Fakta Dunia Kerja: Perusahaan Cari Lulusan PT Akreditasi Minimal B

Akreditasi Perguruan Tinggi memang penting untuk menjamin kualitas dan mutu lulusannya. Hal ini menjadi penting bagi tiap mahasiswa untuk memilih Perguruan Tinggi sebagai tempat terakhir sebelum masuk ke dunia kerja.

Perusahaan swasta mau pun instansi pemerintah sudah tentu melihat pelamar dari tempat mereka kuliah. Biasanya mereka melihat Perguruan Tinggi dengan akreditasi minimal B.

Akreditasi Perguruan Tinggi dibedakan menjadi dua, yakni akreditasi institusi dan akreditasi jurusan atau program studi.

Akreditasi institusi adalah akreditasi yang berlaku untuk semua jurusan (program studi), bahkan semua fakultas yang ada di Perguruan Tinggi tersebut. Sedangkan akreditasi jurusan, merupakan akreditasi yang diperuntukkan bagi satu jurusan tersebut.

Nah, berikut sejumlah alasan kenapa akreditasi kampus itu penting untuk kamu perhatikan saat ingin mendaftar Perguruan Tinggi:

  • Melamar bekerja di perusahaan

Akreditasi Perguruan Tinggi juga sangat dilihat oleh perusahaan swasta, BUMN mau pun perusahaan multinasional. Perusahaan ‘mewajibkan’ karyawannya adalah lulusan Perguruan Tinggi dengan akreditasi minimal B. Alasannya mereka ingin menjaga kualitas dari pegawainya sendiri. Oleh sebab itu, perusahaan ‘mewajibkan’ batasan bahwa tiap karyawan yang ingin bergabung adalan lulusan Perguruan Tinggi dengan akreditasi minimal B.

  • Persyaratan bekerja di Institusi Pemerintahan

Jika kamu memiliki mimpi dapat berkarir di institusi pemerintahan maka perlu perhatikan bahwa kamu memang mahasiswa dan lulusan dari Perguruan Tinggi dengan akreditasi minimal B.

Salah satu syarat masuk ke dalam institusi pemerintahan memang lulusan Perguruan Tinggi dengan akreditasi minimal B. Persyaratan ini bersifat mutlak dan harus dilampirkan dalam proses administrasi ketika ingin mendaftar dan mengikuti seleksi masuk institusi pemerintahan atau saat test CPNS.

  • Cerminan kualitas pendidikan

Akreditasi juga merupakan cerminan dari kualitas pendidikan dari satu Perguruan Tinggi. Apabila Perguruan Tinggi memiliki akreditasi yang bagus sudah bisa tentu dibilang memiliki kualitas pendidikan yang baik pula. Memiliki kurikulum yang bagus dan tentunya memiliki dosen yang kompeten.

ssds

  • Standar pendidikan berkualitas

Apabila kamu kuliah di Perguruan Tinggi yang berakreditasi minimal B sudah tentu kamu akan memiliki latar belakang dengan standar pendidikan yang berkualitas. Bayangkan saja kamu sehari-hari berada di lingkungan yang berkualitas tentu kamu akan mengikuti kualitas tersebut untuk modalmu setelah lulus. Setelah lulus kamu mengantongi standar pendidikan yang berkualitas sehingga mampu bersaing dalam dunia kerja nantinya.

  • Bersaing dengan mahasiswa Perguruan Tinggi lain

Kamu kuliah di Perguruan Tinggi dengan akreditasi minimal B dianggap bukan mahasiswa yang hanya sekadar mendapatkan gelar semata. Kamu akan dianggap sebagai mahasiswa yang memang benar-benar ingin belajar untuk meraih cita-cita. Kamu juga bisa bersaing dan mahasiswa dari Perguruan Tinggi lain.

Peraturan menteri pendidikan RI Nomor 28 Tahun 2005 pun mengatur tentang akreditasi lembaga pendidikan yang diwajibkan untuk melakukan proses akreditasi melalui Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT).

STMIK STIKOM Indonesia (STIKI) merupakan kampus swasta di Bali terakreditasi B oleh BAN-PT. Semua program studi di kampus IT ini sudah pula terakreditasi B.

Selain terakreditasi B baik secara Perguruan Tinggi mau pun Program Studi, STIKI Indonesia yang merupakan kampus IT di Bali juga merupakan Perguruan Tinggi dengan Penelitian Klaster Madya dari Kemenristek/BRIN.

STIKI Indonesia yang merupakan kampus IT sekaligus technopreneur campus di Bali ini juga memiliki fokus mencetak mahasiswa untuk menjadi seorang wirausahawan di bidang teknologi.

Oleh sebab itu, kampus IT terpopuler di Bali ini memiliki Inkubator Bisnis yang dapat memberikan bantuan berupa pendanaan, pelatihan dan sebagainya kepada mahasiswa yang baru merintis usaha.

Informasi lebih lanjut tentang Inkubator Bisnis STIKI Indonesia bisa dilihat di link berikut ini: INBIS STIKI.

Sebagai kampus swasta di Bali, STIKI Indonesia juga memiliki kurikulum yang berbasiskan budaya khususnya budaya Bali. Budaya Bali dikenal unik dan beragam dan membuat siapa pun ingin mempelajarinya lebih jauh.

Kamu yang berniat kuliah di Bali bisa mendapatkan keuntungan sekaligus apabila memutuskan kuliah di STIKI Indonesia. Selain bisa menjadi profesional di bidang IT mau pun technopreneur, kamu juga bisa sekaligus belajar tentang budaya Bali.

Selain bisa mempelajari budaya Bali, ada sederet keuntungan yang bisa kamu dapat apabila memutuskan kuliah di Bali. Serunya kuliah di Bali bisa kamu cek di link berikut ini: Kuliah di Bali.