“Kasih Harga Murah ya Kak Nanti kita bakal langganan pake jasa desain Kakak”

Salah satu profesi yang tengah naik daun di era teknologi informasi yang berkembang pesat adalah desainer grafis. Mereka yang berkecimpung di dunia ini adalah mereka yang memulainya dari hobi dan menjadi profesi.

Desainer grafis memang terkesan santai saat sedang bekerja karena mereka bisa bekerja di mana saja. Nah, mungkin ini pula yang sering dianggap bahwa pekerjaan mereka sering dianggap “mudah” oleh para klien.

Profesi desainer grafis merupakan salah satu profesi yang sering mendapatkan perlakuan tak mengenakkan dari klien. Maka tak jarang sering terjadi bukti percakapan antara desainer grafis dan klien yang menggelitik di sosial media.

Salah satu percakapan yang sering terjadi adalah ketika klien yang meminta harga murah ke desainer grafis. Percakapan tersebut kurang lebih seperti ini: “Kasih Harga Murah ya Kak Nanti kita bakal langganan pake jasa desain Kakak”.

Pasti kamu yang seorang desainer grafis pernah mendapatkan permintaan seperti itu. Meminta harga murah terlebih dahulu dengan iming-iming bakal berlangganan memakai desainnya.

Tak lelah perlu diingatkan bahwa desainer grafis itu merupakan profesi yang tak murah. Mereka memang membutuhkan uang untuk kehidupan namun bukan berarti pula mereka mau mengambil semua permintaan dari klien. Ada harga ada kualitas.

kampus IT di Bali, Kampus swasta di bali

Desainer grafis tentu merupakan profesi yang profesional maka tentu pula memiliki harga yang sepadan dengan hasil yang mereka buat. Banyak sekali orang yang menganggap remeh profesi ini. Banyak yang menawar harga jasa dengan murah bahkan tak sedikit pula yang meminta gratis! Sadis!

Kita seringkali mendengar istilah ‘harga temen’. Harga temen bisa diartikan meminta atau mendapatkan harga murah karena menganggap ‘temen’. Hey! Padahal seharusnya sadar kalau ‘temen’ justru harusnya mendukung pekerjaan temennya dan enggak meminta harga murah. Kalau memang temen seharusnya bisa bayar dengan harga yang lebih karena menghargai pertemanan.

Ada lagi misalnya yang meminta dibuatkan desain logo dan sebagainya dan dikasih harga desainnya terus malah nawar dengan harga yang sadis. Parah!

Calon Klien: Mas, bisa buatkan desain untuk logo usaha kuliner saya yang baru?
Desainer: Bisa mas. Tolong nanti kirimkan detailnya ya atau bertemu untuk wawancara biar tahu detail usahanya seperti apa?
Calon Klien: Boleh. harganya berapa mas?
Desainer: Untuk logo harga Rp 500 ribu mas
Calon Klien: Mahal amad. Rp 100 ribu deh ya. Buat logo kan gampang. Masa buat logo gitu aja mahal
Desainer: Maaf mas. Logo yang saya buat profesional. Ada harga ada kualitas. Silakan cari desainer lain.

STMIK STIKOM Indonesia (STIKI) yang merupakan Kampus IT di Bali memiliki program studi Teknik Informatika yang salah satu peminatannya adalah Desain Grafis dan Multimedia. Bagi kamu yang tertarik dengan dunia desain grafis dan multimedia bisa memilih peminatan ini sebagai tempatmu belajar.

Peminatan Desain Grafis dan Multimedia di STIKI Indonesia yang merupakan kampus swasta di Bali bertujuan menciptakan sarjana profesional di bidang teknologi komputer dengan multi-discipline science yang akan mempunyai kemampuan dalam merancang Desain Grafis dan Multimedia.

Diharapkan mampu untuk menghasilkan karya berbasis desain grafis dan multimedia serta pembuatan situs/web perusahaan/instansi, video editing, program tayangan televisi, desain display product, animasi 2 dan 3 dimensi, corporate identity serta marketing kit.

STIKI Indonesia yang merupakan kampus IT sekaligus technopreneur campus di Bali juga merupakan kampus yang siap membantu mahasiswa unuk menjadi technopreneur. Kamu bisa bergabung menjadi bagian dalam Inkubator Bisnis STIKI Indonesia.

Selain kampus IT dan technopreneur campus di Bali, STIKI Indonesia juga merupakan kampus yang memiliki kurikulum berbasis budaya khususnya budaya Bali. Tentu menjadi keuntungan bagi kamu yang bukan orang Bali dan ada rencana kuliah di Bali.

Kamu bisa menjadi profesional IT atau technopreneur sekaligus bisa mempelajari budaya Bali yang terkenal memiliki keunikan hingga ke penjuru dunia. Bagi kamu yang ingin tahu keuntungan kuliah di Bali bisa dicek di link berikut ini: Kuliah di Bali.

Untuk informasi pendaftaran mahasiswa baru STIKI Indonesia yang merupakan Kampus IT terpopuler di Bali bisa disimak di link berikut ini: sip.stiki-indonesia.ac.id.