teori Pilihan

Mata Kuliah Prasyarat
Telah menempuh minimal 90 SKS

Etika Profesi

2 SKS Teori

Mata kuliah ini membahas tinjauan umum etika; pekerjaan, profesi, professional dan pengukuran profesionalisme; gambaran umum pekerjaan di bidang TI, standardisasi profesi TI menurut IPKIN dan SRIGPS – SEARCC; Peningkatan profesionalitas serta sertifikasi berorientasi produk dan jenis pekerjaan; Pembentukan organisasi profesi dan fungsi pokok organisasi profesi, organisasi profesi di bidang TI di Indonesia, kode etik profesi dan tanggung jawab moral; Pelanggaran Etika Berinternet; Etika dalam membuat program; Tinjauan Etika Bisnis dalam Teknologi Informasi; Perlindungan Hak Cipta Terhadap Program Komputer; Tinjauan regulasi kejahatan di internet; Etika Bisnis; Pasar Bebas dan Peran Pemerintah. Setelah menyelesaikan kuliah ini, mahasiswa diharapkan mampu memahami, mematuhi dan menerapkan etika, profesi dan professionalitas dibidang TI.

Human Computer Interaction

3 SKS Teori

Perkuliahan ini membahas konsep dasar dan istilah dalam perancangan interface; faktor-faktor yang terlibat dalam proses interaksi; design focus yang menjadi perhatian pada faktor-faktor pelaku proses interaksi; faktor manusia dalam interaksi. Input-output, memory, emosi, psikologi, dan perbedaan individual; faktor komputer dalam interaksi. Mahasiswa mampu memahami dengan benar konsep dasar perancangan dan mampu merancang serta menguji user interface yang memenuhi prinsip-prinsip user interface yang baik.

Statistika

3 SKS Teori

Perkuliahan ini membahas mengenai pengantar statistik, frekuensi data kualitatif, frekuensi data kuantitatif; Ukuran Nilai Sentral, Letak, Penyebaran, Populasi dan sampel; Distribusi dinomial, Poisson, Normal; Sampel Besar dan kecil; Persamaan regresi linier (estimasi regresi), Kesalahan baku dari dugaan, Determinasi, Korelasi, Uji signifikansi; Distribusi frekuensi dengan SPSS, Ukuran Nilai Sentral, letak, penyebaran dengan SPSS, grafik, bentuk-bentuk kuesioner, penentuan sampel, konversi penilaian kuantitatif dan kualitatif, pemilihan teknik-teknik statistic; Pengujian untuk sampel tunggal, independen, dependen; Uji Kolmogrof-Smirnov, Wilcoxon, Mann-Whitney, Friedman, Kruskal Wallis; Persamaan regresi linier (estimasi regresi), kesalahan baku dari dugaan, Determinasi, Korelasi, Uji signifikansi; Persamaan regresi berganda, keselahan baku dari dugaan, Uji signifikansi secara parsial dan secara simultan.

Robotika

2 SKS Teori

Mata Kuliah Prasyarat

Perkuliahan ini membahas pengenalan peratan pembuat robot, jenis-jenis robot, pergerakan robot, gear, titik berat, motor (speed & torque), jenis-jenis sensor, catudaya; perancangan body robot, pemilihan bahan yang sesuai dengan kemampuan robot, konsep penempatan roda, catudaya dan sensor, perancangan kontroler dengan ORCAD, kontroler dengan program sederhana, seleksi sensor berdasarkan kemampuan dalam mendeteksi, pembuatan rancangan sensor dengan ORCAD, pemilihan driver motor yang sesuai dengan arus yang dibutuhkan oleh motor, perancangan driver motor dengan menggunakan ORCAD, menganalisis seluruh rangkaian setelah dirangkai menjadi satu, mengukur besarnya arus yang digunakan untuk menentukan besarnya catudaya yang dipakai, merancang dan membuat program yang terintegrasi antar input dan output.

Praktikum Robotika

1 SKS Praktikum

Mata Kuliah Prasyarat
Mikrokontroler

Mahasiswa mampu menggunakan dan membaca nilai input digital dan analog. Mahasiswa mampu membedakan komponen-komponen dengan nilai digital dan analog. Mahasiswa mampu mengkombinasikan penggunaan mikrokontroller dengan komponen-komponen digital dan analog.

Mata Kuliah Pilihan

3 SKS Teori Pilihan

Mata Kuliah Prasyarat
Telah menempuh minimal 90 SKS

Teknologi Informasi Pariwisata

3 SKS Teori

Pembelajaran Teknologi informasi Pariwisata mempunyai tujuan memberikan wawasan, serta memastikan bahwa peserta pembelajaran memiliki skill yang cukup untuk memanfaatkan teknologi informasi di bidang pariwisata. Dengan demikian, maka diharapkan setelah mengikuti pembelajaran ini mahasiswa akan memahami perkembangan teknologi informasi dan komunikasi, memahami mekanisme pengalamatan dan penamaan domain, serta mengenali berbagai aplikasi jaringan internet.

Kerja Praktek

3 SKS Teori

Mata Kuliah Prasyarat
Telah menempuh minimal 90 SKS

Matakuliah ini disediakan bagi mahasiswa yang ingin melakukan kerja praktek di perusahaan atau institusi penelitian atau pengembangan. Lama kerja praktek berkisar antara 3-4 minggu (waktu penuh) dan 5-8 minggu (paruh waktu). Jenis pekerjaan dan tugas yang diberikan harus mendapat persetujuan dari dosen yang bertanggung-jawab pada matakuliah ini. Mahasiswa diharuskan untuk membuat laporan dan presentasi singkat tentang hasil kerja-prakteknya.

Tugas Akhir

6 SKS Teori

Mata Kuliah Prasyarat
Telah menempuh minimal 120 SKS

Tugas Akhir (TA) adalah karya ilmiah yang disusun menurut kaidah keilmuan dan ditulis berdasarkan kaidah Bahasa Indonesia yang baik dan benar, di bawah pengawasan atau pengarahan dosen pembimbing, dan tugas akhir ini merupakan syarat wajib untuk kelulusan mahasiswa di STMIK STIKOM Indonesia.

Computer Vision

3 SKS Teori 

Mata Kuliah Prasyarat
Telah menempuh minimal 90 SKS

Matakuliah ini membahas mengenai penglihatan biologis, pengolahan citra dengan komputer, deteksi tepi dan bentuk, deteksi pusat masa dan blob, picel clasification, template matching, pengenalan wajah, stereo vision, motion detection, tracking motion. Setelah menyelesaikan kuliah ini, mahasiswa dapat memahami konsep-konsep dasar computer vision.

Disaster Recovery

3 SKS Teori 

Mata Kuliah Prasyarat
Telah menempuh minimal 90 SKS

Matakuliah ini membahas mengenai konsep, fase-fase serta pelunya disaster recovery. Setelah menyelesaikan kuliah ini, mahasiswa diharapkan memahami konsep, fase-fase serta mampu menyusun cetak biru disaster recovery.

Studi Kelayakan Bisnis

3 SKS Teori 

Mata Kuliah Prasyarat
Telah menempuh minimal 90 SKS

Matakuliah ini membahas mengenai Konsep dan Fungsi Bisnis, Pentingnya Studi Kelayakan Bisnis dalam memulai suatu usaha, Pemilihan jenis usaha, Spesifikasi produk, Segmentasi produk, Analisa pasar, Analisa pesaing, Strategi Pemasaran dengan bauran pemasaran Proses produksi, Perencanaan produksi, Gantt Chart, Manajemen Proyek, Struktur Organisasi Proses Rekrutmen, Bentuk bentuk badan usaha, Prosedur dan legalitas pendirian usaha Komponen biaya/ anggaran, Estimasi biaya, Penyusunan anggaran pendirian usaha, Penyusunan cashflow perusahaan, Time value of money dan tingkat suku bunga, Kriteria Investasi (IRR, Payback Period dll), AMDAL serta prosedur penyusunannya.

Komputer Forensik

3 SKS Teori 

Mata Kuliah Prasyarat
Telah menempuh minimal 90 SKS

Komputer forensik adalah “Penurapan, pengolahan, pemeliharaan, dan analisis informasi yang diperoleh  dari sistem, jaringan, aplikasi, atau sumber daya komputasi lain, untuk menentukan  sumber serangan terhadap sumber-sumber itu. ” (Joel Weise and Brad Powell, 2005), Kegiatan-kegiatan ini dilakukan dalam perjalanan sebuah investigasi forensik komputer sebenarnya yang dirasakan atau serangan terhadap sumber daya komputer.