Konservasi Mangrove Pantai Segara, STIKI SE Gandeng Kelompok Nelayan Wanasari

Tim dosen dan mahasiswa STMIK STIKOM Indonesia (STIKI) menggandeng Kelompok Nelayan Wanasari Tuban dalam kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) di Pantai Segara Kangin Desa Tuban Kecamatan Kuta, Kabupaten Badung, Bali.

Kegiatan ini merupakan serangkaian kegiatan STIKI Social Engagement (SSE). Kegiatan SSE merupakan program dari kampus STIKI untuk mengajak dan mendampingi masyarakat untuk mendukung pelestarian lingkungan alam atau pemberdayaan masyarakat. Kegiatan ini bertema Konservasi Kawasan Pantai Segara Kangin Tuban Melalui Penanaman Mangrove Teridentifikasi, yang dilaksanakan mulai akhir April sampai akhir Juni 2021.

STIKI Social Engagement kali ini diprakarsai oleh dosen STIKI Indonesia yaitu I Gede Sujana Eka Putra, S.T, M.T, Ni Luh Putu Labasariyani, S.Pd, M.Pd dan Wayan Dharma Suryawan, S.Kom., M.Cs. Kegiatan juga diikuti oleh 16 mahasiswa STIKI Indonesia dan tim dari kelompok Nelayan Wanasari Desa Tuban.

kampus IT di Bali, kampus swasta di bali, kampus IT

“Sebelum pelaksanaan kegiatan, tim STIKI merencanakan kegiatan, pendataan mahasiswa yang ikut berkegiatan, penyiapan peralatan yang diperlukan untuk pembibitan dan penanaman mangrove. Pelaksanaan kegiatan diawali dengan kegiatan pencarian dan pengumpulan bibit mangrove, pembuatan bibit mangrove di lokasi persemaian dan penanaman mangrove,” kata perwakilan dosen dalam kegiatan ini, I Gede Sujana Eka Putra, S.T, M.T, Jumat (9/7/2021).

Sujana menjelaskan kegiatan pencarian dan pengumpulan bibit mangrove dilaksanakan di awal Mei 2021 selama 2 hari diikuti oleh 3 dosen, 16 orang mahasiswa dan kelompok nelayan, dan berhasil mengumpulkan 860 batang bibit mangrove. Bibit yang dikumpulkan selanjutnya disortir dan ditanam pada media tanam polybag dan disusun rapi pada lokasi penyemaian.

“Bibit siap di tanam setelah tumbuh 3-4 tunas sekitar 1.5 bulan. Kegiatan penanaman bibit mangrove dan perawatan mangrove dilaksanakan pada pertengahan Juni sampai akhir Juni 2021 dan sekitar 250 bibit berhasil ditanam di kawasan pantai Segara Kangin, setiap bibit diberikan label QR Code,” katanya.

kampus IT di bali, kampus swasta di bali, kampus IT

Sebagian wilayah pantai Segara Kangin telah ditanami mangrove melalui kegiatan ini. Agus Diana selaku Sekretaris Kelompok Nelayan Wanasari Tuban, menyambut baik kegiatan ini mengingat hutan mangrove yang memiliki fungsi mencegah abrasi pantai, dan sebagai salah satu paru-paru kota, wajib dijaga dan dilestarikan.

Agus Diana berharap kegiatan ini kedepan dapat dilaksanakan secara rutin dan melibatkan kelompok nelayan, mahasiswa, dosen dan masyarakat, sehingga memberikan penyadaran dan pengalaman baru dalam pelestarian hutan mangrove untuk konservasi pantai.