Program Studi

2 program studi dengan 3 pilihan peminatan

STMIK STIKOM INDONESIA (STIKI) memiliki program pendidikan bidang komputer sebagai berikut:

Chip icon

Sistem Komputer

Menciptakan sarjana profesional yang memiliki kemampuan memanfaatkan teknologi sistem cerdas dan sistem digital untuk mendukung perkembangan industri pariwisata berwawasan budaya. Selengkapnya »
Window application icon

Teknik Informatika

Membentuk sarjana komputer di bidang teknik informatika, dengan kemampuan mengolah serta menganalisa sistem informasi, multimedia, dan memanfaatkan teknologi terkini dalam mendukung perkembangan industri pariwisata berwawasan budaya. Selengkapnya »

Sistem Komputer

Program studi Sistem Komputer (SK) memiliki misi melaksanakan pendidikan tinggi berkualitas di bidang sistem komputer dengan menitikberatkan pada bidang sistem cerdas dan sistem digital.

Visi

Menjadikan program studi yang membentuk sarjana komputer yang memiliki kemampuan memanfaatkan teknologi sistem cerdas dan sistem digital untuk mendukung perkembangan industri pari wisata berwawasan budaya.

Misi

  • Melaksanakan pendidikan tinggi berkualitas di bidang sistem komputer dengan menitikberatkan pada bidang sistem cerdas dan sistem digital.;
  • Menyelenggarakan kegiatan penelitian dan pengembangan keilmuan dalam bidang sistem komputer dengan melibatkan mahasiswa secara aktif;
  • Melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat melalui penerapan keilmuan dalam bidang sistem komputer dengan melibatkan peran mahasiswa secara aktif;
  • Menyelenggarakan kegiatan akademik dan non akademik yang menghasilkan lulusan yang professional dalam bidang sistem komputer dan memiliki jiwa wirausaha;
  • Melaksanakan kegiatan operasional program studi sistem komputer yang berasaskan kekeluargaan dan professional.

Keahlian yang didapatkan

Jurusan Sistem Komputer mempersiapkan Anda agar dapat memahami dan merancang sistem komputer secara menyeluruh, mencakup piranti keras (hardware), piranti lunak (software), dan jaringan komputer (network), yang nantinya dapat diterapkan pada bidang teknologi informasi, meliputi perancangan perangkat komputer yang bersifat pintar (intelligent), bergerak, dan mudah dibawa (mobility), serta dapat terhubung ke jaringan luas (connectivity).

Embedded System

Untuk mahasiswa yang tertarik pada pembuatan produk berbasis sistem embedded yang bersifat intelligent atau mobile, baik untuk keperluan Perusahaan & lain-lain, dengan memperhatikan nilai ekonomi dan kehandalan produk. Sistem embedded dapat berupa Microcontroller 8-bit sederhana sampai penggunaan operating system yang lain.

Communication System

Untuk mahasiswa yang ingin berkarir di bidang sistem komunikasi yang meliputi jaringan komputer. Mahasiswa akan dibekali dengan kemampuan perancangan dan pengelolaan sistem jaringan komunikasi data (wired & wireless). sehingga lulusan diharapkan dapat langsung menerapkan ilmunya dan bersaing di lapangan kerja.

Robotics and Automation

Untuk mahasiswa yang menyenangi bidang robotika, intelligence system, dan otomatisasi industri. Bidang ini sangat menantang, terutama mengingatkan tenaga ahli Indonesia di bidang ini masih langka sehingga kesempatan berkarir masih terbuka lebar. Untuk mendukung peminatan ini, Mahasiswa STIKI INDONESIA mempunyai Kemampuan Programmable Logic (PLC), yaitu perangkat kontrol yang banyak digunakan di industri.

Intelligent System

Merupakan peminatan yang menyajikan pendalaman berbagai teknik kecerdasan yang dapat diterapkan pada pemecahan masalah. Peminatan ini mendalami berbagai bidang artificial intelligence seperti: Neural Computing, Computer Vision, Expert System dan Fuzzy Logic (Genetic Algorithm).

Prospek Keahlian

Lulusan Jurusan Sistem Komputer dapat mulai meniti karir diberbagai profesi, seperti system engineer, embedded system developer, soft embedded programmer, control system engineer, network administrator, network designer, robotic engineer, computer system engineer. Secara detail peluang kerja yang didapat untuk alumnus jurusan Sistem Komputer adalah sebagai berikut:

Wirausaha

  • Mendirikan usaha dalam bidang jasa konsultan dibidang IT
  • Membuka usaha komputer manufaktur
  • Produsen alat-alat mekanik, mainan, atau robot

Bekerja Pada Perusahaan Lain

  • Sebagai dosen pengajar di Perguruan Tinggi dengan keahlian yang dimiliki
  • Sebagai tenaga IT baik di instansi pemerintah maupun swasta
  • Sebagai ahli system analis diberbagai perusahaan atau instansi baik milik pemerintah maupun swasta

Syarat Kelulusan

Untuk menyelesaikan pendidikan sarjana pada program studi sistem komputer, mahasiswa diwajibkan mengumpulkan sekurang-kurangnya 144 sks mata kuliah yang meliputi mata kuliah wajib sebanyak 138 sks (termasuk tugas akhir dan kerja praktek) dan mata kuliah pilihan sebanyak 6 sks.

Mata Kuliah Wajib

Mata kuliah wajib merupakan mata kuliah yang wajib diambil oleh maha- siswa. Mata kuliah wajib program studi terdiri atas 138 sks.

Mata Kuliah pilihan

Pada dasarnya mahasiswa bebas memilih mata kuliah pilihan yang tersedia. Namun demikian, agar mahasiswa memiliki suatu kesatuan kemampuan yang memadai, maka dalam memilih mata kuliah ini mahasiswa berkonsultasi dan memperhatikan saran-saran dosen pembimbing akademik.


Teknik Informatika

Program studi Teknik Informatika (TI) memiliki misi melaksanakan pendidikan yang berfokus pada kebutuhan pengembangan ilmu dan teknologi berbasis komputer untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kemampuan mengolah serta menganalisa sistem informasi, multimedia, dan memanfaatkan teknologi terkini dalam mendukung perkembangan industri pariwisata berwawasan budaya. 

Visi

Menjadikan Program Studi yang membentuk sarjana komputer di bidang teknik informatika, dengan kemampuan mengolah serta menganalisa sistem informasi, multimedia, dan memanfaatkan teknologi terkini dalam mendukung perkembangan industri pariwisata berwawasan budaya.

Misi

  • Menyelenggarakan pendidikan tinggi dalam suasana akademik yang kondusif untuk menghasilkan lulusan yang bermutu dan relevan dengan tuntutan kebutuhan masyarakat;
  • Mengembangkan sistem pengelolaan pendidikan tinggi yang menunjang pelaksanaan tri dharma perguruan tinggi;
  • Menjalin kerjasama dengan pihak eksternal untuk menunjang terciptanya peningkatan kualitas pendidikan secara berkelanjutan;
  • Meningkatkan kualitas tenaga pendidik dan tenaga kependidikan guna menunjang kontribusi keilmuan dan pelayanan kepada civitas akademika;
  • Mengembangkan pusat kajian ilmu pengetahuan dan teknologi komputer yang mendukung industri pariwisata berwawasan budaya.

Peminatan

Program studi Teknik Informatika memiliki tiga peminatan

Manajemen Teknik Informatika (TI-MTI)

Bertujuan menciptakan sarjana professional di bidang teknologi komputer dengan multi-discipline science yang akan mempunyai kemampuan dalam hal computerized problem solving dengan penekanan pada bidang logika dan pemprograman berbasis intranet, internet dan mobile, pengelolaan piranti perangkat lunak, sistem dan manajemen basis data, komunikasi data dan jaringan komputer.

Desain Grafis dan Multimedia (TI-DGM)

Bertujuan menciptakan sarjana profesional di bidang teknologi komputer dengan multi-discipline science yang akan mempunyai kemampuan dalam merancang Desain Grafis dan Multimedia untuk menghasilkan karya berbasis desain grafis dan multimedia serta pembuatan situs/web perusahaan/instansi, video editing, program tayangan televisi, desain display product, animasi 2 dan 3 dimensi, corporate identity serta marketing kit.

Komputer Akuntansi dan Bisnis (TI-KAB)

Dirancang berdasarkan kebutuhan tenaga kerja pada industri yang menginkan adanya tenaga kerja yang handal dalam bidang komputer serta ahli dalam bidang akuntansi dan bisnis dengan mata kuliah Akuntansi Manajemen, Anggaran Perusahaan, Akuntansi Perbankan, Public Relation, Akuntansi Komputer, Etika Bisnis, Komputer Bisnis, serta Manajemen Pemasaran.

Prospek

Wirausaha

  • Dapat membuka jasa pelayanan komputer yang terpadu
  • Sebagai pengusaha penyedia tenaga ahli atau tenaga Trainner dalam bidang IT
  • Mendirikan usaha dalam bidang penyedia Software
  • Mendirikan usaha dalam bidang Production House, Video Shooting, Jasa Transfer dan Video Editing
  • Membuka usaha dalam bidang digital printing atau media massa
  • Membuka usaha dalam bidang periklanan

Bekerja pada perusahaan lain

  • Sebagai dosen di Perguruan Tinggi sesuai dengan keahlian yang dimiliki
  • Sebagai Computer Engineering and Maintenance, baik di instansi pemerintah maupun perusahaan swasta
  • Menjadi Programmer Expert
  • Sebagai tenaga ahli animasi atau animator di perusahaan bidang publikasi (TV pemerintah maupun swasta)
  • Sebagai Web Master

Syarat Kelulusan

Untuk menyelesaikan pendidikan sarjana pada program studi teknik informatika, mahasiswa diwajibkan mengumpulkan sekurang-kurangnya 144 sks mata kuliah yang meliputi mata kuliah wajib sebanyak 120 sks (termasuk tugas akhir dan kerja praktek), mata kuliah wajib konsentrasi 15 sks dan mata kuliah pilihan sebanyak 9 sks.

Mata Kuliah Wajib

Mata kuliah wajib merupakan mata kuliah yang wajib diambil oleh mahasiswa. Mata kuliah wajib program studi terdiri atas 120 sks.

Mata Kuliah Wajib Konsentrasi

Mata kuliah wajib konsentrasi merupakan mata kuliah yang wajib diambil oleh mahasiswa sesuai dengan konsentrasi yang dipilih. Mata kuliah wajib konsentrasi terdiri atas 15 sks.

Mata Kuliah Pilihan

Pada dasarnya mahasiswa bebas memilih mata kuliah pilihan yang tersedia. Namun demikian, agar mahasiswa memiliki suatu kesatuan kemampuan yang memadai, maka dalam memilih mata kuliah ini mahasiswa berkonsultasi dan memperhatikan saran-saran dosen pembimbing akademik.

Kurikulum Program Studi Teknik Informatika

Mata kuliah yang sesuai dengan masing-masing peminatan mulai ditawarkan pada Semester V, sedangkan pada awal perkuliahan hingga Semester IV mata kuliah yang harus ditempuh oleh mahasiswa pada masing-masing peminatan adalah sama.