STIKI PERKUAT LAYANAN AKADEMIS DENGAN MENTRAINING 68 DOSEN BARU

STIKI Indonesia adalah sebuah kampus dibawah naungan kopertis wilayah VIII Bali. Kampus STIKI banyak digemari oleh kaula muda bergengsi yang gemar komputer. Oleh karenanya banyak siswa mendaftar untuk menjadi mahasiswa STIKI Indonesia yang mampu memberikan peranan besar dalam dunia industri komputer yang modern. Menyongsong  MEA 2015 mendatang, STIKI Indonesia  meningkatkan pelayanan dalam mempersiapkan mahasiswa mandiri dan berprestasi yang mampu menciptakan ide ide baru dalam dunia teknologi. Dalam usaha tersebut, diperlukan Sumber Daya Manusia berkualitas yang mampu mengarahkan serta membimbing  mahasiswa dalam era global yang mandiri serta berprestasi. Sumber Daya Manusia yang dimaksud adalah Dosen yang mampu mengajar dibidangnya. Dosen diharapkan tidak hanya pintar dalam kajian teoritik keilmuan melainkan mampu dalam mentransfer ilmu pengetahuan yang dimiliki melalui presentasi yang menarik sehingga ilmu pengetahuan dapat diterima dengan baik oleh mahasiswa

_DSC0057 Resize

            Dalam usaha meningkatkan layanan akademis tersebut, STIKI Indonesia memperkuat layanan akademis melalui pelatihan dosen baru dalam kegiatan yang disebut dengan TOT ( Training Of Trainer ). TOT ini dilaksanakan dalam dua hari dari tanggal 12 September hingga 13 September 2015. Kegiatan yang diikuti oleh 68 peserta akademis ini, bukan semata mata menguji kemampuan dan cara berfikir dosen dari sisi akademis, melainkan lebih ditekankan  pada  improfisasi dalam menyusun ide/ gagasan dan cara mengajar yang baik. Menurut Ketua Pelaksana Kegiatan TOT, I Dewa Made Adi Baskara Joni. M.Kom menyampaikan bahwa para calon dosen STIKI Indonesia sudah memenuhi kriteria akademis sebagai seorang pengajar di lingkungan kampus, hanya saja para calon dosen kami perkuat dengan pelatihan tentang bagaimana mentransfer keilmuan kepada para mahasiswa. Kami di STIKI Indonesia memiliki ke khasan tentang cara presentasi yang baik, oleh sebab itu tentunya para calon dosen STIKI wajib mengikuti standar kualitas pengajaran yang sesuai dengan yang diharapkan oleh pihak STIKI Indonesia. Komponen penilaian dalam standar pengajaran meliputi Story Telling, Presentasi, Struktur Penyampaian, Visual Slide, Intonasi, Vokal, Gestur, Style dan Sticky. STIKI Indonesia adalah kampus yang mendasarkan pada pelayanan “Menjadi dan Memberi” maksudnya adalah menjadi seorang dosen diharapakan mampu memberi pengetahuan yang baik dan berguna bagi mahasiswa dalam menyongsong masa depan yang cerah.

            Dalam mendukung kegiatan ini, STIKI Indonesia mengundang keynote terbaik berkelas internasional yaitu Tanadi Santoso.MBA.  Tanadi memberikan materi tentang Powerfull Presentation dan From Good to Great. Dalam materi tersebut Tanadi menyampaikan tentang bagaimana seorang dosen mampu mengajar yang baik,  bagaimana menjadikan presentasi menarik serta bagaimana  membuat hasil presentasi mampu diingat oleh mahasiswa. Selain Tanadi Santoso, Ketua STIKI Indonesia yang sekaligus keynote dalam banyak seminar nasional, Dewa Made Khrisna Muku.MT,  juga ikut berpartisipasi menyumbang ide dan pemikiran teknis akademik. Made Muku menyampaikan bahwa standar kualitas pendidikan harus didukung oleh dosen yang berkualitas. Dalam meningkatkan kualitas presentasi dosen, harus mampu dikaji dari perspektif analogi, 3 bagian, Story, Kontras, Retoris, Sticky.

            TOT  akan dilaksanakan secara bertahap per level dan berkesinambungan. Dalam TOT, diskusi memegang peranan dalam proses training dimana para calon dosen dapat berdiskusi langsung dengan ahlinya. Ayu Gede Willdahlia. SE.MM, salah satu peserta dalam TOT menyampaikan ”Sebelumnya kita tidak memiliki bayangan tentang bagaimana menyajikan materi yang tepat bagi mahasiswa berdasarkan Satuan Acara Perkuliahan (SAP ). Setelah ditraining baru diketahui serta dipahami cara penyampaian materi yang tepat dengan improvisasi yang menarik sehingga dosen merasakan lebih mudah menyampaikan informasi dan berinteraksi dengan mahasiswa. Harapan ke depannya ada TOT lanjutan”