TARGET GO GLOBAL, DOSEN STIKI INDONESIA LATIH PENGUSAHA JAJAN DI DESA TEGALJADI

Foto: Sejumlah IRT di Desa Tegaljadi Kecamatan Marga Kabupaten Tabanan dilatih Bisnis Model Canvas oleh Dosen STIKI Indonesia (Istimewa)

Foto: Sejumlah IRT di Desa Tegaljadi Kecamatan Marga Kabupaten Tabanan dilatih Bisnis Model Canvas oleh Dosen STIKI Indonesia (Istimewa)

Tabanan – Pasca ditetapkan sebagai penerima hibah Program Kemitraan Masyarakat (PKM) oleh Direktorat Riset dan Pengabdian kepada Masyarakat (DRPM) Ditjen Penguatan Risbang Kemenristek Dikti untuk pendanaan tahun 2018, kelompok dosen STMIK STIKOM Indonesia (STIKI Indonesia) yang terdiri dari Ida Bagus Ary Indra Iswara, M.Kom., I Nyoman Saputra Wahyu Wijaya, M.Cs., Ayu Gede Willdahlia, MM., dan Ni Putu Suci Meinarni, LL.M menyelenggarakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang bersifat problem solving dan berkelanjutan dengan sasaran yang tidak tunggal.

Kegiatan PKM dalam bentuk pelatihan tentang Bisnis Model Canvas tersebut di laksanakan pada 21 Juli 2018 yang lalu di Desa Tegaljadi Kecamatan Marga Kabupaten Tabanan. Pelatihan diberikan pada kelompok usaha jajanan Bali di wilayah Desa setempat yang dihadiri kurang lebih 16 orang ibu rumah tangga yang berprofesi sebagai pembuat jajanan Bali. Pelatihan Bisnis Model Canvas dengan Narasumber Ayu Gede Willdahlia, MM yang juga tim dalam PKM ini diberikan untuk menambah pengetahuan Ibu rumah tangga, terkait apapun ide yang dimiliki dapat dituangkan ke dalam satu canvas dimana dari sembilan blok yang ada pada canvas dapat mewakili penerapan ide usaha mereka. Tidak itu saja, mereka juga dapat menjabarkan nilai lebih yang dimiliki oleh usaha yang di rintis, menentukan target pasarnya, mengetahui jalur pendistribusian dan penjualan, serta menjabarkan tentang aktivitas-aktivitas yang dilakukan dan menentukan mitra usaha yang membantu jalannya usaha yang dirintis.

Pada saat pelatihan, peserta diberikan sebuah kertas yang berisikan 9 blok Bisnis Model Canvas dan mereka mengisi seluruh blok yang ada sesuai dengan ide usaha yang dimiliki. Pada saat pembuatan Bisnis Model Canvas para peserta di dampingi oleh mahasiswa untuk mengarahkan mereka agar sesuai dengan blok yang ingin diisi. Pelatihan ini disambut baik oleh para peserta yang terdiri dari ibu-ibu rumah tangga ini, mereka baru sadar ternyata bisnis itu bisa dimulai dari keinginan, konsep, dan eksekusi. Dengan diadakannya pelatihan ini diharapkan dapat melahirkan pengusaha rumahan yang bisa go global khususnya bagi para ibu rumah tangga pelaku UMKM jajanan Bali di desa Tegaljadi Kecamatan Marga Kabupaten Tabanan. (*)