Jam Tidur Programmer, Valid Gak Nih?

Banyak yang bilang tiada hidup tanpa begadang bagi seorang programmer. Banyak programmer tidak menampik mereka lebih nyaman ngoding pada malam hari. Mereka biasanya terlalu asyik depan komputer hingga larut malam.

Banyak yang merasa nyaman mengerjakan saat tengah malam hingga menjelang pagi hari. Alasannya malam hari suasana lebih tenang dibandingkan dengan siang hari dan tidak banyak ada gangguan.

Bahkan, ada mitos jam tidur programmer seperti gambar di bawah ini. Saking seringnya ngoding bahkan mereka tidak pernah ada di tempat tidur.

Memang sangat tidak baik apabila kamu yang seorang programmer atau mahasiswa Teknik Informatika memiliki jam tidur seperti itu. Bayangkan saja, waktu terbaik untuk istirahat adalah tidur saat malam hari. Tubuh yang seharusnya istirahat justru malah harus bekerja.

kampus IT di bali, kuliah di bali, kampus swasta di bali

Oleh sebab itu, programmer rawan terkena stres dan mudah sakit. Nah, berikut ini ada sejumlah tips kelola stres untuk programmer.

Cari hobi di luar komputer

Bekerja di bidang komputer tidak harus selalu depan komputer. Cari hobi lain seperti olahraga, traveling, hiking, memancing atau kalau perlu sekalian aja coba smoothing atau rebonding. Cowok juga perlu dan enggak ada salahnya lho untuk merawat diri.

Hangout bareng teman

Ambil waktu beberapa jam untuk keluar kamar dan bertemu dengan temanmu. Tinggalkan sejenak rutinitas pekerjaanmu. Saat ngobrol usahakan jangan membahas topik seputar pekerjaan. Kamu bisa membahas topik yang menyenangkan, seperti seputar kenangan masa sekolah/kuliah, topik film/series, pertandingan olahraga.

Jangan membicarakan seseorang yang pergi dari kehidupanmu, seperti gebetan yang ghosting atau jangan bahas mantan pacarmu karena kamu justru stres. Mau hangout untuk hilangkan stres malah jadi stres karena bahas topik percintaan yang rumit. Lebih rumit dari bahasa pemrograman.

Bermain Game

Cara ini bisa mengatasi stres asal jangan kelamaan. Kamu juga perlu bermain game yang tidak menguras otak. Mainkan saja game yang simple.

Telepon orang yang kamu sayang

Tinggalkan meja dan kursimu. Berbaring sejenak di tempat tidur dan telepon orang yang kamu sayang. Tapi cara ini ampuh kalau kamu punya pacar. Maaf.

Olahraga

Kamu bisa melakukan olahraga yang kamu sukai. Kemudian, lakukan variasi pada rutinitas olahraga itu agar tidak bosan menjalaninya. Olahraga yang bisa kamu lakukan adalah jalan kaki, yoga atau pergi ke gym.

STMIK STIKOM Indonesia (STIKI) sebagai kampus IT di Bali paham betul bahwa olahraga itu penting. Oleh sebab itu, Kampus swasta di Bali ini menyediakan fasilitas gym di kampus. Olahraga memang bisa menyehatkan tubuh sekaligus menghilangkan stres.

Mahasiswa STIKI Indonesia tentu akan menjadi profesional di bidang IT sehingga berpotensi terkena stres apabila tidak mampu menjaga pola hidup yang seimbang. Mahasiswa diberikan fasilitas olahraga sehingga dapat memiliki pola hidup yang seimbang antara belajar dengan olahraga.

STIKI Indonesia yang merupakan kampus IT sekaligus technopreneur campus di Bali juga menyediakan fasilitas lain di kampus, seperti lapangan basket untuk mahasiswa berolahraga. Tak hanya itu, STIKI Indonesia juga memiliki UKM lain yang dapat diikuti oleh mahasiswa yang memiliki hobi cabang olahraga lain, seperti UKM Futsal, Voli dan badminton.

Bagi kamu yang tidak tinggal di Bali dan berniat kuliah di Bali, kamu juga harus tahu keuntungan yang bisa kamu dapat apabila memutuskan kuliah di Bali. Simak sederet alasan kenapa kamu tidak perlu ragu memutuskan untuk kuliah di Bali di link berikut ini: Kuliah di Bali.

Terkait informasi lebih lanjut untuk informasi pendaftaran mahasiswa baru bisa dicek di link berikut ini: sip.stiki-indonesia.ac.id.