Optimalkan Pelaksanaan Tri Dharma, STIKI Indonesia Berlakukan SSD

Kepala LPPM STIKI Indonesia Ida Bagus Ari Indra Iswara, M. Kom jelaskan teknisi kegiatan SSD (19/11) yang lalu.

Kepala LPPM STIKI Indonesia Ida Bagus Ari Indra Iswara, M. Kom jelaskan teknisi kegiatan SSD (19/11) yang lalu.

Denpasar – Upaya meningkatkan dan mengoptimalkan tugas pokok dan fungsi (tupoksi) dosen STIKI Indonesia (STMIK STIKOM Indonesia), yaitu berupa pelaksanaan Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat atau yang sering disebut dengan istilah Tri Dharma, kini semakin mantap dilaksanakan.

Hal tersebut terbukti dengan dimulainya gerakan STIKI Science Day (SSD) yang telah dilaunching pada Senin (19/11) yang lalu.

Menurut Ida Bagus Ary Indra Iswara, M.Kom selaku Kepala Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) STIKI Indonesia mengatakan bahwa kegiatan SSD tersebut merupakan sebuah upaya mengoptimalkan kewajiban dosen di STIKI Indonesia untuk melaksanakan Tri Dharma.

“STIKI Indonesia ingin agar dosen semakin optimal dalam melaksanakan kewajibannya untuk mengajar, meneliti dan mengabdi. Agar optimal, terarah, dan terukur maka kami bersama 2 lembaga lain yaitu LPTPK dan LPIK berinisiatif untuk menyelenggarakan aksi STIKI Science Day atau SSD ini” jelas pria yang disapa Gus Ari ini.

Dijelaskan juga bahwa dalam kegiatan SSD tersebut, para dosen akan membuat perencanaan kegiatan yang menyangkut Tri Dharma hingga pada tahap mengerjakan dan pelaporan hasil kegiatan SSD.

“Kita siapkan agar setiap hari Senin, semua dosen mengerjakan apa yang telah direncanakan dalam rangka pelaksanaan Tri Dharma itu misalnya ada yang buat buku, membuat penelitian, membuat proyek Kreativitas, kemudian setiap minggu kita evaluasi pelaksanaan atau realisasinya, sejauh mana progresnya kita kuantitatifkan sehingga benar-benar terukur” tambah Gus Ari.

Untuk memastikan kegiatan SSD ini berlangsung secara efektif dan produktif, LPTPK STIKI Indonesia sebagai lembaga yang mengurus Sumber Daya Manusia akan memantau seluruh aktivitas para dosen.

Sementara itu, LPIK STIKI Indonesia dalam hal SSD ini memiliki andil dalam menyiapkan fasilitas seperti laboratorium dan peralatan yang diperlukan oleh dosen sehingga terjamin ketersediaannya.

Dilihat dari segi kesiapan para dosen untuk melaksanakan kegiatan SSD ini, nampaknya sangat antusias. Terbukti, setelah kegiatan itu dilaunching para dosen beramai-ramai mengisi formulir perencanaan kegiatan SSD dalam kurun waktu satu tahun akademik. (inwa)