PKM: Dosen STIKI Beri Pelatihan Pembelajaran Daring di SMK Restumuning

Kemampuan menggunakan media pembelajaran secara daring mutlak diperlukan bagi tenaga pendidik di masa Pandemi Covid-19. Seluruh kegiatan belajar mengajar harus dilakukan secara daring. Oleh sebab itu, tim dosen STMIK STIKOM Indonesia (STIKI) melaksanakan kegiatan STIKI Social Engagement (SSE) 2021 dalam bentuk pelatihan penggunaan media pembelajaran secara daring untuk tenaga pendidik di SMK Restumuning.

Tim dosen yang terlibat dalam kegiatan ini terdiri dari Dewa Putu Yudhi Ardiana, I Wayan Dharma Suryawan, Ni Nyoman Ayu J. Sastaparamitha, Ni Made Lisma Martarini, I Wayan Sudiarsa, Yuri Prima Fittrayani, Made Dona Wahyu Aristana, dan Eddy Hartono. Kegiatan ini dilaksanakan di SMK Restumuning, Desa Perean Tengah, Kecamatan Baturiti, Kabupaten Tabanan, Bali. Kegiatan yang dilaksanakan dari bulan maret sampai juni 2021 ini  diikuti oleh 27 peserta yang terdiri dari tenaga pendidik di SMK Restumuning.

Kegiatan diawali dengan riset untuk mengetahui kebutuhan serta permasalahan yang dihadapi oleh tenaga pendidik di SMK Restumuning saat melaksanakan pembelajaran secara daring. Hasil riset digunakan untuk menyusun materi pelatihan  dengan tujuan dapat menambah pengetahuan serta keterampilan tenaga pendidik dalam melaksanakan pembelajaran daring.

“Dengan bertambahnya pengetahuan dan keterampilan tenaga pendidik, diharapkan efektivitas pembelajaran daring yang dilakukan dapat meningkat,” kata perwakilan dosen STIKI, Dewa Putu Yudhi Ardiana, Senin (5/7/2021).

kampus IT di bali, kampus swasta di bali, Kampus IT

SSE dilaksanakan dalam dua tahap yaitu pelatihan dan pendampingan. Materi pelatihan yang diberikan terdiri dari bagaimana mengelola kelas secara daring, bagaimana cara melakukan assessment pembelajaran daring, bagaimana cara melakukan pembelajaran daring melalui teleconferencing dan pengenalan learning management system (LMS).

Setelah diberikan pelatihan, peserta pelatihan mendapatkan pendampingan untuk mencoba setiap materi yang diberikan. Pada pendampingan ini, peserta dapat berkonsultasi secara daring ketika menemukan masalah.

Hasil posttest yang diberikan kepada seluruh peserta pelatihan menunjukkan adanya peningkatan pengetahuan dan keterampilan melaksanakan pembelajaran daring. Kepala sekolah SMK Restumuning, Ni Putu Suwikanti, menyambut baik adanya pelatihan pembelajaran daring untuk tenaga pendidik di SMK Restumuning dan berharap kegiatan pelatihan akan terus berlanjut.