Tingkatkan Mutu Pembelajaran, Dosen STIKI Latih Guru SD Negeri 5 Padangsambian Menyusun PTK

WhatsApp Image 2020-01-08 at 9.29.23 PM (1)

Denpasar – Tim Dosen STMIK STIKOM Indonesia yang terdiri dari 9 orang mengadakan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) di SD Negeri 5 Padangsambian, Jalan Gunung Tangkuban Perahu, Denpasar Barat. Kegiatan PKM berlangsung dari Kamis-Minggu (14-17/3) dengan mengangkat judul “Pelatihan Penyusunan Laporan Hasil Penelitian Tindakan Kelas (PTK) untuk Guru SD Negeri 5 Padangsambian”.

Tim Dosen yang melaksanakan PKM antara lain, Ni Luh Putu Agetania, S.Pd., M.Pd. ; Ni Luh Putu Mery Marlinda, S.Pd., M.Pd. ; I Komang Agung Diansih Fortuna, S.Pd., M.Pd. ; Emmy Febriani Thalib, S.H., M.H. ; I Putu Hendika Permana, S.Kom., M.M. ; I Gede Putu Eka Suryana, S.Pd., M.Sc. ; I Made Dedy Setiawan, S.Pd., M.Pd. ; Ni Nyoman Widiyaningsih, S.Pd., M.Pd. ; dan Ketut Laksmi Maswari, S.P., M.M. Dua orang dari tim dosen menjadi narasumber yang akan membawakan materi dan dosen lainnya menjadi fasilitator. Kegiatan ini diikuti oleh para guru sebanyak 30 orang.

Sebelum kegiatan dilakukan, dilakukan observasi wawancara (pra test) untuk para guru, sehingga disepakati pelaksanaan PKM tersebut. Selama kegiatan berlangsung, dua narasumber memberikan materi dan melakukan tanya jawab apa yang tidak dimengerti oleh para guru. Setelah itu, para guru mencoba untuk meyusun PTK berdasarkan pemahaman yang telah dimiliki sebelumnnya dan berdasarkan tambahan materi dari narasumber. Pada akhir kegiatan, diadakan post test untuk mengetahui hasil dari kegiatan ini. Hasilnya, terdapat peningkatan dari para guru dalam penyusunan laporan PTK.

Respon dari para guru sangat antusias dan senang kendatipun kegiatan dilakukan setelah kegiatan belajar mengajar di sekolah para guru mengajar. Dari kegiatan ini, para guru dapat meningkatkan profesionalisme. Penyusunan laporan PTK ini penting karena merupakan syarat untuk mengikuti sertifikasi bagi guru yang berstatus Pegawai Negeri Sipil (PNS). Selain itu, PTK juga berfungsi untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Mulai dari memecahkan masalah-masalah pembelajaran yang dihadapi oleh guru, memperbaiki mutu dan hasil pembelajaran, hingga mencoba hal-hal baru pembelajaran demi peningkatan mutu dan hasil pembelajaran.

“Saya berharap kegiatan ini bermanfaat bagi sekolah dan juga bagi para guru, sehingga para guru dapat lebih maksimal lagi dalam menyusun laporan PTK,” ucap  Ni Luh Putu Agetania, S.Pd., M.Pd. selaku Ketua PKM. (IGI2/Tim Humas)