Tips Jaga Kesehatan Saat Depan Komputer Seharian

Seharian berada di depan komputer merupakan kebiasaan mahasiswa IT. Tentu mata akan lelah apabila terus-terusan menatap layar komputer. Ada lagi yang percaya bahwa menatap layar komputer, smartphone terlalu lama akan merusak mata. Dilansir dari healthline.com, The American Academy of Ophthalmology menjelaskan bahwa melihat layar komputer atau smartphone terlalu lama tidak akan selalu merusak penglihatan. Namun, dampaknya bisa menyebabkan ketegangan dan gejala yang tidak menyenangkan.

Manusia biasanya berkedip sekitar 15 kali setiap menit. Saat menatap layar, angka ini berkurang menjadi setengah atau sepertiga sesering itu. Ini bisa menyebabkan mata kering, iritasi, dan lelah.

Ketegangan mata yang disebabkan akibat menatap layar terlalu lama disebut Computer Vision Syndrome (CVS). Dalam studi yang diterbitkan oleh Nepalese Journal of Ophthalmology , para peneliti meneliti penggunaan komputer dan pengaruhnya terhadap mata mahasiswa di Malaysia. Hampir 90 persen dari 795 siswa mengalami gejala CVS setelah hanya menggunakan komputer selama dua jam terus menerus.

Kamu tentu membutuhkan mata dan tubuh yang prima saat berlama-lama depan komputer. Nah, berikut ini ada sejumlah tips yang bisa kamu coba saat berlama-lama duduk di depan komputer:

  • Gunakan Teknik 20-20-20

Kamu bisa menerapkan metode 20-20-20. Apa maksudnya? Saat berada depan komputer biasakan tiap 20 menit, sempatkan untuk memalingkan pandangan dari layar monitor selama 20 detik ke titik lain yang berjarak 20 kaki (sekitar 6 meter).

Selain menerapkan metode tersebut, kamu harus ingat jangan lupa untuk berkedip karena rata-rata orang hanya berkedip 6 kali/menit ketika sedang asyik di depan komputer. Hal ini bertujuan agar bola mata tidak kering dan terasa pedih. Kelopak mata harus selalu berkedip sebanyak kurang lebih 16 kali/menit.

Metode ini bisa lengkap apabila kamu memposisikan layak monitor agar tidak lebih tinggi dari mata, minimal sejajar. Apabila terlalu tinggi maka kelopak mata cenderung bekerja lebih berat untuk berkedip dan membasahi bola mata.

  • Meregangkan badan 

Saat duduk di depan komputer seharian kamu ada baiknya untuk meregangkan badan sejenak. Selain bermanfaat untuk kondisi fisik, melakukan peregangan badan juga bermanfaat untuk kondisi pikiranmu. Peregangan bisa dapat membantu meningkatkan fleksibiltas yang merupakan faktor penting untuk kebugaran tubuh. Peregangan juga dapat membantu mengurangi stres. Saat kamu mengalami stres, ada kemungkinan itu diakibatkan oleh otot-otot yang menegang.

Hal itu disebabkan karena otot cenderung mengencang sebagai respons terhadap stres fisik dan emosional. Oleh sebab itu, fokus pada meregangkan area tubuh di mana bagian yang cenderung menahan stres, seperti leher, bahu dan punggung bagian atas.

  • Minum air putih secukupnya

Saat duduk di depan komputer seharian dan terlalu fokus pada apa yang kamu kerjakan jangan sampai kamu lupa minum air putih hingga mengalami dehidrasi. Sebagian besaar isi tubuh kita terdiri dari 60 persen. Maka dari itu, tubuh saat bergantung pada air. Air dapat membantu membawa nutrisi ke sel-sel tubuh dan mengeluarkan racun saat buang air kecil.

Fungsi minum air putih adalah untuk meningkatkan energi. Dehidrasi dapat menyebabkan kamu lemah baik secara fisik mau pun mental. Minum air juga dapat memperbaiki fungsi otak. Otak kita sekitar 75 persen berisi air, yang berarti dehidrasi memiliki efek langsung pada fungsinya.

Tiap manusia dianjurkan meminum air putih sebanyak 2-3 liter setiap harinya. Untuk mengetahui apakah kita kekurangan air atau tidak bisa dilihat dari warna urine. Jika urine berwarna kuning muda atau tidak berwarna (bening) berarti asupan air yang masuk ke tubuhmu cukup. Namun, apabila urine berwarna kuning gelap maka kamu harus banyak meminum air putih.

Meminum air putih yang juga dapat menjadi cara agar kamu tidak selalu duduk di depan komputer. Kamu akan berdiri dan berjalan untuk mengisi air putih ke gelas atau botol minummu.

  • Fokus ngoding jangan stalking yang udah ghosting

Ini tips paling ampuh untuk  menjaga kesehatanmu. Pokoknya fokus saja apa yang lagi kamu kerjain. Jangan curi-curi kesempatan untuk sesuatu yang enggak penting. Sebagai mahasiswa IT kamu fokus saja belajar coding jangan curi-curi kesempatan untuk stalking gebetan yang sudah ghosting kamu! Ingat fokus saja dalam meraih masa depanmu. Apabila kamu nanti fokus belajar dan bisa meraih cita-citamu dan kamu sukses nantinya maka lawan jenis tak perlu dicari. Percayalah mereka akan datang sendiri bahkan mengejar-ngejarmu.

Demikian sejumlah tips singkat untuk menjaga kesehatan saat berlama-lama depan komputer. Sebagai mahasiswa IT tentu kamu akan menghabiskan waktu berlama-lama depan komputer. Nah, buat kamu yang memiliki rencana kuliah di bidang IT tentu harus tahu dahulu bahwa kamu akan  berkutat depan komputer. Apabila kamu tertarik untuk berkiprah di bidang IT yang tengah tren ini bisa memilih STMIK STIKOM Indonesia (STIKI) sebagai tempatmu untuk belajar.

Sebagai kampus swasta di Bali, STIKI tidak hanya fokus pada kurikulum yang mempelajar hard skill. Namun, turut pula mengedepankan kurikulum soft skill. STIKI Indonesia yang merupakan kampus IT di Bali paham betul bahwa di era teknologi informasi untuk menjadi seorang profesional muda harus mampu menguasai hard skill dan soft skill secara bersamaan. Apa alasan soft skill begitu penting? Kamu bisa cek di link berikut: Pentingnya Soft Skill. Sementara, bagi kamu yang ingin tahu secara lengkap tentang informasi pendaftaran mahasiswa STIKI Indonesia bisa dicek di link berikut: sip.stiki-indonesia.ac.id.

Bagi kamu yang tidak tinggal di Bali dan memiliki niat untuk kuliah di Bali jangan ragu untuk memilih Pulau Dewata sebagai tempatmu menimba ilmu. Kamu bisa mendapatkan banyak keuntungan apabila memutuskan kuliah di Bali. Salah satu keuntungan kuliah di Bali adalah kamu bisa merasakan keindahan toleransi yang tinggi. Masyarakat Bali sangat menjunjung tinggi perbedaan. Kamu juga tidak perlu berlibur ke Bali yang merupakan pusat pariwisata Indonesia. Kamu bisa ke pantai yang indah kapan pun kamu mau!

Keuntungan lain yang bisa didapat apabila memutuskan kuliah di Bali adalah kamu bisa mempelajari budaya khususnya budaya Bali. STIKI Indonesia yang merupakan kampus IT di Bali ini tidak hanya fokus pada kurikulum berbasis teknologi informasi semata. Namun, fokus pula pada pembelajaran budaya Bali. Keuntungan lain yang didapat apabila kamu memutuskan kuliah di Bali bisa kamu cek di link berikut: Kuliah di Bali.