Program Pendidikan

Jenjang Strata 1 (S1) di bidang komputer

Penyelenggaraan pendidikan di STMIK STIKOM INDONESIA (STIKI) dilakukan melalui kuliah, yaitu merupakan proses belajar mengajar yang dapat meliputi komunikasi langsung dan tidak langsung, praktikum, pemberian tugas akademik, dan lain-lain. Dalam penyelenggaraan pendidikan dapat diadakan seminar, diskusi panel, lokakarya, praktikum dan kegiatan ilmiah lainnya.

Kegiatan akademik dilakukan terjadwal pada kalender akademik untuk satu tahun ajaran. Kegiatan perkuliahan diselenggarakan oleh program studi di bawah koordinasi Pembantu Ketua 1 (Bidang Akademik). Penyusunan jadwal mata kuliah dikoordinasikan oleh bagian akademik (BAAK). Selama perkuliahan, kehadiran mahasiswa dipantau oleh dosen pengajar mata kuliah bersangkutan.

Sistem Kredit Semester

Kegiatan pendidikan STIKI dilaksanakan dengan menggunakan Sistem Kredit yang waktu penyelenggaraannya diatur dengan menggunakan Sistem Semester. Sistem pendidikan seperti ini dikenal sebagai sistem kredit semester. Dalam sistem kredit semester perencanaan, penyusunan, dan pelaksanaan program pendidikan menggunakan Kredit Semester sebagai satuan beban pendidikan, yang dinyatakan dalam Satuan Kredit Semester (SKS). Dengan demikian beban studi mahasiswa, beban kerja dosen, dan beban penyelenggaraan pendidikan diukur dan dinyatakan dalam Satuan Kredit Semester. Semester adalah satuan waktu kegiatan yang terdiri atas 13-15 minggu kuliah atau kegiatan terjadwal lain, berikut kegiatan iringan, termasuk 2 sampai 3 minggu kegiatan penilaian. Nilai satu satuan kredit semester (SKS) per minggu setara dengan lima puluh (50) menit acara tatap muka terjadwal antara dosen dan mahasiswa.

Beban kredit jenjang S-1 sebesar 146 SKS. Beban kredit dapat ditempuh maksimal 24 SKS per semester. Rata-rata diperlukan sekitar delapan semester untuk menyelesaikan pendidikan di STIKI. Waktu tempuh maksimal adalah empat belas semester. Sebutan setelah lulus adalah Sarjana Komputer (S.Kom).

Waktu Perkuliahan

Perkuliahan di STIKI dilaksanakan pada hari Senin hingga Sabtu. Setiap harinya terdapat dua sesi perkuliahan, pagi dan sore yang jadwalnya dapat disesuaikan dengan kondisi mahasiswa. Perkuliahan pagi dimulai pukul 07.30 hingga 17.15. Perkuliahan malam dimulai pukul 17.30 hingga 22.00 ditujukan kepada mahasiswa yang sudah bekerja.

Bimbingan Akademik

Bimbingan akademik bertujuan agar mahasiswa dapat menyelesaikan studinya dengan baik sesuai dengan minat dan kemampuannya. Pembimbing Akademik (PA) atau Dosen Wali adalah tenaga fungsional akademik yang mempunyai tugas:

  • Memberikan pengarahan secara tepat kepada mahasiswa dalam penyusunan program dan beban studinya serta dalam mata kuliah yang diambilnya.
  • Membantu mahasiswa dalam mengatasi masalah-masalah studi yang dialaminya
  • Membantu mahasiswa dalam mengembangkan sikap dan kebiasaan belajar yang baik
  • Memberikan rekomendasi tentang tingkat keberhasilan studi mahasiswa un- tuk keperluan tertentu

Perencanaan Studi

Perencanaan beban studi merupakan penyusunan program akademik oleh mahasiswa. Mahasiswa mengisikan rencana studi lewat Kartu Rencana Studi. Untuk membantu kelancaran pendaftaran, disediakan petunjuk-petunjuk tertulis yang antara lain berupa:

  • Kalender akademik memuat masa perkuliahan dan kegiatan akademik lainnya
  • Buku pedoman dan kurikulum
  • Daftar berisi jadwal mata kuliah dan praktek laboratorium yang ditawarkan