STIKI Indonesia Gelar Dies Natalis XIII Sekaligus Launching Tari Kebesaran “Akasacara”

STMIK STIKOM Indonesia (STIKI) menggelar Puncak Dies Natalis ke XIII yang dilaksanakan secara daring pada Minggu (18/4/2021). Rangkaian acara Dies Natalis yang mengambil tema “Barinan Bandhan Sandya” digelar di aula STIKI Indonesia yang terletak di lantai 3 Kampus yang terletak di Jl Tukad Pakerisan No 97, Denpasar ini.

Seluruh mahasiswa dan tamu undangan menyaksikan rangkaian acara melalui channel resmi Youtube STIKI TV. Dalam sambutannya, Ketua STIKI Indonesia I Dewa Made Krishna Muku, S.T., M.T mengatakan Dies Natalis tahun ini merupakan Dies Natalis yang sangat berbeda dengan Dies Natalis sebelumnya.

Penyebabnya masih berkaitan dengan Pandemi Covid-19 yang membuat rangkaian acara harus dilaksanakan secara daring.

Dies Natalis XIII merupakan Dies Natalis yang penuh dengan tantangan karena harus digelar secara daring. Terlebih, tahun lalu Dies Natalis tidak diselenggarakan.

Dewa Muku menjelaskan, Dies Natalis tahun ini merupakan salah satu Dies Natalis paling berkesan karena harus dilaksanakan secara daring. Sepanjang 13 tahun setidaknya hanya ada tiga kali rangkaian Dies Natalis yang berkesan menurutnya. Dies Natalis tahun ini, Dies Natalis pertama yang berkesan karena dirayakan secara sederhana.

technopreneur campus di Bali

“Paling berkesan lagi adalah Dies Natalis tahun 2019 kemarin yang diselenggarakan sangat besar-besaran dengan mengundang Tulus, Judika, Rizky Febian,” kata Dewa Muku dalam sambutannya, Minggu (18/4/2021).

Dewa Muku menegaskan menginjak usia 13 tahun STIKI Indonesia yang merupakan kampus IT di Bali ini terus berkomitmen melakukan terobosan agar mahasiswa setelah lulus dapat berkontribusi untuk masyarakat.

Tak hanya itu, selain terus melakukan terobosan untuk mahasiswa, STIKI Indonesia yang merupakan kampus swasta di Bali ini terus mendorong para dosennya tetap fokus berkarya melalui riset dan melakukan pengabdian masyarakat.

“Kami juga berharap tetap menjadi kampus IT terpopuler di masyarakat,” ujarnya.

dies natalis kampus IT di Bali

Ketua Panitia Dies Natalis XIII I Gede Andika, S. Kom., M. Kom menambahkan, Dies Natalis tahun ini memang penuh tantangan. Dies Natalis identik dengan konser dan keramaian namun untuk tahun ini harus digelar secara daring. Sebelum acara puncak, STIKI Indonesia telah menggelar tiga kali webinar yang merupakan rangkaian dari Dies Natalis.

Dalam puncak Dies Natalis juga secara resmi diumumkan untuk pertama kalinya tari kebesaran STIKI Indonesia “Akasacara” yang terinspirasi dari salah satu unsut Panca Mahabhuta. Panca Maha Bhuta dapat diartikan sebagai 5 elemen dasar pembentuk alam, baik itu alam makrokosmos atau tubuh manusia maupun mikrokosmos atau alam semesta. Lima bagian-bagian tersebut adalah Pertiwi, Apah, Bayu, Teja dan Akasa (Ether).