Generic placeholder image

Demi Kesehatanmu, Yuk Kurangi Durasi Screen Time dengan Tips Ini

12 Jun 2021   Berita

Selama Pandemi Covid-19 semua orang menjadi lebih banyak menghabiskan waktu melihat screen laptop atau smartphone. Maka, kesehatan berpotensi terganggu akibat berlama-lama menatap layar.

Selain karena Pandemi Covid-19, orang-orang yang terlalu sering menggunakan smartphone dianggap memiliki tingkat kebahagiaan yang rendah dan ada faktor karena kesepian.

Berikut ini ada sejumlah tips yang bisa kamu ikuti untuk mengurangi durasi screen time. Berikut sejumlah tips tersebut dirangkum dari architecturaldigest.com:

Buat Jadwal

Menata jadwal bisa sangat membantu kamu dalam mengurangi durasi screen time. Seorang psikoterapis Annie Miller menjelaskan terbiasa membuat jadwal akan menetapkan batasan dan membuatmu memiliki “kendali”. Sebagai contoh, apabila sudah terlalu bekerja di depan monitor dan ingin istirahat sambil menonton maka buat jadwal menonton lebih singkat. Misalnya terbiasa menonton televisi selama dua jam, kamu bisa batasi dengan hanya menonton 45 menit saja.

Sisihkan waktu

Setelah pekerjaan selesai, tinggalkan sejenak perangkat elektronikmu. Taruh saja di kamar lalu keluar kamar dan memulai kegiatan tanpa membawa perangkat elektronikmu. Sebagai contoh, kamu bisa memulai dengan mengobrol bersama keluarga atau membaca buku.

Jangan gunakan teknologi sebelum tidur

Setengah jam sebelum tidur coba singkirkan barang elektronikmu. Teknologi mungkin menghiburmu dan menemani di tempat tidur. Namun, perlu diketahui teknologi dapat mengakibatkan efek berbahaya pada tidurmu.

Monica Tadros, MD, FACS, seorang ahli bedah sinus, tidur, dan wajah, mengatakan, “Stimulasi dari waktu layar di malam hari mengganggu bioritme melatonin alam, mengirimkan pesan campuran ke otak kita dan membuang ritme sirkadian kita.

Mematikan perangkat, meredupkan lampu, dan mempertahankan rutinitas tidur yang baik meningkatkan kadar melatonin alami.”

Kampus IT di bali, kampus swasta di bali, kampus IT, Kampus desain

Tetap aktif

Bangun dan bergerak dapat mengurangi waktu layarmu dan mengoptimalkan kesehatan mentalmu. Alih-alih duduk di depan layar sepanjang hari, cobalah berolahraga di dalam ruangan atau berjalan-jalan di luar ruangan. Ada banyak latihan dalam ruangan yang dapat dilakukan tanpa layar, seperti kardio, yoga, angkat besi, dan lompat tali. Kamu bahkan dapat berkreasi dan merancang rutinitas kebugaranmu sendiri dengan peregangan.

Menjaga kesehatan mental belum banyak diketahui orang bahwa sangat penting dan harus seimbang dengan menjaga kesehatan fisik. Apalagi dampak Pandemi Covid-19 juga ikut mempengaruhi kesehatan mental dan fisik. Semua dituntut untuk mengurangi aktivitas di luar rumah tentu membuat banyak orang menjadi bosan dan mudah terserang stres.

Namun, Pandemi Covid-19 juga bisa berdampak positif karena mampu menyadarkan banyak orang untuk memperhatikan kesehatan fisik. Lebih sering berolahraga, menjaga kebersihan dan makan makanan sehat. Sementara, untuk kesehatan mental, banyak orang menjadi lebih peduli terhadap perasaaan atau emosi yang dialami. Olahraga merupakan

STMIK STIKOM Indonesia (STIKI) yang merupakan Kampus IT di Bali memiliki fasilitas gym yang disediakan oleh mahasiswa. Kampus Swasta di Bali ini paham betul bahwa olahraga harus disediakan ke mahasiswa.

Mereka harus diingatkan pentingnya memiliki pola hidup seimbang. Mereka tak harus selalu fokus selalu belajar. Mereka harus meluangkan waktu untuk berolahraga yang dapat menjaga kesehatan fisik sekaligus kesehatan mental mereka.

STIKI Indonesia yang merupakan Kampus IT sekaligus technopreneur campus di Bali ini para dosennya juga mayoritas masih muda dan rata-rata di bawah umur 35 tahun. Hal ini membuat dosen menjadi dekat dengan mahasiswa. Tak heran memiliki slogan #friendlycampus.

Bagi kamu yang ingin mengetahui informasi lebih lanjut terkait informasi pendaftaran mahasiswa bisa disimak di link berikut ini: sip.stiki-indonesia.ac.id.

Bagi kamu yang tertarik kuliah di Bali tentu harus tahu apa saja keuntungan yang bisa kamu dapat apabila memutuskan kuliah di Bali yang merupakan pusat pariwisata Indonesia.

Apabila kamu memutuskan kuliah di STIKI Indonesia kamu dapat sekaligus mempelajari budaya Bali karena selain kampus IT, STIKI Indonesia juga memiliki kurikulum berbasis budaya khususnya budaya Bali. Sederet keuntungan apabila kamu memutuskan kuliah di Bali bisa kamu cek di link berikut ini: Kuliah di Bali.

Generic placeholder image

Tahapan Pendaftaran Beasiswa KIP-KULIAH 2021

12 Jun 2021   Berita

PERSYARATAN BERKAS

  • Kartu Peserta dan Formulir Pendaftran Program KIP-Kuliah
  • Pas Foto Berwarna Ukuran 4 x 6 (1 lembar ; background merah)
  • Surat keterangan lulus dari Kepala Sekolah atau Fotokopi ijazah yang dilegalisir oleh Kepala Sekolah
  • Fotokopi rapor semester 1 (satu) s.d. 6 (enam) yang dilegalisir oleh Kepala Sekolah;
  • Fotokopi nilai ujian akhir nasional yang dilegalisir oleh Kepala Sekolah;
  • Surat keterangan tentang prestasi/peringkat siswa di kelas dan bukti pendukung prestasi lain di kegiatan ekstrakurikuler yang disahkan (legalisasi) oleh Kepala Sekolah (jika ada);
  • Kartu Indonesia Pintar (KIP), Beasiswa Siswa Miskin (BSM), Program Keluarga Harapan (PKH), Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) atau sejenis (jika ada);
  • Bagi yang belum memenuhi syarat butir (g) di atas, maka harus membawa Surat Keterangan Penghasilan Orang Tua/Wali atau Surat Keterangan Tidak Mampu yang dapat dibuktikan kebenarannya, yang dikeluarkan oleh Kepala Desa/Kepala Dusun/Instansi tempat orang tua bekerja/tokoh masyarakat;
  • Fotokopi Kartu Keluarga atau Surat Keterangan tentang susunan keluarga;
  • Fotokopi KTP mahasiswa
  • Fotokopi rekening listrik bulan terakhir (apabila tersedia aliran listrik) dan atau bukti pembayaran PBB (apabila mempunyai bukti pembayaran) dari orang Tua/Wali-nya.
  • Calon Penerima beasiswa Wajib memiliki Rekening aktif BNI dengan produk rekening Tabunganku

Kampus IT di Bali, kampus swasta di bali, Kampus IT

TAHAPAN PENDAFTARAN KIP KULIAH

  1. Siswa melakukan pendaftaran secara mandiri di sistem online KIP Kuliah melalui laman kip-kuliah.kemdikbud.go.id
  2. Pada saat pendaftaran, siswa memasukkan NIK, NISN, NPSN dan alamat email yang aktif
  3. Sistem KIP Kuliah selanjutnya akan melakukan validasi NIK, NISN dan NPSN serta kelayakan mendapatkan KIP Kuliah
  4. Jika proses validasi berhasil, Sistem KIP Kuliah selanjutnya akan mengirimkan Nomor Pendaftaran dan Kode Akses ke alamat email yang didaftarkan
  5. Siswa menyelesaikan proses pendaftaran KIP Kuliah dan memilih proses seleksi yang akan diikuti yaitu Seleksi PTS (Kode PTS : 083056 Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer STIKOM Indonesia)
  6. Siswa menyelesaikan proses pendaftaran di portal atau sistem informasi sesuai jalur seleksi yang dipilih pada seleksi nasional atau pada seleksi masuk di Perguruan Tinggi
  7. Bagi calon penerima KIP Kuliah yang telah dinyatakan diterima di Perguruan Tinggi, dapat dilakukan verifikasi lebih lanjut oleh Perguruan Tinggi sebelum diusulkan sebagai calon mahasiswa penerima KIP Kuliah
  8. Untuk melakukan proses verifikasi Perguruan Tinggi, peserta Wajib mengisi data pada link : https://s.id/VerifikasiPTS-PesertaKIP
  9. Peserta mengirimkan seluruh Persyaratan Berkas (hardcopy) ke kampus STIKI Indonesia Jl. Tukad Pakerisan No. 97 Denpasar Bali
  10. Peserta selanjutnya menunggu informasi verifikasi untuk mengikuti tahap seleksi pada kampus STIKI Indonesia yang akan di hubungi melalui telepon/whatsApp oleh operator kampus
  11. Penerimaan Pendaftaran dan Mengisi data Verifikasi paling lambat 30 Juni 2021

 

Generic placeholder image

MySQL, Sistem Manajemen Database Pilihan Web Developer

11 Jun 2021   Berita

MySQL adalah sistem manajemen database relasional yang berbasis SQL (Structured Query Language). MySQL bisa digunakan untuk berbagai tujuan, termasuk sebagai gudang data, e-commerce, dan aplikasi pencatatan.

Namun umumnya, penggunaan MySQL adalah untuk tujuan database web. Ini dapat digunakan untuk menyimpan apa pun dari satu catatan informasi hingga seluruh inventaris produk yang tersedia untuk toko online.

Dikutip dari 123-reg.co.uk, terkait dengan bahasa skrip seperti PHP atau Perl, dimungkinkan untuk membuat situs web yang akan berinteraksi secara real-time dengan database mySQL untuk menampilkan informasi yang dikategorikan dan dapat dicari dengan cepat kepada pengguna situs web.

Dikutip dari merdeka.com, mari membahas tentang MySQL, bagaimana cara kerja sistem manajemen ini, dan apa saja kelebihan serta kekurangan dari perangkat lunak ini.

Cara Kerja MySQL

Dilansir dari laman mysql.com, MySQL adalah database open source paling populer di dunia. Dengan kinerja, keandalan, dan kemudahan penggunaannya yang telah terbukti, MySQL adalah pilihan database terkemuka untuk aplikasi berbasis web, yang digunakan oleh properti web terkenal seperti Facebook, Twitter, YouTube, Yahoo! dan masih banyak lagi.

Tapi, bagaimana cara kerja dari perangkat lunak MySQL ini? Dari hostinger.com, kami akan menjelaskan bagaimana MySQL bekerja.

Satu atau lebih perangkat (klien) terhubung ke server melalui jaringan tertentu. Setiap klien dapat membuat permintaan dari interface pengguna grafis (GUI) di layar mereka, dan server akan menghasilkan output yang diinginkan, selama kedua ujungnya memahami instruksi tersebut. Proses utama yang terjadi di lingkungan MySQL yaitu seperti berikut:

MySQL membuat database untuk menyimpan dan memanipulasi data, menentukan hubungan setiap tabel.
Klien dapat membuat permintaan dengan mengetikkan pernyataan SQL tertentu di MySQL.

Aplikasi server akan merespons dengan informasi yang diminta dan itu akan muncul di sisi klien.

Kelebihan dan Kekurangan MySQL

Keuntungan MySQL

Dilansir dari laman datarealm.com, kelebihan dari penggunaan MySQL adalah:

Mudah Digunakan

MySQL sangat mudah dipasang, dan berkat sekumpulan alat pihak ketiga yang dapat ditambahkan ke database, mempersiapkan perangkat lunak ini adalah tugas yang relatif sederhana. Selain itu, ini juga merupakan database yang mudah digunakan. Selama Anda memahami bahasanya, Anda tidak akan mengalami terlalu banyak masalah.

Dukungan Tersedia Kapanpun

MySQL memiliki komunitas pengembang dan penggemar yang besar dan berkembang, yang dapat Anda mintai bantuan. Hal ini sebagian besar disebabkan oleh popularitas dari perangkat ini, sehingga tidak kekurangan ahli.

Open Source

Pembelian Sun Microsystems oleh Oracle (dan berdasarkan asosiasi, MySQL) mendapat beberapa pertentangan dari komunitas pengembangan. Ketakutan umum adalah bahwa Oracle akan mengubah alat tersebut menjadi ekosistem kepemilikan yang tertutup. Untungnya, meskipun Oracle telah memperketat cengkeramannya pada MySQL, perangkat ini masih dapat dianggap sebagai opsi database open-source, karena kodenya masih tersedia secara gratis di online.

kampus IT di bali, kampus swasta di bali, kampus IT

Harga Terjangkau

Bergantung pada rencana Anda untuk menggunakannya, pemasangan MySQL dapat berkisar dari harga gratis hingga $ 10.000 atau lebih. Bagaimanapun, ini jauh lebih murah daripada kebanyakan opsi database lain di pasaran.

Standar Industri

Meskipun popularitas MySQL agak berkurang dalam beberapa tahun terakhir, MySQL tetap menjadi salah satu sistem database yang paling banyak digunakan di dunia. Perangkat ini juga kompatibel dengan hampir semua sistem operasi, dan kurang lebih merupakan standar industri.

Kekurangan MySQL
Selain kelebihan, MySQL juga tidak luput dari adanya kekurangan. Kekurangan MySQL adalah sebagai berikut:

Masalah Stabilitas

Menurut Digital Ocean, MySQL cenderung kurang dapat diandalkan dibandingkan rekan-rekannya. Masalah stabilitas ini terkait dengan cara menangani fungsi tertentu (seperti referensi, transaksi, dan audit). Meskipun database masih dapat digunakan sehubungan dengan masalah ini, mereka cenderung membuat MySQL menjadi pilihan yang buruk untuk kasus penggunaan tertentu.

Penskalaan Kinerja yang Relatif Buruk

Meskipun MySQL dilengkapi untuk menangani volume data yang hampir tidak terbatas, ia memiliki kecenderungan yang mengganggu untuk terhenti jika terpaksa menangani terlalu banyak operasi pada waktu tertentu. Penskalaan kinerja yang relatif buruk ini berarti bahwa siapa pun dengan tingkat konkurensi tinggi mungkin harus mencari alternatif lainnya.

Pembangunan Tidak Digerakkan oleh Masyarakat – dan Karenanya Terlambat

Sejak Oracle mengambil alih kendali pengembangan MySQL, kemajuan tampaknya terhenti, dengan hanya satu rilisan besar dalam beberapa tahun terakhir. Perusahaan tidak menerima perbaikan yang dikembangkan komunitas, dan juga tidak menawarkan peta jalan apa pun kepada pengguna untuk pengembangan MySQL.

Fungsinya Bergantung pada Addons

Meskipun MySQL relatif mudah untuk diatur, ia cenderung memiliki fungsionalitas yang kurang out-of-the-box dibandingkan sistem database lain di pasaran. Fitur tertentu, seperti pencarian teks dan kepatuhan ACID, tidak bergantung pada mesin inti tetapi pada aplikasi dan add-on.

Meskipun benar bahwa ada banyak sekali aplikasi yang dibuat dengan baik untuk MySQL, terkadang akan sulit untuk melacaknya, dan mungkin menyebabkan beberapa pengembang memilih alternatif lain yang menawarkan fungsionalitas yang lebih baik.