5 Kata Mirip Dalam Bahasa Jawa & Bali, Awas Keliru!

Bahasa Jawa dan bahasa Bali memang banyak kosakatanya yang sama dan memiliki arti yang sama. Namun, tahukah kamu ada pula sejumlah bahasa Jawa dan Bali yang kosakatanya sama tetapi memiliki arti yang beda. Bahkan, ada yang artinya berlawanan. Duh! Awas salah ya!

Makanya buat kamu yang belum tahu simak lima kosakata Bahasa Jawa yang mirip dengan Bahasa Bali tapi memiliki arti yang beda. Simak uraiannya berikut ini seperti dilansir IDNtimes:

Gedang

Gedang dalam bahasa Jawa dan bahasa Bali memang sama-sama nama buah. Namun, ternyata buahnya berbeda! Bahasa Jawa arti gedang adalah pisang, sedangkan bahasa Bali artinya pepaya. Bahaya nih buat kamu orang jawa yang tinggal di Bali dan punya teman warga lokal. Saat mau minta dibelikan gedang eh ternyata yang datang beda. Sekarang sudah tahu kan jadi jangan salah ya!

Budal

Kata budal dalam bahasa Jawa dan bahasa Bali memiliki arti yang berlawanan. Bahasa Bali budal artinya pulang. Dalam bahasa Jawa budal artinya berangkat. Kebalik ya!

kampus it di Bali, kuliah di bali, kampus swasta di bali

Cokot

Kata cokot juga memiliki arti yang beda meski kosakatanya sama. Dalam bahasa Bali cokot artinya pegang. Dalam bahasa Jawa kata cokot artinya gigit.

Mbok

Mbok dalam bahasa Bali dan bahasa Jawa berkaitan dengan umur. Dalam Bahasa Bali, kata mbok artinya panggilan untuk kakak perempuan. Nah, dalam bahasa Jawa, kata mbok mempunyai makna panggilan bagi seorang ibu. Nah ini bahaya nih kalau kamu nggak tahu cewek bisa tersinggung kalau kamu salah. Misalnya saat kamu memanggil kakak perempuan ternyata dia bisa tersinggung karena bisa dianggap terlihat lebih tua seperti ibu-ibu.

Wayah

Untuk satu ini tidak berbeda jauh dengan kata Mbok. Wayah dalam bahasa Bali artinya panggilan untuk kakek. Dalam bahasa Jawa artinya cucu.

Nah, itu merupakan kosakata yang mirip namun memiliki arti beda dalam bahasa Jawa dan bahasa Bali. Mempelajari kebiasaan sehari-hari hingga budaya memang sangat seru dan bisa dipelajari secara fun.

Buat kamu pendatang pasti ingin mempelajari budaya Bali yang terkenal memiliki keunikan hingga ke penjuru dunia. Untuk kamu yang baru lulus SMA dan berniat kuliah di Bali bisa memilih STMIK STIKOM Indonesia (STIKI) yang merupakan Kampus IT di Bali.

STIKI Indonesia merupakan kampus swasata di Bali yang memiliki kurikulum tetap melestarikan pembelajaran budaya Bali. Selain bisa mempelajari budaya Bali, kamu juga bisa mendapatkan sejumlah keuntungan apabila memutuskan kuliah di Bali. Simak sederet keuntungan apabila kamu memutuskan kuliah di Bali di link berikut ini: Kuliah di Bali.